Sukses

Beauty

Ide Potongan Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah ala Selena Gomez hingga Chloë Grace Moretz

Fimela.com, Jakarta Terkadang niat mengganti suasana baru dan membuat sebuah perubahan untuk penampilan harus dipikirkan matang-matang. Salah satu hal yang paling mudah untuk diubah secara fisik adalah gaya rambut. Untuk Sahabat Fimela yang berniat memotong rambut dengan potongan lebih pendek, satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih model rambut pendek adalah pastikan model tersebut cocok dengan bentuk wajah.

Ketika bicara mengenai bentuk wajah, topik mengenai contour dan highlight wajah tidak akan terhindar. Bentuk wajah ini ternyata berperan penting dalam pemilihan potongan dan gaya rambut. Mengutip dari byrdie.com, para hair stylist menggunakan bentuk wajah untuk menjadi patokan pemilihan model rambut yang secara natural cocok dengan bentuk wajah tertentu hingga memaksimalkan pesona tampilan.

Untuk mengetahui bentuk wajah, tentu harus diketahui ada bentuk-bentuk wajah apa saja yang dikenali. Ada banyak tipe wajah di luar sana, tapi secara umum terdapat 6 tipe bentuk wajah. Yakni: bentuk wajah diamond, bentuk hati, oval, persegi, bulat, dan persegi panjang.

Simak model rambut pendek yang sempurna berdasarkan bentuk wajah menurut hair stylist seleb hollywood, Nate Rosenkranz.

Model Lob untuk Pemilik Bentuk Wajah Hati

Wajah berbentuk love alias hati cenderung memiliki struktur tulang yang indah. Wajah berbentuk hati dapat mengimbangi dahi yang lebar dengan poni ataupun layer samping rambut yang panjang.  Dan poni merupakan salah satu cara terbaik untuk menyembunyikan dahi yang lebar.

Model rambut terbaik untuk tipe wajah hati adalah model lob alias long bob. Potongan seperti ini bisa menekan tulang pipi. Model rambut dengan layer rambut panjang atau poni panjang yang ditata ke samping untuk memberi kesan lebar dan rambut berisi.

Tips mengenai bentuk wajah: Jika dagu runcing dengan dahi yang lebar. Bayangkan bentuk segitiga terbalik untuk mengetahui bentuk wajah termasuk bentuk hati 

Model Shaggy untuk Pemilik Bentuk Wajah Persegi

Model rambut yang cocok untuk para pemilik wajah persegi adalah gaya rambut yang lebih penuh atau berisi pada bagian samping dan ujungnya terlihat lebih menipis. Model potongan yang direkomendasikan adalah model shaggy, layer panjang, dan poni samping.

Ada gaya yang harus dihindari dari pemilik wajah persegi menurut Rosenkranz. “Hindari pemilihan model rambut yang mempertinggi garis rahang dengan garis rambut yang tumpul. Pinggiran yang terlalu kuat (lurus) juga tidak disarankan.

Tips mengenali bentuk wajah: ciri-ciri dari wajah persegi adalah bagian sisi samping wajah terlihat lurus dengan rahang sedikit miring dengan sedikit lekungan. Lebar wajah hampir sama dengan panjangnya. Jadi, jika mengukur bagian pelipis hingga bagian rahang kemudian bandingkan dengan lebar wajah, apabila ukurannya hampir sama maka wajah persegi adalah jawabannya.

Model Beach Wave untuk Pemilik Wajah Bulat

Model rambut terbaik untuk tipe wajah ini adalah lob sebahu ataupun beach wave dengan poni samping ataupun layer tipis bergelombang di bagian samping sehingga menambah struktur pada rambut. Hal yang perlu dihindari ketika memilih model rambut ini adalah hindari membentuk ujung rambut terlalu bulat dan lebar. Sebaiknya biarkan rambut teruntai bebas tanpa diselipkan ke telinga.

Tips mengenali bentuk wajah: Apabila memiliki sisi wajah berbentuk lekung dan bagian dagu juga terlihat membulat dengan bagian pipi merupakan bagian terluas dari fitur wajah berbentuk bulat.

Blunt Bob Bagi Pemilik Wajah Oval

Wajah oval menjadi bentuk wajah paling banyak disukai dan wajah ini cocok dengan hampir semua gaya. Jika ingin rambut pendek pada wajah oval, potongan rambut medium pixie, blunt bob, dan french bob menjadi pilihan yang tepat.

Tips mengenali bentuk wajah: Wajah dengan dahi sedikit lebih lebar dari pada dagu lekung, bayangkan saja sebuah telur yang diposisikan terbalik. Fitur wajah dengan dahi tinggi, tulang pipi menjadi bagian terluas dari wajah, serta wajah yang panjang, jika memenuhi semua ini maka bisa wajah Sahabat Fimela adalah oval.

Rambut Pendek bergelombang Bagi Pemilik Wajah Persegi Panjang

Untuk mencapai keseimbangan yang baik, model potongan rambut terbaik untuk wajah ini adalah rambut bob sebahu dengan memberikan tekstur bergelombang  serta poni samping. Hindari rambut lurus yang membuat rambut terlihat kurang bervolume.

Tips mengenali bentuk wajah: Wajah persegi panjang kadang-kadang disebut lonjong, dan mirip dengan wajah berbentuk persegi tetapi lebih panjang daripada lebarnya. Dahi, pipi, dan rahang memiliki lebar yang kurang lebih sama dan dagu memiliki lekukan yang sangat tipis.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

What's On Fimela
Loading