Sukses

Beauty

3 Cara Merawat Rambut Kering Setelah Catokan

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sering mencatok rambut? Sebaiknya berhati-hatilah saat menggunakan catok rambut. Karena suhu panas pada catokan bisa menyebabkan rambut kering dan rusak.

Rambut kering dan rusak akibat sering catokan, ditandai dengan ciri-ciri tekstur rambut yang kering, mudah patah, bercabang, kasar dan terlihat kusut. Masalah rambut ini bisa membuat rasa kepercayaan diri pada perempuan menjadi turun. Ada baiknya untuk kurangi penggunaan catokan rambut, agar kondisi rambut lebih sehat.

Jika memiliki masalah rambut kering akibat sering catokan, maka rambut harus sering dirawat setelah melakukan catokan. Tak hanya kulit saja yang perlu dirawat menggunakan skincare, rambut juga perlu dirawat menggunakan hair care yang tepat. Cek cara merawat rambut kering setelah catokan berikut ini:

Cara Memilih Catokan

1. Pilih Bahan Catokan

Saat ingin membeli catokan, sebaiknya jangan tergiur dengan harga murah terlebih dahulu. Bahan yang sering digunakan untuk membuat catokan adalah bahan keramik, aluminium, titanium, dan tourmaline. Sebaiknya pilih catokan dari bahan yang dilapisi keramik atau titanium, karena bahan ini lebih aman digunakan.

2. Sesuaikan Jenis Rambut

Ada beberapa bentuk catokan yang bisa digunakan sesuai jenis rambut. Catokan berukuran kecil dapat digunakan untuk jenis rambut tipis. Untuk model catokan yang sedang, akan cocok untuk rambut gelombang dan normal. Sedangkan catokan berukuran besar, sebaiknya digunakan untuk rambut keriting dan tebal.

3. Perhatikan Suhu Catokan

Pastikan melihat suhu yang tertera pada catokan. Catokan dengan suhu yang tinggi akan membuat rambut cepat kering dan rusak. Untuk itu, pilihlah catokan yang memiliki beberapa pengaturan suhu, sehingga suhu dapat diatur sesuai kebutuhan rambut.

Cara Merawat Rambut Kering Setelah Catokan

1. Gunakan Masker Rambut

Agar rambut tidak kering setelah catokan, rawatlah rambutmu menggunakan masker rambut yang diaplikasikan setelah mencuci rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Penggunaan masker rambut ini bisa digunakan setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

Cara merawat rambut yang selanjutnya, yaitu menggunakan serum rambut atau vitamin rambut setelah keramas. Selain membuat rambut tidak kering, kandungan vitamin dan minyak alami di dalam serum atau vitamin rambut, bisa menutrisi rambut, menguatkan akar rambut, mencegah kebotakan, tekstur rambut tetap lembap dan berkilau alami. Ada juga vitamin rambut yang dapat diaplikasikan setelah catokan.

 3. Gunakan Sampo dan Kondisioner

Terakhir adalah menggunakan sampo yang tidak mengandung bahan kimia, seperti Sodium Lauryl Sulfate atau SLS. Kandungan bahan kimia ini bisa membuat rambut kering. Kemudian gunakan kondisioner di ujung rambut setelah keramas, untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Sebaiknya jangan terlalu sering mengeringkan rambut dengan catokan setelah keramas.

Kandungan Vitamin untuk Rambut Kering

Vitamin rambut sangat dibutuhkan untuk merawat rambut kering setelah catokan. Karena vitamin rambut diformulasikan dengan kandungan yang bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembap, lembut, kuat dan lebih berkilau. Bahkan vitamin rambut dapat menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan.

Di dalam vitamin rambut terdapat kandungan berupa vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E, yang bersifat sebagai antioksidan. Kandungan vitamin rambut ini juga bisa membantu melindungi rambut dari paparan sinar matahari atau paparan radikal bebas, yang bisa merusak rambutmu. Kandungan tersebut juga bisa memperkuat rambut, agar tidak rapuh akibat terlalu sering menggunakan catokan.

Vitamin rambut juga terbuat dari bahan-bahan alami, seperti madu, minyak kelapa, minyak zaitu, lidah buaya dan lain sebagainya. Kandungan bahan alami juga bisa membuat rambut lebih kuat. Pilihlah vitamin rambut yang bisa digunakan sebelum dan setelah menggunakan catokan.

What's On Fimela
Loading