Sukses

Beauty

Manfaat Licorice untuk Wajah yang Jadi Primadona Skincare

Fimela.com, Jakarta Licorice atau di Indonesia lebih dikenal sebagai akar manis sudah digunakan sebagai obat herbal dari zaman dahulu. Tumbuhan dengan nama latin Glycyrrhiza glabra ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengobati asam lambung, kerusakan gigi, dan masalah saluran pernapasan. 

Namun akhir-akhir ini bahan ektstrak licorice umum ditemukan pada produk skincare dan menjadi highlight utamanya. Kandungan yang terdapat di dalamnya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Rita Linkner dan Jennifer Chwalek, dua orang dermatologis kebangsaan Amerika dalam Byrdie seperti yang dikutip dari sciencetimes.com mengungkapkan manfaat licorice mulai dari menyamarkan noda hitam hingga mengatasi masalah penuaan.

Sahabat Fimela, berikut adalah beberapa manfaat licorice untuk kulit wajah yang perlu kamu ketahui. Yuk, cek penjelasannya di bawah ini.

Mencegah dan Menyamarkan Noda Hitam

Terdapat senyawa liquiritin di dalam licorice yang berfungsi untuk menyamarkan dan mencegah adanya noda hitam. Liquiritin bekerja dengan mengurangi kelebihan melanin–pigmen atau zat warna kulit–sehingga tidak terjadi pigmentasi berlebihan pada kulit wajah.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Senyawa licochalcone dalam licorice dipercaya mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terasa lembap, tidak berminyak dan juga tidak kering. Karena baik dalam mengontrol sebum, licorice juga digunakan pada beberapa produk untuk kulit berjerawat.

Mengatasi Masalah Penuaan Dini

Licorice juga mengandung flavonoid yang kaya akan antioksidan, dimana hal ini berarti licorice mampu mengatasi masalah penuaan dini sebab antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang seringkali memunculkan tanda-tanda penuaan pada wajah.

Itu dia manfaat dari licorice untuk kulit wajah. Tak ayal menjadikannya bahan utama dalam sebuah produk skincare. Mengetahui manfaat tersebut, jangan ragu lagi untuk memakai produk skincare dengan kandungan licorice di dalamnya. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading