Sukses

Beauty

5 Tanda Maskara Kedaluwarsa, Stop Digunakan karena Bisa Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Bagi yang sering menggunakan riasan untuk beraktivitas, maskara pasti jadi salah satu yang nggak pernah terlewat. Produk yang satu ini berperan penting untuk menyempurnakan riasan mata agar bulu mata terlihat lentik dan cantik. Nggak heran jika sebagian perempuan berusaha mendapatkan produk terbaik yang bisa melentikkan bulu mata, terlebih seiring dengan kebiasaan menggunakan masker, mata jadi statement look yang penting untuk diperhatikan.

Namun, sudahkah kamu mengenali tanda-tanda maskara kedaluwarsa? Jika sudah menemukan beberapa tanda ini, sebaiknya stop digunakan karena berisiko menyebabkan gangguan mata yang dikenal dengan istilah blefaritis. Kondisi ini adalah peradangan di bagian kelopak mata yang dapat mempengaruhi bulu mata hingga produksi air mata. Jadi, apa saja sih tanda maskara yang digunakan sudah kedaluwarsa?

Perubahan Tekstur yang Cukup Signifikan

Tanda pertama yang bisa ditemukan pada maskara kedaluwarsa adalah terjadinya perubahan tekstur produk yang terasa saat digunakan. Jika pada maskara yang bagus, tekstur produk bisa menempel dengan baik pada bulu mata dan terasa nyaman digunakan, berbeda halnya pada maskara yang sudah kedaluwarsa.

Maskara yang sudah nggak layak pakai biasanya akan mengalami perubahan tekstur yang cukup signifikan. Misalnya saja terjadi gumpalan atau malah produk sudah nggak menempel dengan baik pada bulu mata. Jika ini yang terjadi sebaiknya coba kembali cek produk yang kamu pakai. Apakah masih layak digunakan?

Muncul Perubahan Bau yang Mengganggu

Hal lain yang bisa diperhatikan dari maskara yang sudah tidak layak digunakan adalah terjadinya perubahan bau. Bagi yang sering menggunakan produk ini, mungkin sudah paham bagaimana aroma yang keluar dari maskara baru. Nah, maskara yang sudah kedaluwarsa juga bisa dilihat dari perubahan bau yang dihadirkan.

Produk yang sudah nggak layak digunakan akan mengeluarkan bau yang berbeda, biasanya ditandai dengan aroma tidak sedap ketika dicium. Jika bau maskara sudah mulai mengalami perubahan dan mengganggu, sebaiknya stop gunakan produk tersebut ya!

Produk Mengering

Maskara memang bisa mengering karena berbagai hal, salah satunya adalah faktor penyimpanan yang wajib diperhatikan. Namun, selain itu bisa juga terjadi karena produk yang memang sudah kedaluwarsa dan nggak layak digunakan lagi. Makanya, penting banget memperhatikan kondisi produk yang dipakai.

Jika produk sudah terlihat mengering dan susah digunakan, bisa jadi tanda kalau memang sudah kedaluwarsa dan nggak layak lagi dipakai. Hindari penggunaan produk untuk mencegah masalah yang bisa mengganggu kesehatan mata, misalnya saja gatal, kemerahan, atau bahkan iritasi.

Melebihi Masa Pakai yang Seharusnya

Tahu nggak sih kalau menghitung kedaluwarsa produk makeup sebenarnya bukan pada expired date yang tertera di masing-masing produk? Tanggal ini hanya berlaku untuk produk baru. Tapi, berbeda ceritanya pada produk yang sudah dibuka dan digunakan.

Khusus maskara, masa penggunaan yang dianjurkan paling lama adalah bulan. Jika sudah melebihi jangka waktu tersebut, sebaiknya segera buang dan ganti yang baru demi menjaga agar mata tetap sehat dan cantik. Namun, jika sebelum rentang 6 bulan tersebut maskara sudah menujukkan perubahan tekstur atau bau, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Menyebabkan Iritasi

Nah, ini dia salah satu red flag yang wajib diperhatikan saat menggunakan maskara atau produk makeup lainnya. Jika produk yang digunakan mulai menunjukkan tanda-tanda kemerahan bahkan hingga iritasi, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya. Soalnya bisa jadi tanda maskara sudah kedaluwarsa lho!

Beberapa tips di atas bisa jadi panduan buat para beauty enthusiast yang sering berkreasi dengan makeup, terlebih maskara. Jika produk yang digunakan telah mengalami perubahan, sebaiknya segera hentikan penggunaan. Sayangi kesehatan mata agar bisa memancarkan kecantikan yang maksimal!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading