Sukses

Beauty

Kelopak Mata, Area Tubuh yang Sering Dilewati saat Mengaplikasikan Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Penggunaan sunscreen sehari-hari sangat penting untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Sayangnya, sampai sekarang masih banyak orang melewatkan beberapa area tubuh mereka saat mengaplikasikan sunscreen.

Area tubuh yang sering terlewatkan saat pengaplikasian sunscreen adalah kelopak mata. Dr. Karan Lal dari Schweiger Dermatology Group di Hillsborough, New Jersey mengatakan bahwa dirinya sering melihat beberapa kasus kanker kulit berburuk di area kelopak mata.

Operasi kanker kulit di daerah kelopak mata rumit dan bisa menyebabkan jaringan parut yang signifikan, yang bisa menyebabkan mata kering kronis. Mengaplikasikan sunscreen di kelopak mata mungkin terasa berlawanan dengan intuisi, karena label produk biasanya memperingatkan kita untuk menghindari pengaplikasian apapun di dekat area mata, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

 

Pentingnya mengaplikasikan sunscreen sampai ke area kulit kelopak mata

Karena kulit di area kelopak mata ini halus, orang terkadang berhati-hati dalam mengaplikasikan sunscreen di area tersebut. Atau banyak yang mengira bahwa mengaplikasikan sunscreen di area ini bisa mengiritasi kulit atau mengacaukan makeup.

Tapi harus diingat bahwa sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen ke semua area kulit yang terpapar radiasi UV, termasuk kelopak mata, karena dalam beberapa kasus, kanker kulit di area mata bisa lebih sulit diobati dan lebih agresif. Kelopak mata rentan terhadap hiperpigmentasi pasca inflamasi akibat gesekan dan garukan karena kulit di area ini sangat tipis.

Pentingnya mengaplikasikan sunscreen sampai ke area kulit kelopak mata

Selain mengurangi pembentukan kerutan pada kulit kelopak mata yang tipis dan sensitif, sunscreen juga bisa membantu mencegah terbentuknya lingkaran hitam di sekitar mata. Kelopak mata perih dan terbakar sangat umum, terutama setelah penggunaan sunscreen kimia seperti yang mengandung oxybenzone dan avobenzone, jadi para pakar cenderung merekomendasikan tabir surya fisik yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida untuk kulit kelopak mata.

Cara terbaik mengaplikasikan sunscreen adalah selalu mulai dengan tangan bersih dan kering, gunakan sedikit demi sedikit, dan aplikasikan di area kecil, lalu ratakan. Selamat mencoba!

Loading