Sukses

Beauty

Selain Sebagai Pelembap, Ini 8 Manfaat Shea Butter untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Apakah sahabat Fimela pernah mendengar shea butter? Jika belum, shea butter adalah salah satu kandungan yang diekstraksi dari kacang pohon shea. Dengan warna yang putih pucat atau gading, kandungan ini memberikan berbagai manfaat untuk kulit. Selain itu, shea butter berasal dari lemak pohon yang berasal dari Afrika Barat.

Dilansir dari healthline.com kandungan ini merupakan sebuah lemak yang memiliki konsentrasi asam lemak yang tinggi dan kaya akan vitamin, sehingga sering kali digunakan sebagai bahan kosmetik atau skincare yang dapat merawat kesehatan kulit. Tak hanya itu, shea butter juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat menyembuhkan berbagai luka di kulit. 

Selain digunakan sebagai pelembab, nyatanya shea butter memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Oleh karena itu Fimela telah merangkum manfaat shea butter untuk kulit yang perlu diketahui oleh sahabat Fimela.

1. Sebagai Pelembap

Shea butter sering kali digunakan sebagai pelembap karena berasal dari kandungan asam lemak shea. Kandungan ini terdiri dari asam linoleat, aleat, stearat, dan palmitat yang dapat melembabkan kulit.

Tak hanya itu, jika sahabat Fimela mengoleskan ke kulit, shea butter akan langsung menyerap karena bersifat “refatting” yang langsung memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, shea butter juga dalam melindungi kulit dari kekeringan dengan menahan kelembapan yang ada di kulit. 

2. Anti-inflamasi

Melansir dari healthline.com shea butter diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi iritasi pada kulit. Biasanya kulit bisa mengalami iritasi karena faktor lingkungan seperti cuaca kering, dengan hadirnya shea butter dapat melindungi kulit dari kekeringan yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti eksim.

3. Anti -aging

Tidak hanya memiliki kandungan yang baik untuk melembabkan kulit, shea butter juga diketahui memiliki sifat anti-aging atau anti penuaan. Dengan bentuknya yang langsung menyerap, shea butter mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat wajah tampak awet muda dan mengurangi kerutan pada kulit.

4. Mengurangi timbulnya stretch mark

Memiliki sifat sebagai pelembap dan antioksidan, shea butter dapat membantu untuk meregenerasi sel kulit baru. Melalui regenerasi tersebut shea butter dapat menghentikan fibroblas keloid yang membentuk stretch mark dan jaringan perut pada kulit.

5. Mencegah timbulnya jerawat

Shea butter merupakan kandungan yang kaya akan berbagai jenis asam lemak, kandungan ini mampu membersihkan kulit dari minyak berlebihan pada wajah (sebum). Ketika dioleskan ke wajah, shea butter dapat mengembalikan sekaligus mengunci kelembaban sehingga kulit tidak akan merasa kekeringan. Selain itu, dengan menggunakan shea butter dapat mengembalikan keseimbangan minyak pada kulit, sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat.

6. Sebagai pelindung tambahan dari matahari

Shea butter mengandung sekitar 3 hingga 4 SPF sehingga dapat melindungi diri dari pancaran sinar matahari. Meskipun tidak bisa disamakan dengan sunscreen yang lebih efektif, namun shea butter dapat menjadi perlindungan tambahan sehingga sangat efektif jika digunakan setelah pemakaian sunscreen ke kulit. 

7. Membantu menenangkan kulit dari kondisi eksim, dermatitis, dan psoriasis

Shea butter memiliki sifat yang dapat menenangkan jika kulit mengalami masalah seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Dengan sifat anti-inflamasi yang dimiliki, shea butter mampu membantu untuk menenangkan kulit sekaligus mengurangi rasa gatal.

Selain itu, shea butter juga dapat menyerap dengan cepat sehingga memiliki sistem kerja yang sama baiknya dengan krim obat yang ampuh mengobati penyakit eksim. 

8. Membantu menenangkan kulit yang terbakar

Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan shea butter dapat menenangkan luka bakar pada kulit karena mengandung minyak yang dapat mengobati luka bakar tingkatan pertama, seperti luka bakar akibat sinar matahari.

Kandungan anti-inflamasi pada shea butter dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan, serta asam lemak yang dimiliki mampu menjadi penenang kulit dengan mempertahankan kelembaban selama proses penyembuhan kulit yang terbakar. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading