Sukses

Beauty

Tips Perawatan Rambut agar Kembali Segar dan Bebas Lepek Setelah Mudik

Fimela.com, Jakarta Setelah puas menikmati momen Lebaran di kampung halaman bersama keluarga tercinta, akhirnya tiba waktunya untuk kembali ke daerah masing-masing. Perjalanan arus balik ternyata juga jadi tantangan tersendiri. Nggak hanya membuat tubuh lelah, rambut pun jadi terlihat lepek dan bau apek sepanjang perjalanan berlangsung.

Saat tubuh lelah, rambut juga bisa ikut merasakan stres. Terlebih paparan polusi, sinar matahari, hingga keringat yang membuatnya jadi terlihat kusam dan lifeless. Biar tetap on point saat kembali beraktivitas pasca libur Lebaran nanti, yuk lakukan beberapa tips perawatan rambut agar segar dan bebas lepek!

Keramas untuk Membersihkan Rambut Secara Mendalam

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kesegaran rambut setelah mudik adalah keramas. Yup, ritual yang satu ini sangat penting untuk membersihkan rambut secara menyeluruh, mengingat perjalanan mudik rentan membuat rambut terpapar kotoran, debu, hingga polusi.

Namun, keramas nggak cukup hanya menggunakan sampo saja. Gunakan juga produk kondisioner yang dapat menjaga kelembapan rambut secara menyeluruh. Namun, pastikan penggunaannya hanya di ujung rambut saja, karena jika terkena kulit kepala bisa membuatnya terlihat lepek.

Scalp Massage untuk Mengembalikan Kesehatan Rambut

Selanjutnya, kembalikan kesehatan rambut dan kulit kepala dengan ritual scalp massage. Rutin memijat kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah yang nantinya akan membuat rambut terlihat lebih sehat dan indah.

Scalp massage bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang diaplikasikan ke kulit kepala, lalu berikan pijatan secara lembut dan menyeluruh. Studi juga menunjukkan kalau scalp massage dapat membantu meminimalisir rambut rontok, lho.  

Hair Mask untuk Menutrisi Sekaligus Menjaga Kesegaran Rambut

Tips perawatan rambut berikutnya adalah dengan hair mask atau masker rambut. Cara ini berperan untuk menutrisi rambut hingga ke lapisan terdalam agar rambut terlihat lebih sehat. Masker rambut bisa dilakukan dengan produk yang sudah jadi atau menggunakan bahan-bahan alami yang sesuai kebutuhanmu.

Misalnya saja bagi yang bermasalah dengan rambut berminyak dan lepek, masker dengan bahan alami seperti alpukat bisa membantu untuk meminimalisir masalah tersebut. Alpukat kaya akan asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Untuk membuat masker alpukat, caranya sangat gampang. Ambil 1 butir alpukat, pisahkan dari kulitnya. Campurkan dengan 1/2 cangkir susu, aduk merata dan aplikasikan pada batang rambut sambil melakukan pijatan ringan. Dengan begitu, rambut bisa menyerap kandungan nutrisi pada maskermu.

Jaga Kelembapan Rambut dengan Serum

Rambut yang terpapar polusi dan sinar matahari selama perjalanan mudik bisa membuat kondisinya jadi kering parah. Untuk itu, kamu bisa mengembalikan kesehatan rambut dengan rutin menggunakan serum.

Aplikasikan serum khusus pada rambut yang setengah kering setelah keramas, gunakan hanya pada batang rambut hingga ujungnya. Hindari terkena kulit kepala untuk mencegah rambut jadi berminyak dan lepek.

Beberapa tips di atas bisa menjadi panduan dalam merawat rambut setelah mudik. Penampilan standout yang kamu impikan pun bisa diwujudkan ketika kembali beraktivitas sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading