Sukses

Beauty

How To: Cara Mengaplikasikan Air Mawar ke Wajah untuk Kulit yang Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya bisa dijadikan buket bunga yang indah untuk orang terkasih, bunga mawar nyatanya memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk bidang kecantikan. Air mawar merupakan salah satu cara memanfaatkan bunga mawar untuk perawatan kulit.

Air mawar adalah air beraroma yang dibuat melalui proses menyuling kelopak bunga mawar dengan uap. Sangat cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun. Mengutip dari healthline.com, air mawar telah digunakan selama ribuan tahun termasuk Abad Pertengahan. Diperkirakan berasal dari daerah yang sekarang disebut Iran/

Air mawar telah digunakan secara tradisional menjadi bahan kecantikan karena sifatnya yang meremajakan dan menenangkan. Tidak hanya itu, air mawar juga memiliki efek mengurangi kerutan kulit, serta mampu membuat kulit bercahaya.

Dilansir dari femine.in, inilah 5 cara menggunakan air mawar pada kulit, simak ya!

Air mawar sebagai toner

Toner merupakan bagian langkah penting dalam rutinitas skincare, sebab toner mampu menghilangkan minyak, kotoran, dan debu dari kulit yang terlewatkan ketika mencuci wajah. Oleh karena itu, menggunakan toner dapat membantu membersihkan kulit secara menyeluruh sambil menjaga keseimbangan pH.

Air mawar bersifat lembut dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Ia memiliki kandungan astringen yang membantu membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran, serta mengencangkan kulit. Menggunakan air mawar secara teratur dapat membantu mencegah masalah kulit, seperti komedo dan jerawat.

Cara penggunaannya: Oleskan air mawar di wajah dan biarkan beberapa menit hingga meresap di pori-pori kulit. Wajah akan terasa segar dan aroma mawar yang tersisa dapat meningkatkan mood.

Air mawar untuk mengurangi tampilan kantung mata

Air mawar membantu menghidrasi, merevitalisasi dan melembapkan kulit sehingga memberikan tampilan yang segar. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi kemerahan pada kulit. Air mawar yang lembut dapat digunakan pada area bawah mata yang sensitif tanpa khawatir. Mata bengkak akan langsung segar dan terlihat segar kembali dengan semprotan air mawar.

Cara penggunaan: Ambil sebotol air mawar yang telah didinginkan di kulkas. Rendam kapas di dalamnya dan letakkan dengan lembut di kelopak mata. Lakukan beberapa saat sambil menikmati sensasi menangkan di sekitar mata. Dengan melakukan ini, akan membantu mengurangi bengkak dan memberikan kelegaan pada mata yang lelah secara instan.

Air mawar sebagai makeup remover alami

Sifat menenangkan dari air mawar menjadikannya penghapus riasan yang lembut untuk semua jenis kulit. Ketika dicampur dengan minyak alami, dapat melarutkan sebagian besar riasan tanpa menjadi kasar pada kulit. Kulit akan terasa segar dan terhidrasi nantinya dan aroma manis menjadi keuntungan tambahan.

Cara penggunaan: Campurkan 2 sdt air mawar dengan 1 sdt minyak kelapa atau almond untuk membuat penghapus riasan alami yang efektif yang akan melarutkan riasan yang paling membandel dengan sangat hati-hati. Celupkan kapas dan bersihkan lapisan riasan dan kotoran. Baik air mawar dan minyak kelapa baik untuk kulit dan juga aman untuk menghilangkan riasan mata.

Air mawar sebagai face mist dan setting spray alami

Menyimpan air mawar di tas dapat membantu menyeka keringat dan kotoran yang menumpuk di wajah saat bepergian. Air mawar juga memberikan efek menghidrasi. Semprotan cepat air mawar pada wajah atau kulit yang berkeringat akan langsung menyegarkan dan dapat digunakan sebanyak yang diperlukan tanpa khawatir akan efek samping atau kekeringan pada kulit.

Cara penggunaan: Tuang air mawar ke dalam botol spray, kemudian semprotkan ke wajah. Bisa juga digunakan untuk set makeup dan memberikan hasil akhir yang dewy.

Air mawar sebagai pelembap kulit

Salah satu manfaat luar biasa dari air mawar adalah dapat menambah kelembapan pada kulit. Kulit akan terasa sejuk, lembut dan tenang seketika. Sahabat Fimela dapat menggunakannya secara langsung atau mencampurkan air mawar ke dalam masker wajah, krim, atau losion untuk menambahkan kelembapan ekstra pada kulit.

Cara penggunaan: Campurkan sedikit air mawar ke dalam krim pelembab dan oleskan pada wajah  untuk rasa yang menyegarkan. Pelembap akan mudah diserap kulit dengan menghidrasinya dari dalam.

 

*Penulis: Tasya Fadila.

#Women for Women.

What's On Fimela
Loading