Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Lutut Gelap

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor penyebab lutut gelap, seperti hiperpigmentasi, terutama pada orang yang bermelanasi. Ada beberapa alasan, termasuk peradangan, perubahan genetik, paparan sinar matahari, dan gesekan kronis.

Namun tidak perlu khawatir, karena lutut gelap bisa diatasi dengan beberapa cara. Lutut gelap bisa dialami oleh siapa saja, tapi paling sering terjadi pada orang dengan kulit yang lebih gelap.

Kelika pigmen kulit alami seseorang lebih gelap, kemungkinan memiliki lutut gelap meningkat. Orang kulit berwarna sangat rentan terhadap semua jenis hiperpigmentasi karena kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanosom, seperti dilansir dari bustle.com.

Gesekan dari gerakan fisik, latihan, atau tugas lain yang membutuhkan berlutut secara teratur bisa menyebabkan lutut tampak lebih gelap, karena peningkatan pigmen di area tersebut dan penebalan fisik kulit itu sendiri. Kondisi kulit yang meradang seperti eksim dan psoriasis juga bisa menjadi penyebab lutut gelap.

 

Tips mengatasi lutut gelap

Kondisi gatal ini sendiri bisa menyebabkan hiperpigmentasi dan ironisnya, menggaruk area tersebut bisa memperburuk masalah. Selain itu, lutut yang tidak terlindungi dari sinar matahari dan sinar UV bisa berubah warna seiring waktu.

Kulit kering kronis dan perubahan genetik atau hormonal, seperti kehamilan juga bisa menyebabkan lutut menjadi gelap. Mengatasi lutut gelap karena kekeringan bisa dilakukan dengan menghidrasi kulit menggunakan pelembap berkualitas.

Untuk lotion, carilah bahan yang sangat menghidrasi, seperti squalane, antioksidan alami yang meniru minyak alami tubuh, petrolatum, shea butter, lipid, minyak jojoba, atau asam hialuronat, humektan yang menarik kelembapan dari udara atau dari dalam tubuh. Untuk membantu mengelupas kulit mati yang berubah warna untuk memperlihatkan lutut yang lebih cerah, pertimbangkan menggunakan lulur dengan alfa hidroksi, glikolat, dan asam laktat, atau masukkan vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulitmu.

Karena gesekan adalah penyebab umum lutut gelap, gunakan legging atau celana panjang saat berolahraga atau melakukan aktivitas lain di mana kamu menghabiskan banyak waktu untuk berlutut. Lutut mengalami lebih banyak trauma daripada bagian kulit lainnya di kaki.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading