Sukses

Beauty

5 Tips Awet Muda dengan Pengaplikasian Produk Skincare Khusus Perempuan Usia 30-an

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 30-an, akan banyak hal yang berubah terutama pada kondisi kesehatan kulit. Ada banyak hal yang menjadi faktor masalah kulit di usia 30-an dan tantangan besar untuk menjaga wajah agar terlihat awet muda. Mulai dari perubahan hormonal hingga tingkat stres yang muncul dari kesibukan sehari-hari. Hal-hal ini dapat memicu wajah yang terlihat lelah, kulit kusam dan berjerawat.

Mengutip laman The Strategist, Anne Chapas, seorang dermatolog dari Union Square Laser Dermatology mengungkapkan pada usia 30 tahunan adalah jangka waktu ketika kulit mulai menunjukkan tanda penuaan secara alami. Artinya wajah dengan garis lurus, warna kulit merata, dan volume kulit akan berkurang sedikit demi sedikit.

Namun, Sahabat Fimela jangan khawatir, penuaan wajah bisa diperlambat melalui perawatan kuit khusus 30-an yang tepat. Ketika memasuki usia 30 tahunan, saatnya mengubah urutan skincare routine yang biasa dilakukan. Sebab sekarang kulit membutuhkan perawatan lain dengan produk yang berfokus pada antiaging.

Golden Rules dari Ahli untuk Skincare Rountine 30-an

Sebelum mendalami produk apa yang sebaiknya digunakan, ada baiknya memahami golden rules yang dianjurkan ahli kulit untuk skincare rountin 30-an yang dikutip dari Womens Health.

1. Ucapkan Selamat Tinggal pada Face Wipe

Penggunaan face wipe bagi beberapa orang mungkin jadi pilihan simpel untuk menghapus makeup. Namun, kulit tidak lagi sekuat seperti di saat usia 20-an, sehingga terlalu abrasif untuk kulit. Face wipe juga mengandung alkohol yang dapat mengganggu fungsi barrier alami kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit jadi sensitif dan dehidrasi.

2. Rawat Kulit dengan Produk yang Tepat

Menurut sebuah studi dari La Roche Posay, 62% wanita mengatakan kulit sensitif dan tidak toleran terhadap bahan tertentu. Karena itu, pemilihan produk yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Obsesi untuk menggunakan beberapa produk untuk hasil terbaik sangat mudah muncul, namun jangan sampai berlebihan.

3. Jangan Ragu Mengunjungi Ahli Kulit

Banyak wanita yang mengalami penurunan kualitas kesehatan kulit pada usia 30-an dan berharap kulit mereka sembuh dengan sendirinya. Memperlakukan kulit demikian, akan membuat proses perbaikan kulit memakan waktu, terutama masalah kulit yang butuh penanganan ahli. Jadi jangan malu-malu untuk konsultasi dengan dermatolog.

4. Micelar Water Bukan Lagi Cleanser yang Baik

Ahli perawatan kulit Caroline Hirons percaya bahwa micelar wate sangat bagus jika aplikasikan untuk menghapus makeup dari wajah. Namun, mereka tidak boleh dijadikan sebagai pengganti facial wash. Karena itu, selalu gunakan facial wash sebagai cleanser.

5. Berinvenstasi Pada Produk Skincare Terpercaya

Kiat lain dari Hirons, 'investasikan di tengah rutinitas Anda, di mana pun Anda bisa'. Pada dasarnya, berinvestasikan pada serum dan bahan aktif daripada face cleanser dan pelembap. Ini karena serum cenderung lebih mahal karena lebih sulit diformulasikan dan membutuhkan bahan yang lebih mahal.

Langkah Morning Skincare Rountine Terbaik Untuk 30-an

  1. Pertama, gunakan cleanser. Kulit mengalami perbaikan pada malam hari saat tertidur. Dengan membersihkan kulit dari kotoran dengan cleanser bertekstur ringan akan sangat baik untuk mengawali skincare pagi.
  2. Mengaplikasikan toner. Toner berbasis antiokidan dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan kulit. Selain itu, toner berfungsi mempersiapkan kulit untuk masuk ke langkah penggunaan serum, sehingga memaksimalkan penyerapan.
  3. Memakai serum. Serum mengandung bahan aktif yang memberikan aksi nyata untuk perawatan kulit. Ada beberapa jenis serum, serum antioksidan yang mencerahkan; serum Antipenuaan berbahan retinol; serum PHA, BHA,AHA yang menyeimbangkan tekstur kulit; Salicylid acid untuk membunuh bakteri penyebab bintik di wajah; dan Ferulic Acid yang membangun kolagen dan meratakan warna kulit.
  4. Pelembap dan SPF. Untuk melembapkan kulit, aplikasikan krim bertekstur ringan terlebih dahulu. Yakni, dari serum, pelembap, dan SPF. Dengan begitu penyerapan akan lebih maksimal.

Langkah Evening Skincare Rountine Terbaik Untuk 30-an

  1. Cleansing dan Eksfoliasi. Selalu bersihkan kulit dari kotoran setelah beraktivitas seharian. Kemudian lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati, sekitar 1 hingga 3 kali seminggu.
  2. Serum. Retinol anti-penuaan paling baik digunakan pada malam hari karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.
  3. Night Cream. Tujuan dari krim malam adalah untuk mendukung kulit melalui proses regenerasi dan membuatnya lebih efisien.
  4. Eye cream. Kulit daerah mata sangat sensitif. Gunakan eye cream dan pijat dengan lembut sehingga memperkuat otot-otot wajah dan mendorong produksi kolagen yang mengencangkan kulit.

*Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Loading