Sukses

Beauty

3 Cara Tepat Menggunakan Retinol Bagi Pemula, Minimalisir Iritasi Kulit

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah sering mendengar manfaat retinol untuk kulit. Retinol dibuktikan dapat mengatasi masalah penuaan dan memperbaiki kondisi kulit secara keseluruhan.

Namun, menggunakan retinol juga perlu teknik atau cara yang tepat agar kulit tidak terkelupas dan berakhir dengan iritasi. Dilansir dari stylecaster.com, berikut ini adalah cara tepat menggunakan retinol bagi pemula, agar meminimalisir iritasi kulit.

1. Mulai dengan formula yang sangat lembut

Memulai dengan retinol berformulasi lebih lembut akan tetap memberikan hasil yang sama seiring waktu. Kamu sama sekali tidak memerlukan retinoid dengan kekuatan resep untuk mendapatkan efek yang sama dalam produksi kolagen dan pergantian sel.

Ya, mungkin kamu akan melihat hasil dari penggunaan produk retinol resep dosis tinggi yang intens, sedikit lebih cepat. Tapi dalam prosesnya, ini juga bisa mengiritasi kulit secara harfiah.

 

2. Gunakan sedikit saja pada kulit yang benar-benar kering

Setelah membersihkan dan menepuk-nepuk wajah di malam hari, tunggu beberapa menit untuk memastikan kulit benar-benar kering, karena kulit yang lembap bisa mengganggu seberapa banyak retinol yang diserap, yang justru bisa menyebabkan iritasi. Setetes retinol seukuran kacang polong aplikasikan ke wajahmu, mulai dari dahi, hidung, pipi, hingga dagu.

Setelah 20 menit, guunakan serum dan pelembap seperti biasa, pastikan untuk menghindari produk anti jerawat. Jika kamu takut kulit menjadi sensitif, oleskan pelembap terlebih dahulu, tunggu 20 menit, lalu gunakan retinoid untuk mengurangi potensi iritasi.

 

3. Tunggu satu minggu untuk menggunakannya lagi

Ikuti aturan 1-2-3, gunakan seminggu sekali selama satu minggu, dua kali seminggu selama dua minggu, lalu tiga kali seminggu selama tiga minggu. Jika kulit tidak bereaksi negatif, tingkatkan penggunaannya setiap malam.

Tapi jika kulit terasa sensitif pada tahap 1-2-3, mundur selangkah, lakukan perlahan. Yang terpenting adalah mendengarkan kulitmu sendiri.

What's On Fimela
Loading