Sukses

Beauty

Perlukah Pakai Sunscreen di Kulit Sekitar Mata? Ini Kata Pakar Dermatologi

Fimela.com, Jakarta Penggunaan sunscreen sehari-hari baik saat beraktivitas di luar maupun dalam ruangan sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV penyebab kanker kulit. Namun sayangnya, masih banyak orang melewatkan beberapa area tubuh mereka saat mengaplikasikan sunscreen.

Area tubuh yang paling sering dilewatkan saat pengaplikasian sunscreen adalah kulit di sekitar mata, seperti kelopak dan bawah mata. Padahal area tersebut juga sangat penting untuk dilindungi oleh sunscreen.

Menurut pakar dermatologi Dr Arini Astasari Widodo, SpKK, kulit di sekitar mata paling rentan mengalami penuaan dini. Pasalnya, area tersebut memiliki jaringan yang lapisan kulit yang lebih tipis, jaringan yang lebih longgar, dan cenderung lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya.

Arini yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) pun menyarankan agar menggunakan sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit di sekitar mata.

“Biasanya kami sarankan sunscreen stick (lebih mudah diaplikasikan untuk area mata). Tapi dilihat lagi apakah sunscreen stick-nya dapat digunakan untuk area mata atau tidak,” ujar Arini dalam acara media gathering bersama Loreal di Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2022).

 

Tips Pilih Sunscreen yang Tepat untuk Area Mata

Arini mengatakan, salah satu tanda bahwa produk sunscreen yang digunakan aman untuk kulit di sekitar mata adalah bersifat toleransi jika terkena keringat.

“Yang penting sunscreen buat di bawah mata dikatakan aman kalau terkena keringat dan lain-lain kena mata itu masih tolerable,” ujarnya,

Selain mengurangi pembentukan kerutan pada kulit kelopak dan bawah mata yang tipis dan sensitif, sunscreen juga bisa membantu mencegah terbentuknya lingkaran hitam di sekitar mata.

Sementara itu, Dr. Karan Lal dari Schweiger Dermatology Group di Hillsborough, New Jersey, menyarankan cara terbaik mengaplikasikan sunscreen adalah selalu mulai dengan tangan bersih dan kering, gunakan sedikit demi sedikit, dan aplikasikan di area kecil, lalu ratakan. 

What's On Fimela
Loading