Sukses

Beauty

Cara Benar Menggunakan Retinol Agar Tidak Iritasi dan Rekomendasi Serumnya

Fimela.com, Jakarta Produk retinol sedang trending dan diburu para beauty enthusiast. Skincare memang sering disebut-sebut sebagai bahan perawatan kulit ajaib, namun adapula yang mengatakan jika retinol merusak kulit. 

Lalu apa sebenarnya retinol? Melansir healthline, retinol adalah bentuk vitamin A yang cocok untuk kulit.  Itu milik sekelompok turunan vitamin A, yang dikenal sebagai retinoid.

Beberapa retinoid, termasuk retinol berkekuatan rendah, dapat dibeli tanpa resep dokter. Lainnya, seperti tretinoin, lebih kuat dan hanya dapat diresepkan oleh dokter.

Retinol memiliki banyak kegunaan, seperti melawan jerawat dan dapat menargetkan area pigmentasi. Juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. Retinol juga meningkatkan produksi kolagen di dermis untuk memberikan manfaat anti-penuaan.

"Seiring bertambahnya usia, pergantian sel kulit dan produksi kolagen melambat,” jelas Christopher Panzica, ahli kecantikan berlisensi dari Brentwood, Tennessee.

Ia mengatakan ketika dioleskan, retinol membantu mengembalikan sel-sel kulit dan berfungsi kembali ke keadaan membuat kulit lebih muda.

Apakah ada efek samping yang harus diwaspadai?

Obat retinoid yang lebih kuat seperti Retin-A dan Accutane diketahui memiliki daftar panjang efek samping potensial.

"Mereka yang memiliki kulit sensitif atau mudah teriritasi harus mendekati penggunaan retinol dengan hati-hati," kata Panzica.

Pengguna retinol pertama kali telah melaporkan iritasi, termasuk kemerahan, kekeringan, dan pengelupasan.

Jika menggunakan kekuatan terlalu tinggi atau menerapkan retinol lebih sering dari yang seharusnya, mungkin akan mengalami iritasi lebih lanjut, seperti gatal dan bercak bersisik.

Beberapa orang menyadari munculnya jerawat setelah menggunakan retinol, meskipun ini adalah efek samping yang jarang terjadi.

“Retinol dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk sebagian besar jenis kulit, tetapi ini bukan pendekatan satu ukuran untuk semua,” kata Panzica.

Dokter kulit bersertifikat Zenovia Gabriel, MD, mencatat bahwa orang dengan kondisi kulit sensitif seperti rosacea tidak dapat mentolerir topikal yang sangat kuat seperti retinol.

Hindari juga retinol jika l akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari langsung tanpa perlindungan matahari yang tepat. Retinol dapat membuat kulit l lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Beberapa retinoid juga tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang hamil atau menyusui.

Penggunaan yang tepat

Melansir Olay, berikut cara memilih retinol yang tepat, pertama adalah ketahui formula retinol yang tepat. Untuk penggunaan awal, gunakan produk yang mengandung retinol dengan presentasi kecil (sekitar 0,025%) dan jumlah yang sedikit. 

Kemudian, tunggu selama beberapa hari untuk melihat reaksi kulit wajahmu. Jika tidak muncul reaksi yang parah, bisa menaikkan dosisnya sedikit demi sedikit. Namun kalau kulitmu ternyata jadi memerah atau mengelupas, gunakan pelembap wajah untuk mengatasinya.

Lalu memilih kombunasi produk skincare yang tepat untuk digunakan secara bersamaan dengan retinol. Berikut adalah beberapa kombunasi yang harus dihindsri kalau menggunkaan retinol. 

1. Vitamin C + Retinol

2. Retinol + Retinol

3. Retinol + AHA & BHA

4. Retinol + Benzoyl Peroxide

Pada dasarnya retinol bisa digunakan setiap hari,namun harus selalu memperhatikan reaksi kulitmu di pagi hari setelah penggunaan retinol di malam harinya. Jika merasakan kulitmu jadi terlalu sensitif atau memerah, bisa mengurangi frekuensi penggunaannya. Take your time dan selalu perhatikan kondisi kulitmu.

Karena retinol membuat kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, maka wajib hukumnya untuk selalu memakai tabir surya di pagi dan siang hari. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tekstur yang mudah diserap kulit agar kulitmu lebih nyaman.

Rekomendasi retinol serum

Olay Retinol 24 night serum, Ponds Age Miracle Day Cream dengan Retinol-C Complex, SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Serum, Kiehl’s serum, Somethinc 1% retinol, Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract. 

#women for women

What's On Fimela
Loading