Sukses

Beauty

How To: 8 Langkah Mudah Menggunakan Maskara Bagi Pemula

Fimela.com, Jakarta Maskara patut diperhatikan karena memberikan tampilan yang memukau pada mata. Bulu mata yang tebal dapat menambah rasa percaya diri kamu.

Jika kamu tahu cara mengaplikasikan maskara, kamu bisa mendapatkan tampilan itu dengan mudah. Ahli tata rias tahu bahwa satu atau dua sapuan maskara dapat memberi kamu penampilan yang memukau.

Ketika berbicara tentang maskara, masih banyak orang tidak yakin tentang langkah-langkah yang tepat. Meskipun tidak ada satu cara yang "benar" untuk mengaplikasikan maskara, ada beberapa trik ramah pemula yang dapat membuat perbedaan antara bulu mata yang menggumpal maupun bulu mata laba-laba.

Kebanyakan orang juga takut secara tidak sengaja menusuk mata mereka dengan maskara. Tetapi dengan gerakan yang tepat, kamu dapat menghindarinya. Lihat langkah-langkah tentang cara mengaplikasikan maskara dengan benar pada mata kamu.

Pilih Maskara Kesukaan Kamu

Pilih maskara yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan bulu mata Anda. Ada berbagai jenis maskara dan tongkat maskara yang tersedia di pasaran. Memilih yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan bulu mata Anda. Karena itu, langkah pertama adalah mengidentifikasi jenis dan kebutuhan bulu mata Anda. Apakah bulu mata Anda membutuhkan panjang, volume, keriting, atau yang lainnya.

  • Untuk bulu mata yang jarang, carilah maskara yang menebal atau bervolume dengan sikat bulat besar dengan banyak bulu. Anda juga dapat menemukan kombinasi primer dan formula maskara, yang sempurna untuk menonjolkan bulu mata dan menjaganya tetap sehat.
  • Jika Anda memiliki bulu mata pendek, carilah maskara yang memanjang dengan sikat yang lebih kecil dengan bulu yang tebal. Tongkat kecil akan memungkinkan Anda untuk berada sangat dekat dengan mata Anda dan memastikan Anda melapisi setiap bulu mata.
  • Jika bulu mata Anda penuh tetapi Anda ingin panjang dan tegas, pilihlah maskara yang memanjang, tetapi yang memiliki sikat panjang dengan bulu yang rata untuk memisahkan bulu mata Anda.
  • Jika bulu mata Anda tidak rata panjangnya atau rusak, periksa bahan pada maskara. Phyto-keratin dan panthenol dapat membantu bulu mata Anda tumbuh. Gunakan sikat yang lebih gemuk pada bulu mata Anda.

Anda juga dapat memilih formula berdasarkan kebutuhan situasional Anda. Maskara tahan air sangat cocok untuk lingkungan atau acara yang membutuhkan ketahanan air, seperti pantai, klub, atau bulan-bulan musim panas. Tapi hati-hati karena formula waterproof bisa mengeringkan bulu mata dan lebih sulit dihilangkan. Sebaliknya, formula non-tahan air lebih lembut pada bulu mata dan lebih mudah dihilangkan. Namun, mereka lebih rentan terhadap noda dan tidak tahan lama.

Tips Menggunakan Maskara ke Bulu Mata Bagian Atas

1. Gunakan riasan mata lainnya

Jika Anda berencana untuk memakai eyeshadow, eyeliner, atau riasan mata lainnya, gunakan sebelum Anda memakai maskara. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak mengotori maskara Anda dengan mencoba mengoleskan produk lain di sekitarnya.

Riasan non-mata lainnya, seperti alas bedak atau perona pipi, dapat dipakai kapan saja. Kebanyakan orang memilih untuk merias wajah penuh terlebih dahulu, kemudian menyelesaikannya dengan riasan mata.

2. Jepit bulu mata

Posisikan penjepit sedekat mungkin dengan pangkal bulu mata Anda tanpa mencubit kulit Anda. Tutup pengeriting dan peras dengan lembut selama sekitar 10 detik. Kemudian, lepaskan pengeritingnya. Jika Anda tidak memiliki penjepit atau terlalu takut untuk menggunakannya, gunakan ujung jari Anda untuk mendorong dan mengeritingkan bulu mata yang basah.

3. Ambil tongkat maskara

Lepaskan tongkat dari tabung maskara dengan memutar ke depan dan ke belakang alih-alih memompanya ke atas dan ke bawah. Memutar akan memungkinkan sikat untuk mengambil maskara, yang menurut kebanyakan orang sedang mereka lakukan ketika mereka memompa sikat ke dalam tabung. Apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah memaksa udara masuk ke dalam tabung, yang mengeringkan maskara

4. Lihatlah ke atas untuk mengangkat bulu mata Anda.

Anda masih harus dapat melihat diri Anda di cermin dari penglihatan tepi Anda. Jika Anda takut akan berkedip saat mendekati bulu mata dengan tongkat, buka mulut Anda. Lebih sulit untuk berkedip ketika mulut Anda terbuka lebar.

5. Letakkan tongkat di dasar bulu mata

Goyangkan sedikit ke depan dan ke belakang saat menggunakan maskara. Anda ingin sebagian besar produk dioleskan ke akar, yang akan membuat bulu mata Anda terlihat lebih panjang dan mencegahnya membebani ujungnya. Menggoyangkan juga akan membantu mengangkat dan melentikan bulu mata Anda

6. Tarik tongkat ke arah ujung bulu mata

Tarik maskara dengan gerakan zig-zag, atau goyangan kecil lainnya. Zig-zag menambah panjang dan volume, dan dapat mengurangi penggumpalan.

7. Gunakan sebanyak 2 sampai 3 lapisan

Tutupi bulu mata Anda dengan lapisan kedua. Cobalah untuk berhenti di situ--lakukan lapisan ketiga paling banyak. Semakin banyak Anda melapisi maskara, semakin besar kemungkinan maskara akan mengering di bulu mata Anda dan menyebabkan bulu baru menggumpal

8. Gunakan di seluruh bulu mata

Jangan abaikan bulu mata di bagian dalam dan luar kelopak mata Anda. Sering kali, orang menggunakan maskara hanya di bagian tengah kelopak mata mereka, yang justru bisa membuat mata Anda terlihat lebih sipit.[19] Pastikan Anda mengaplikasikannya pada bulu mata bagian dalam, tengah, dan luar.

Tips Menggunakan Maskara di Bulu Mata Bagian Bawah

1. Jangan mencelupkan tongkat maskara kembali ke dalam tabung. Cukup gunakan apa pun jika tertinggal di tongkat maskara, dan oleskan ke bulu mata bagian bawah.

2. Pastikan untuk tidak langsung berkedip setelah memakai maskara. Berikan beberapa detik hingga kering. Jika tidak, Anda akan mendapatkannya di kelopak mata atau di bawah mata Anda.

3. Letakkan sendok atau tisu di bawah bulu mata bagian bawah saat mengoleskan maskara untuk mencegah maskara mengenai wajah anda.

4. Aplikasikan maskara Anda di akar bulu mata dan angkat ke atas dan menjauh saat Anda mendekati ujungnya. Jika Anda menerapkan terlalu banyak, cukup sikat atau tarik ujungnya dengan jari Anda.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading