Sukses

Beauty

Hempas Komedo Membandel dengan 3 Cara Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat, keberadaan komedo pada wajah memang menyebalkan. Bintik berwarna hitam atau putih ini biasa terletak di sekitar hidung, dahi, dan dagu. Keberadaannya memang bisa membuat orang salah fokus. Rasanya tidak menyenangkan saat berbicara dengan orang lain namun fokus mereka pada komedo di wajah kita. 

Dilansir dari healthline, komedo adalah jenis jerawat kecil yang terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan sebum tersumbat dalam pori-pori. Penyebab lainnya termasuk konsumsi produk olahan susu yang tinggi, makanan yang banyak mengandung lemak dan gula, dan juga kondisi sekitar yang terlalu lembab. 

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo. Mulai dari cara termudah hingga menggunakan alat-alat di dokter kecantikan. Tips berikut ini adalah tipe cara yang mudah untuk Sahabat Fimela lakukan di rumah. 

Gunakan Produk Mengandung Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Dia dapat membantu kulit mengatasi peradangan juga risiko infeksi. Untuk komedo sendiri, tea tree oil bertindak sebagai penghempas sebum yang menjadi penyebab utama komedo. Selain itu kandungan dalam bahan ini juga dalam menenangkan kulit wajah. 

Pakai Masker Berbahan Charcoal

Masker dengan kandungan utama charcoal sekarang ini sangat mudah ditemukan. Kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi jerawat. Pilih jenis clay mask yang lebih efektif menghilangkan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Jenis clay mask juga membantu pengangkatan komedo lebih mudah.

Perhatikan Kandungan Berikut dalam Produk Perawatanmu

Pilih produk wajah yang diformulasikan khusus untuk mengontrol sebum dan menghilangkan masalah komedo kamu. Beberapa kandungan dalam skincare yang bisa diandalkan antara lain azelaic acid, benzoyl-peroxide, glycolic acid. salicylic acid, retinoids, dan juga sulfur. Namun pastikan juga kamu rutin mengaplikasikan sunscreen ke wajah sebab kandungan tersebut juga mengikis lapisan kulit yang membuat lebih mudah terbakar oleh radiasi matahari. Gunakan produk sunscreen SPF 30 ke atas.

Nah, sekarang komedo tidak lagi jadi masalah setelah mengetahui cara-cara mengatasinya. Sahabat Fimela bisa mulai salah satu langkah di atas. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading