Sukses

Beauty

5 Penyebab Wajah Kasar dan Cara Mengatasinya yang Efektif

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan wajah yang mulus dan cerah tidaklah mudah, meskipun sudah melakukan perawatan terkadang akan menemukan beberapa masalah pada kulit wajah. Ada banyak masalah pada kulit wajah yang sering kita alami, seperti wajah kasar, beruntusan, berjerawat, kusam, kering, berminyak, dan masih banyak lainnya.

Kulit wajah yang kasar dan bergelombang terkadang memiliki tekstur yang tidak rata selain itu hal ini juga tak nyaman saat disentuh, karena akan merasakan tekstur yang kasar. Wajah yang beruntusan ternyata dapat disebabkan oleh kekeringan dan penumpukan pada sel kulit mati.

Meskipun kulit wajah tidak kasar atau bruntusan kamu tetap perlu berhati-hati dengan masalah ini, karena terkadang hal ini dapat menunjukkan kondisi yang serius. Berikut beberapa penyebab wajah beruntusan yang bikin tak percaya diri:

1. Perubahan Hormon

Salah satu penyebab wajah terasa kasar dan bruntusan adalah perubahan hormon, ketidakseimbangan hormon ternyata dapat disebabkan oleh berbagai hal termasuk masalah medis. Seseorang yang mengalami ketidakseimbangan hormon terkadang akan merasakan beberapa gejala seperti mood swing atau gampang stes, meskipun kita tidak dapat menanganinya secara langsung tetapi, hal ini dapat dicegah dan melakukan perawatan diri.

2. Stres

Stres dan banyak tekanan yang kita rasakan tentu sulit untuk diatasi, setiap orang memiliki Stress dan cara penanganan yang berbeda. Ternyata terlalu banyak tekanan yang diterima dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit terutama wajah, selain itu stress juga dapat membuat seseorang mengalami bruntusan. Untuk itu mulai sekarang cobalah untuk mengolah stress yang dirasakan dan dialami.

3. Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Setiap obat yang dikonsumsi tentu memiliki efek samping dan setiap obat memiliki efek samping yang berbeda. Mungkin kebanyakan obat memiliki efek samping tidak nafsu makan atau cepat mengantuk. Jika kamu mengkonsumsi obat dan merasakan ada yang aneh di sekitar wajah seperti kasar dan bruntusan, bisa jadi hal ini adalah efek samping dari obat yang kamu konsumsi.

4. Penggunaan Produk Skincare atau Kosmetik

Setiap orang memiliki bentuk, jenis kulit, dan perawatan produk yang berbeda, selain itu tidak semua orang memiliki kesamaan produk yang cocok di wajah masing-masing. Bisa jadi salah satu penyebab wajah bruntusan adalah penggunaan produk skincare atau kosmetik yang selama ini kamu gunakan.

Sebelum membeli dan memilih, ada baiknya untuk mengetahui jenis kulit dan masalah kulit, agar saat memilih produk tidak salah. Pilihlah produk sesuai kebutuhan dan masalah kulit yang sedang kamu hadapi, bukan karena orang lain menggunakannya.

5. Kebersihan

Kebersihan wajah sangatlah penting, mungkin saat menggunakan make up kamu lupa untuk membersihkannya atau melakukan double cleansing sebelum tidur. Kebersihan wajah sangat penting dan baik untuk kesehatan kulit yang dimiliki, selain itu kamu tidak boleh mengabaikan hal ini.

Cara Mengatasi Wajah Kasar dan Bruntusan

Meskipun sering membuat kita tak percaya diri kamu tak perlu khawatir dengan wajah bruntusan, karena masalah wajah satu ini dapat kamu atasi dan cegah dengan beberapa perawatan di bawah ini:

  • Gunakanlah produk skincare atau kosmestik yang sesuai dengan kebutuhan kulit.
  • Memakai masker wajah yang mengandung, tomat, madu, atau lemon.
  • Mengatur pola makan dan gaya hidup.
  • Membersihkan wajah setelah menggunakan make up, ada baiknya untuk lakukan double cleansing.

Itulah beberapa penyebab wajah bruntusan dan cara mengatasi wajah bruntusan yang sering bikin tak percaya diri, meskipun hal ini kerap menjadi masalah setiap orang tetapi kamu dapat melakukan beberapa perawatan yang tepat untuk wajah.

 

What's On Fimela
Loading