Sukses

Beauty

Cara Membedakan Kulit Glowing dan Kulit Berminyak dari Dermatolog

Fimela.com, Jakarta Ketika bercermin wajah terlihat bersinar dan mengkilap. Namun anehnya, bukan perasaan percaya diri dan senang yang muncul melainkan rasa insecure. Alasannya adalah kita tidak yakin seratus persen, apakah sinar di wajah adalah hasil dari kulit sehat yang glowing atau hanya kilapan kulit berminyak.

Glowing Vs berminyak menjadi kegelisahan banyak perempuan. Secara visual garis antara kulit glowing dengan kulit berminyak cukup tricky untuk diketahui. Akan tetapi, bukan berarti mereka mustahil dibedakan. Ada beberapa hal yang mencirikan kulit dewy atau berminyak.

Menurut dermatolog Carren Campbell, secara teknis istilah dewy atau glowing bukanlah istilah medis. Istilah tersebut merupakan kata yang dipopulerkan oleh media dan komunitas skincare. Maknanya sendiri adalah kulit yang terlihat bercahaya seakan memantulkan cahaya.

Jadi, hal apa saja yang menandakan kulit glowing bukannya berminyak? Simak penjelasan dari dermatolog, Carren Campbell, yang dikutip dari Verygoodlight.com.

Tanda-Tanda Kulit Berminyak

Hal pertama yang harus diingat tentang kulit berminyak adalah penting untuk mengetahui bahwa beberapa titik di wajah akan berminyak sepanjang hari. Karena itu, memahami pola minyak dikulit bisa membantu dalam menentukan skincare yang tepat untuk mengendalikan jumlah minyak.

Chambell menjelaskan bahwa setiap orang menghasilkan minyak alami yang disebut dengan sebum. Kelebihan produksi sebum akan menunjukkan kulit berminyak. Hal yang mempengaruhi produksi minyak adalah hormon yang mendorong produksi minyak.

Beberapa tanda bahwa kulit berminyak yaitu kulit terlihat licin dan  berkilau terutama pada bagian T-Zone, yakni dahi, hidung, dan dagu. Ketika mengusap wajah, akan terasa minyak di jari-jari dan kulit akan terlihat berkilau sepanjang hari.

Tanda-Tanda Kulit Glowing

Kulit yang sehat dan memancarkan sinar hanya dapat diperoleh melalui perawatan kulit yang baik. Ada beberapa tanda kulit sehat dan glowing, yakni kulit terlihat memantulkan cahaya seperti kaca, bukan terlihat berkilau atau licin.

Kulit tidak secara keseluruhan bercahaya namun terfokus pada titik-titik tinggi di wajah, contohnya hidung dan tulang pipi. Salah satu tanda lainnya bahwa kulit terlihat glowing adalah secara keseluruhan kulit terawat dan terlihat sehat.

Saran dari Dermatolog Champbell untuk memperoleh kulit yang glowing adalah eksfoliasi, eksfoliasi, dan eksfoliasi. Gampangnya, Champbell menjelaskan bahwa kulit glowing muncul dari kulit yang telah terangkat kulit matinya. Eksfoliasi disarankan dilakukan sekali seminggu dan selalu melembapkan kulit dengan pelembab untuk memperoleh kulit glowing.

Bagaimana Membedakannya Glowing dan Berminyak?

Secara umum kulit berminyak merupakan jenis kulit. Beberapa orang tidak bisa menghindar dari fakta bahwa kulit bisa berminyak karena faktor genetik yang menyebabkan kelenjar minyak terlalu aktif dan pori-pori besar. Tipe kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat karena terkontaminasi dengan kotoran. Secara visual kulit berminyak terlihat licin dan berkilau.

Disisi lain, kulit glowing merupakah hasil dari hidrasi internal dan eksternal. Artinya kulit ini diperoleh melalui serangkaian skincare rutin yang tepat dan dilakukan secara teratur. Kulit yang terawat akan meningkatkan kelembapan, pengelupasan kulit mati, dan memunculkan sinar. Jadi jelas, bahwa kulit glowing bukanlah jenis kuit melainkan hasil perawatan kulit.

Dari segi penampilan, terlihat segar dan terhidrasi. "Bersinar" adalah cara lain untuk menggambarkannya. Kilauan difokuskan pada titik-titik tertentu di mana cahaya mengenai, seperti bagian atas pipi. Kesan glowing juga dapat diperoleh dengan menggunakan makeup yang memberikan efek glossy.

Fokuskan Perawatan Kulit Pada Cleanser, Eksfoliasi, dan Hidrasi

Melansir dari Beautyhub, kualitas utama kulit glowing adalah kejernihan, kecerahan, kelembutan, dan hidrasi. Untuk memperoleh kulit glowing, kunci utamanya adalah melakukan skincare rutin yang bertujuan untuk membersihkan pori-pori secara mendalam dan menghasilkan kulit bersih dan bebas dari jerawat.

Pilihlah cleanser yang cocok untuk tipe kulit berminyak. Kemudian, lanjutkan dengan memilik produk eksfoliasi kulit dengan lembut. Sehingga kulit mati bisa terangkat merata dan mengganti sel kulit dengan yang baru. Dan terakhir, pastikan kulit terhidrasi dengan menggunakan pelembap bebas minyak.

 *Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading