Sukses

Beauty

9 Langkah Makeup untuk Menutupi Bekas Jerawat

Fimela.com, Jakarta Menggunakan skincare rutin menjadi cara menuntaskan jerawat hingga bekasnya. Namun, jika ingin menyamarkannya secara cepat bisa memanfaatkan produk makeup.

Jika sahabat Fimela ingin benar-benar menutupi bekas jerawat untuk hari itu, memerlukan produk yang mattifying, full-coverage, dan tahan lama. Bisa dengan alas bedak, concealer, dan bedak ke kulitmu.

Melansir wikihow, berikut ini beberapa langkah menggunakan produk makeup untuk menyamarkan bekas jerawat

1. Memilih Produk Makeup

Sesuaikan produk makeup dengan warna kulitmu. Cocokan antara concealer, alas bedak, dan warna kulit yang akan memberi tampilan paling alami.  Caranya lihatlah pergelangan tangan bagian dalam di bawah cahaya alami untuk menentukan apakah memiliki undertone hangat, netral, atau dingin.

2. Pilih concealer matte, alas bedak cair, dan bedak tabur

Produk makeup yang menghasilkan hasil akhir matte akan secara visual melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit.  Jangan gunakan alas bedak dan bedak yang dewy di seluruh wajah, karena ini cenderung menekankan tekstur kulitmu.

3. Pilih produk yang berlabel non-comedogenic atau bebas minyak

Beberapa produk makeup dan perawatan kulit dapat menyumbat pori-pori, yang dapat memperburuk jerawat. Baca label pada produk untuk memastikan produk tersebut non-komedogenik atau bebas minyak.

4. Pilih produk yang ringan, blendable, full-coverage products

Full coverage akan menciptakan kanvas warna yang merata di seluruh wajah.  Ini akan membuat setiap lekukan kurang terlihat.  Carilah produk full coverage yang masih terasa ringan dan mudah dibaurkan di kulit. 

Produk yang menawarkan sifat pelembap atau emolien akan menyatu dengan baik tanpa meninggalkan residu kue yang kering.

Jika ingin menutupi jerawat m secara penuh tetapi cakupan yang lebih ringan di seluruh wajah, coba gunakan medium-coverage foundation atau highly pigmented tinted moisturizer.

5. Pilih formula yang tahan lamaBanyak foundation dan bedak menjanjikan cakupan "24 jam" atau "tahan lama"

Tetap dengan produk seperti ini untuk menghindari touch-up tengah hari.  Selain itu, jika mengantisipasi keringat, air mata, atau berada di sekitar air, pilih kosmetik tahan air.  Namun, jangan sering-sering memakai produk tahan air, karena dapat menyumbat pori-pori. Jika memakai produk tahan air, pastikan menggunakan penghapus riasan yang diformulasikan untuk menghilangkannya. 

6. Pilih foundation primer “pore-eliminating”

Primer makeup dan foundation primer menciptakan lapisan dasar yang seragam sehingga produk kosmetik lainnya dapat dilapisi. Banyak primer memungkinkan pemakaian yang tahan lama, dan primer yang digambarkan sebagai "tanpa pori", "menghilangkan pori", atau "menghaluskan kulit" akan membentuk tekstur kulit yang lebih halus.

Primer membantu menjaga riasan tetap pada tempatnya sehingga tahan lebih lama. Primer tidak akan benar-benar menghilangkan pori-pori tetapi malah akan mengisinya, membantu menutupi lekukan yang ditinggalkan oleh jaringan parut jerawat dan menciptakan tampilan wajah yang lebih halus untuk digunakan kosmetik.

7. Cobalah concealer yang diformulasikan khusus untuk digunakan pada bekas jerawat dan berjerawat

Cari produk yang mengandung frase seperti "breakout concealer" atau "acne concealer" pada labelnya. Ini dirancang untuk mengobati jerawat saat ini dan mencegah iritasi di masa depan.

Untuk bekas luka yang dalam, pengisi bekas luka jerawat berbasis silikon mengoleskan lapisan silikon ke permukaan kulit Anda.

8. Gunakan concealer pengoreksi warna untuk menghilangkan bintik-bintik gelap

Jika memiliki kulit terang, gunakan concealer warna peach emas. Untuk kulit medium, pilih warna peach. Jika kulit gelap, pilih korektor warna oranye gelap.

Tempelkan korektor warna pada kulit yang bersih dan lembap dan tutup dengan bedak. Ini mungkin terlihat sedikit aneh pada awalnya, tetapi setelah melapisi foundation di atas produk koreksi warna, akan melihat bintik-bintik gelap menghilang.

Jika bekas jerawat berwarna merah, pilihlah concealer berbahan dasar hijau atau kuning untuk menyamarkan warna merahnya.

9. Cobalah riasan airbrush atau foundation semprot

Perlengkapan riasan airbrush biasanya dijual dengan harga tingkat profesional dan akan memerlukan beberapa latihan sebelum mencapai hasil akhir yang sempurna dan merata. Tetapi dapat mengambil produk foundation semprot untuk mendapatkan hasil yang serupa.

Jenis produk ini memberikan wajah dewy halus secara merata di seluruh kulit, yang dapat dilapisi untuk cakupan yang sempurna.

#women for women

What's On Fimela
Loading