Sukses

Beauty

Panduan Memakai Face Oil yang Tepat Bagi Pemula untuk Maksimalkan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Face oil mampu memberikan perawatan pada kulit sehingga menjadi sehat dan terlihat lebih bercahaya. Face oil merupakan produk yang pantas dimasukkan menjadi bagian skincare routine karena memiliki kandungan vitamin C, asam lemak esensial, dan antioksidan. Kandungan-kandungan ini menyerap ke kulit berfungsi melindungi kulit.

Perlu dicatat bahwa face oil berbeda dengan serum. Ahli kecantikan, Kasey Boone, seperti yang dikutip dari Thezoereport.com, mengungkapkan serum wajah diaplikasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu dengan bahan aktif. Disisi lain, face oil diterapkan paling terakhir dalam rutinitas perawatan kulit.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kulit, masih banyak yang bingung mengenai pengaplikasian face oil ke wajah. Apakah pemilik kulit berminyak bisa menggunakannya? Seberapa banyak digunakan? Kapan penggunaan terbaiknya? Dan masih banyak pertanyaan lain. Fimela telah merangkum cara memakai face oil yang tepat untuk memperoleh hasil maksimal dari berbagai sumber.

Memilih Face Oil yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit

Kunci utama untuk menggunakan fece oil untuk memperoleh manfaat maksimal adalah memilih oil yang tepat sesuai jenis kulit. Dikuti dari Dermstore.com, ada beberapa tipe face oil berdasarkan fungsinya, yaitu untuk penuaan dini, kulit kering, kulit berminyak dan sensitif.

  • Kulit yang alami penuaan. Face oil dapat mengurangi kerutan karena mengandung bahan penting seperti antioksidan. Antioksidan meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat elastisitas kulit hingga mengurangi garis-garis halus.
  • Kulit Kering dan dehidrasi. Oil face cepat menyerap dan kaya akan nutrisi membantu melembapkan serta menghaluskan kulit. Untuk kulit yang dehidrasi, ada baiknya menggunakan serum yang menghidrasi terlebih dahulu, kemudian diikuti oil untuk melembapkan.
  • Kulit berminyak dan berjerawat. Jangan berpikir bahwa minyak hanya untuk kulit kering, minyak tertentu, seperti rose-hip dan jojoba, dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit yang rentan jerawat, sementara minyak marula dan aloe dapat menenangkan kulit sensitif yang mudah teriritasi.
  • Kulit sensitif. Mengatasi radikal bebas dengan face oil yang mengandungi vitamin E yang melindungi kerusakan akibat sinar UV. Pastikan memakai suncreen setelah memijat beberapa tetes face oil ke kulit wajah di pagi hari.

Kombinasikan Face Oil dengan Serum atau Pelembab

Inas Anis, ahli kecantikan dan spesialis perawatan kulit anti-penuaan menyarankan bahwa minyak dapat dikombinasikan dengan produk lain untuk mendapatkan efek yang lebih baik. Kombinasi terbaik yang disarankan yaitu serum untuk merawat dan pelembab untuk mengunci hidrasi.

Minyak wajah bersifat oklusif, artinya mereka menyegel semua bahan dan kelembapan yang baru saja Anda oleskan ke wajah agar tidak cepat menguap. Minyak dapat dengan mudah menembus pelembab, serum, dan perawatan, tetapi tidak ada produk yang dapat menembus minyak, yang berarti mereka harus dioleskan terakhir kali.

Face Oil bisa diaplikasikan Malam dan Siang Hari

Face oil juga sangat baik digunakan di pagi maupun malam hari. Dia menyarankan mengoleskan minyak sebagai langkah terakhir dari rutinitas perawatan kulit malam hari dan sebelum suncreen dan riasan di pagi hari. Penggunaan dimalam hari memungkinkan kulit menyerap nutrisi semalan dan memberikan perlindungan sepanjang hari keesokan harinya.

Face oil yang disarankan untuk digunakan dimalam hari adalah oil yang mampu meningkatkan sensitivitas kulit. Jika  memiliki kulit kusam, disarankan untuk menggunakan face oil sebagai primer sebelum merias wajah. Biarkan minyak menyerap sepenuhnya sebelum merias wajah Anda untuk mendapatkan cahaya alami dan terhidrasi.

Satu Hingga Tiga Tetes Saja Cukup

Beberapa orang mungkin akan dilema, berapa banyak minyak sebaiknya digunakan. Karena face oil mengandung sejumlah nutrisi terkonsentrasi, pemakaian sedikit saja sudah cukup. Jumlah yang direkomendasikan adalah sebanyak satu hingga tiga tetes sudah cukup untuk menutupi seluruh wajah dan memberikan manfaat pada kulit.

Karena minyak wajah mengandung jumlah nutrisi yang terkonsentrasi (minyak Marula memiliki empat kali vitamin C), Sedikit saja sudah cukup. Satu hingga tiga tetes minyak pilihan Anda sudah cukup untuk menutupi seluruh wajah Anda dan memberikan manfaat yang dibutuhkan kulit Anda.

Aplikasikan dengan Cara di Tap-Tap ke Kulit

Ketika menggunakan face oil, tidak direkomendasikan mengaplikasikannya dengan cara menggosokkan ke kulit wajah seperti menggunakan pelembab. Sebaliknya, oleskan ke tangan kemudian ratakan. Tepuk atau tap-tap ke kulit wajah untuk mendorong face oil masuk ke pori-pori. Mengaplikasikan face oil dengan cara ini merupakan trik untuk membantu kulit menyerap oil lebih baik dan meresap lebih cepat.

*Penulis: Tasya Fadila

What's On Fimela
Loading