Sukses

Beauty

6 Tips Mengaplikasikan Lipstik dengan Hasil Sempurna Meski bibir Kering dari Ahli Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Memoles bibir dengan lipstik akan menyempurnakan tampilan. Memberikan warna pada bibir akan membuat tampilan wajah tidak pucat. Namun, tidak semua bibir mudah untuk dipoles lipstik dengan hasil akhir yang merona, cerah, ataupun matte.

Bibir yang kering dan pecah-pecah akan sulit memoles lipstik di atasnya. Ada banyak penyebab bibir kering. Melansir dari American Academic of Dermatology Association, bibir kering hingga pecah-pecah disebabkan oleh cuaca dingin dan kering, paparan sinar matahari berlebihan, dan terlalu sering menjilat bibir.

Bibir yang lebih kering membutuhkan perhatian lebih untuk memperoleh hasil lipstik terbaik. Kunci penting memoles lipstik ke bibir kering adalah persiapan yang tepat dan perawatan bibir agar bibir tidak terlalu kering, serta memilih formulasi yang lebih menghidrasi yang cocok untuk bibir yang kering. Berikut tips mengaplikasikan lipstik ke bibir yang kering dari ahli kecantikan.

Pilih Lipstik Dengan Komposisi yang Ramah untuk Bibir Kering

Ada banyak orang yang salah mengira rasa tidak nyaman, seperti rasa perih, rasa seakan terbakar, atau kesemutan sebagai pertanda bahwa bahan aktif dalam suatu produk bekerja. Namun, nyatanya produk yang digunakan mengiritasi bibir. Oleh karena itu, segera berhenti menggunakan produk yang mengiritasi bibir.

Ketika bibir kering dan pecah-pecah perhatikan komposisi lipstik yang digunakan agar tidak memperburuk kekeringan bibir. Hentikan penggunaan produk yang mengandung bahan berikut: Kamper, eucaluptus, flavoring (Rasa kayu manis, peppermint bisa sangat mengiritasi bibir kering dan pecah-pecah), pewangi, lanolin, menthol, octinoxate atau oxybenzone, phenol (or phenyl), propyl gallate, dan salicylic acid.

Beralih gunakan lipstik yang mampu menghidrasi bibir hingga menyembuhkannya. Berikut bahan-bahan yang disarankan dermatolog: Minyak biji jarak, Ceramide, Dimethicone, Hemp seed oil, Mineral oil, Petrolatum, Shea butter, bahan perlindungan dari sinar matahari (titanium oxide atau zinc oxide), dan White petroleum jelly. Penggunaan lipstik bebas pewangi akan lebih baik.

Pilih Lipstik Glossy dari pada Matte

Mengutip dari Femina.in, Pooja Nagdev, seorang ahli kecantikan mengungkapkan bahwa untuk bibir kering dianjurkan menggunakan lipstik yang glossy dari pada matte. Alasannya, matte memiliki kandungan minyak lebih rendah daripada lipstik glossy untuk mempertahankan warna lipstik. Namun, warna penuh dan berani dari matte sering mengeringkan bibir.

“Banyak wanita memilih tekstur matte ketika mereka menginginkan bibir yang kuat dan cerah, terutama dengan warna seperti plum atau merah. Sementara itu, lipstik matte sering kali mengeringkan bibir. Bahkan lipstik matte yang bergizi dan menghidrasi bisa menjadi masalah jika Anda tidak tahu bagaimana mempersiapkan bibir Anda sebelum mengaplikasikannya,” jelas Nagdev.

Aplikasikan Masker Bibir yang Menghidrasi

Perawatan bibir sebelum menggunakan lipstik keesokan harinya merupakan salah satu cara mengurangi bibir yang kering. Kulit memperbaiki dirinya sendiri dalam semalam, memberi kulit bibir dengan formula bergizi sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk memperkuatnya.  

Eksfoliasi Bibir di Pagi Hari

Sebelum mengoleskan lipstik, pertama-tama, eksfoliasi bibir dengan exfoliant yang lembut untuk menghilangkan pengelupasan. Oleskan sedikit scrub atau buat scrub bibir Anda sendiri dengan menggabungkan satu sendok makan gula merah dan satu sendok makan minyak kelapa. Gosokkan ke bibir Anda sampai halus dan kenyal. Cara ini  akan membantu melembapkan bibir Anda sekaligus memberikan tekstur yang halus.

Ada hal yang perlu diingat jika ingin mengeksfoliasi kulit bibir. Mengutip dari Realsimple.com, dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner memperingatkan untuk tidak terlalu sering menggunakan formulasi abrasif seperti scrub untuk eksfoliasi ke kulit bibir. Karena kulit bibir termasuk kulit tertipis di tubuh. penggunaan berlebihan dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

 

Olesi Bibir dengan Lip balm Sebelum Menggunakan Lipstik

Gunakan lip Balm digunakan sebagai primer lipstik sehingga lipstik tidak langsung mengenai kulit bibir yang kering. Setelah memoles bibir dengan lip balm diamkan selama 10 hingga 20 menit. Mengaplikasikan lipstik tepat setelah lip balm hanya akan membuat lipstik tidak merata dan lip balm butuh waktu untuk menyerap sempurna ke bibir.

“Lip balm berwarna, di sisi lain, tidak hanya menambah warna pada bibir Anda, tetapi juga membuatnya terhidrasi sepanjang hari. Hal ini juga dapat meningkatkan penampilan lipstik Anda. Menerapkan lapisan kecil lip balm berwarna di bawah lipstik Anda melembabkan bibir Anda dan membuatnya terlihat halus dan kenyal, ”tambah Nagdev.

Setelah itu memoles lip balm dan mendiamkan selama 10 hingga 20  menit, barulah disarankan mengaplikasikan lipstik ke bibir. Lipstik yang disarankan untuk dipoles adalah lisptik yang memiliki efek menghidrasi kulit bibir.

Saat Menghapus Lipstik Jangan Terlalu Kering atau Kasar

Saat tiba waktunya untuk menghapus lipstik, gunakan micellar water, pembersih ringan tanpa bilas. Micellar water merupakan molekul minyak yang bertindak seperti magnet untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan riasan dari kulit.

“Tidak perlu dibilas atau digosok; cukup rendam kapas dalam cairan dan bersihkan. Menggunakan scrub atau pembersihan yang kuat untuk menghilangkan warna bibir Anda hanya akan membuat bibir Anda semakin kering,” jelas Nagdev.

Sebagai alternatif, ambil beberapa tetes minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil. Cukup oleskan minyak di bibir dengan kapas dan lihat lipstiknya bisa terangkat dari bibir. Bibir juga akan terasa lembap dan sehat.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading