Sukses

Beauty

5 Cara Menyembuhkan Kulit Iritasi Akibat Over Eksfoliasi

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi wajah adalah salah satu perawatan kulit yang tidak boleh terlewatkan. Eksfoliasi wajah berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu meregenerasi sel kulit. Mengeksfoliasi wajah juga bisa membantu mengangkat komedo dan mengatasi jerawat di kulit.

Walaupun mengeksfoliasi wajah adalah cara yang baik untuk merawat kulit, tetapi terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa membuat kulit menjadi iritasi. Kulit yang iritasi ditandai dengan munculnya kemerahan, kulit terlalu kering dan mengakibatkan masalah kulit yang lainnya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam melakukan eksfoliasi wajah.

Kulit menjadi iritasi setelah eksfoliasi karena lapisan kulit terkikis oleh produk eksfoliasi. Kalau kamu mengalami kondisi kulit yang mengalamiĀ overĀ eksfoliasi, Sahabat Fimela tidak perlu sedih dan khawatir. Berikut cara menyembuhkan kulit iritasi akibat over eksfoliasi:

Tanda-Tanda Kulit Mengalami Over Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang wajib untuk dilakukan. Eksfoliasi bermanfaat untuk membantu menghaluskan tekstur kulit, menghilangkan komedo, menyembuhkan jerawat, mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Eksfoliasi juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah, menyamarkan garis halus di kulit wajah dan menghilangkan kerutan di wajah.

Rajin melakukan eksfoliasi dapat membantu kulit untuk menyerap produkĀ skincare lebih cepat. Namun, eksfoliasi tidak boleh dilakukan terlalu sering. Sahabat Fimela bisa melakukan eksfoliasi dengan toner atau masker dengan scrub.

OverĀ eksfoliasi adalahĀ terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menimbulkan berbagai macam masalah kulit. Tanda-tanda kulit mengalamiĀ overĀ eksfoliasi adalah kulit terlalu kering, munculĀ breakoutĀ di kulit, kulit menjadi berwarna kemerahan, kulit terasa gatal dan panas, serta sangat mudah mengelupas. Untuk itu, lakukan eksfoliasi seminggu 2 atau 3 kali saja.

Kebiasaan yang Membuat Kulit Over Eksfoliasi

Walaupun melakukan eksfoliasi wajah bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah, tetapi terlalu sering eksfoliasi akan memicu dampak negatif untuk kulit. Kondisi kulit akan mengalamiĀ overĀ eksfoliasi. Terlalu banyak menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA dan retinol bisa membuat kulit menjadiĀ overĀ eksfoliasi.

Selain itu, kebiasaan terlalu sering menggunakan toner, masker atauĀ scrubĀ wajah juga bisa membuat kulit menjadiĀ overĀ eksfoliasi. Kebiasaan lupa menggunakan pelembap setelah melakukan eksfoliasi, bisa membuat kulit wajah menjadi kering dan dehidrasi. Karena pelembap memiliki fungsi untuk melembapkan dan menenangkan kulit kemerahan setelah eksfoliasi.

Sahabat Fimela juga harus menghindari kebiasaan lupa menggunakan tabir surya. Jika lupa menggunakan tabir surya, kulit akan mengalami over eksfoliasi. Karena lapisan kulit menjadi tipis dan langsung terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun.

Cara Menyembuhkan Kulit Iritasi Akibat Over Eksfoliasi

1. Berhenti Menggunakan Produk Eksfoliasi

Seperti yang kita tahu, jika kulit wajah mengalami over eksfoliasi, maka kulit wajah akan sangat kering, sangat sensitif terhadap reaksi alergi, muncul kemerahan hingga mengakibatkan kulit menjadi beruntusan. Kalau kulitmu mengalamiĀ over eksfoliasi, segera hentikan penggunaan produk yang memiliki kandungan AHA, BHA dan retinol, dan hentikan menggunakan masker danĀ scrub.Ā Untuk memulihkan kondisi lapisan kulit, hentikan penggunaan produk eksfoliasi kurang lebih 2 hingga 4 minggu.

2. Gunakan Basic Skincare

Cara menyembuhkan kulit iritasi akibatĀ over eksfoliasi yang selanjutnya, yaitu dengan menggunakanĀ basic skincare atau gunakan CTMP. CTMP adalah cleanser, toner, moisturizerĀ danĀ protection.Ā HindariĀ skincare yang mengandung bahan aktif.

3. Gunakan Produk yang Menghidrasi Kulit

KulitĀ overĀ eksfoliasi biasanya lebih sensitif dan dehidrasi. Untuk menghidrasi kulit wajah, gunakan produk yang memiliki kandunganĀ hyaluronic acid, ceramide, centella asiaticaĀ dan lidah buaya. Kandungan ini juga bisa mengembalikan kelembapan kulit wajah.

4. Gunakan Sabun Muka yang Gentle

Untuk menjaga pH kulit agar tetap seimbang setelah mengalamiĀ overĀ eksfoliasi, gunakan sabun muka yang memiliki teksturĀ gentle, yang berbentukĀ gelĀ atau krim. Hindari sabun muka yang mengandung deterjen, alkohol atau parfum. Jangan menggunakan sabun muka yang mengandung scrub.

5. Gunakan Tabir Surya

Setelah menggunakan produkĀ skincareĀ yang bisa membantu menyembuhkanĀ overĀ eksfoliasi, gunakan tabir surya di pagi dan siang hari. Untuk memperkuat lapisan kulit, agar tidak iritasi pada saat terkena paparan sinar matahari. Gunakan sebanyak 2 jari dan ulangi penggunaan setiap 4 jam sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading