Sukses

Beauty

5 DIY Masker Wajah untuk Atasi Permasalahan Kulit Kusam dengan Bahan-Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Punya masalah dengan jerawat, kulit berminyak, keriput, atau penuaan dini dan kusam? Untuk memiliki kulit yang bagus cerah harus didampingi dengan perhatian ekstra melalui perawatan kulit yang terdiri dari pembersihan, pengelupasan sel kulit mati, dan pelembapan wajah.

Disadur dari berbagai sumber, bagi sebagian orang mengunjungi klinik kecantikan untuk mempertahankan penampilan yang sehat dan awet muda adalah pilihan, namun hal ini bisa memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Manfaatnya memang tak terbantahkan, tapi bagaimana jika kamu ingin melakukan perawatan dengan anggaran yang lebih ramah di kantong? Jangan khawatir, beberapa cara bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal melalui perawatan menggunakan masker wajah buatan sendiri.

Kamu bisa menggunakan beragam bahan-bahan alami yang ada di dapur Anda — seperti alpukat, oatmeal, madu, kunyit, atau pisang — semua ini nantinya akan dicampur menjadi masker wajah buatan sendiri. Dari noda hingga kulit kusam, berikut adalah resep 5 sederhana untuk mengatasi masalah kulit secara umum.

Masker Tomat & Lemon

  1. Ambil satu tomat dan hancurkan menjadi pure.
  2. Kemudian tambahkan dua sendok makan jus lemon.
  3. Aduk rata dan oleskan pada wajah dan leher.
  4. Biarkan masker selama dua puluh menit dan bersihkan dengan air dingin.

Masker ini akan membantu mencerahkan permukaan area kulit, menjadikannya lebih cerah karena manfaat dari buah tomat dan juga lemon yang dapat membantu mencerahkan kulit yang kerap terpapar sinar matahari. 

Masker Pisang Yogurt

  1. Ambil pisang tumbuk dan aduk rata dengan dua sendok makan yogurt dan 1 sendok makan madu.
  2. Pastikan semua bahan sudah dihaluskan dengan benar.
  3. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan kering.
  4. Cuci muka setelah 30 menit dengan air dingin.

Gunakan masker ini dua kali seminggu untuk melembutkan kulit. Khasiat dari pisang sendiri dapat mengangkat sel kulit mati dan menghidrasi kulit, sedangkan khasiat dari yogurt dapat melembapkan kulit. 

Masker Oatmeal

Kulit kita membutuhkan proses pembersihan maksimal agar bersih dari paparan debu dan polusi. Pengelupasan sel kulit mati dengan scrub sederhana ini dapat menjaga kebersihan kulit dengan maksimal dan alami.

  1. Ambil empat sendok makan oatmeal dan tambahkan empat almond yang dihancurkan.
  2. Campur rata dengan 1 sdm madu dan sedikit susu.
  3. Oleskan pada wajah selama lima menit dan pijat dengan lembut selama 2 hingga 3 menit.
  4. Bilas sisa scrub pada wajah dengan air hangat.

Khasiat dari oatmeal ini adalah mampu menjaga kelembapan, mencerahkan, melindungi dari paparan sinar UV, mengatasi jerawat, iritasi, alergi, hingga mencegah terjadinya pigmentasi kulit wajah secara alami. 

Air Mawar dan Kayu Cendana

Cendana telah menjadi obat India kuno untuk mendinginkan kulit dan membuatnya bercahaya. Air mawar memiliki kualitas yang menyegarkan.

  1. Ambil 2 sendok makan bubuk cendana murni dan buat pasta dengan menambahkan air mawar ke dalamnya.
  2. Sesuaikan konsistensi. Oleskan pada wajah untuk pendinginan instan dan untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam.

Air mawar mengandung pelembap alami serta antioksidan yang dapat mencegah kulit terasa kering. Agar kulit tidak kering dan kusam serta senantiasa terlihat segar, air mawar bisa digunakan sebagai toner atau pembersih wajah alami ataupun bahan untuk membuat masker. Kandungan dalam kayu cendana dapat meningkatkan aktivitas sel-sel kulit yang membantu untuk menarik lebih banyak kelembapan kulit sehingga kulit terlihat lebih muda, halus dan berkilau.

Scrub Gula

Ambil sedikit gula dari dapur untuk membuat scrub yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit memiliki kulit segar dan bercahaya. 

  1. Ambil wadah dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.
  2. Agar scrub lebih bernutrisi, pecahkan satu kapsul vitamin E dan masukkan ke dalam wadah.
  3. Tambahkan sedikit madu dan gula ke dalam wadah dan aduk rata.
  4. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dan aplikasikan perlahan dengan gerakan memutar. Bilas dengan air.

Scrub gula dapat membantu mengangkat sel kulit mati secara alami. Butiran gula yang diaplikasikan perlahan pada kulit juga dapat mengembalikan minyak alami dan melembapkan.

 

Penulis : Saffa Sekar

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading