Sukses

Beauty

7 Penyebab Komedo Putih di Hidung dan Cara Menghilangkannya

Fimela.com, Jakarta Komedo putih adalah salah satu jenis jerawat non inflamasi, yang biasanya muncul di area hidung, dahi, dan dagu. Komedo putih juga bisa muncul di area lengan, dada ataupun punggung. Karena area tersebut memproduksi minyak yang lebih banyak daripada area kulit lainnya.

Komedo putih bisa menyebabkan area hidung terasa sangat gatal. Hal ini disebabkan karena tumbuhnya benjolan berwarna putih yang menyumbat pori-pori. Jika komedo putih di hidung tidak segera dihilangkan, maka komedo putih dapat terinfeksi bakteri dan menjadi penyebab jerawat.

Cara menghilangkan komedo putih di hidung bisa dilakukan dengan mudah, menggunakan bahan-bahan alami yang tidak mengiritasi kulit. Berikut penyebab komedo putih di hidung dan cara menghilangkannya:

Penyebab Komedo Putih

1. Stres

Penyebab komedo putih yang pertama adalah stres. Karena stres bisa membuat produksi minyak berlebih. Jika produksi minyak berlebihan, maka minyak akan menyumbat pori-pori wajah dan mengakibatkan komedo putih muncul di hidung.

2. Jarang Membersihkan Wajah

Kebiasaan buruk sering membersihkan wajah juga bisa menyebabkan area hidung berkomedo. Hal ini disebabkan karena ada banyak debu, kotoran dan keringat yang menumpuk di wajah, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo putih di hidung.

3. Perubahan Hormon

Mengalami perubahan hormon saat haid, masa kehamilan, menyusui dan menopause. Biasanya saat mengalami perubahan hormon ini, produksi minyak di kulit menjadi terganggu. Sehingga kulit akan tampak lebih berminyak atau sangat kering. Kondisi ini sangat wajar dialami perempuan.

4. Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah perawatan wajah yang bisa membantu menghilangkan komedo putih di hidung. Tetapi kalau kamu sering melakukan eksfoliasi, kulit wajah akan mengelupas dan sel kulit mati menumpuk. Penumpukan sel kulit mati ini juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya komedo putih di hidung.

Penyebab Komedo Putih

5. Jarang Berolahraga

Jarang berolahraga bisa menyebabkan komedo putih muncul di hidung. Olahraga adalah kebiasaan baik yang bisa membantu mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh melalui keringat. Saat tubuh berkeringat, maka kotoran yang tersumbat dalam pori-pori akan keluar dan membantu menghilangkan komedo. Untuk itu, olahraga sangat penting dilakukan agar hidung tidak berkomedo.

6. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Mengonsumsi makanan yang berlemak seperti produk olahan susu, daging merah, makanan cepat saji, makanan kemasan, dan makanan yang diawetkan, bisa meningkatkan produksi kadar lemak jahat di dalam tubuh meningkat, dan produksi minyak bertambah banyak di wajah. Sehingga pori-pori akan tersumbat minyak berlebih, dan membuat hidung menjadi berkomedo.

7. Salah Menggunakan Produk Makeup

Kesalahan menggunakan produk makeup juga bisa menyebabkan komedo putih di hidung. Agar wajahmu terhindar dari komedo, sebaiknya gunakan i yang memiliki klaim non-comedogenic dan hypoallergenic. Selain itu, kalau kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakan makeup yang hasil akhirnya matte, untuk mengontrol produksi minyak di kulit.

Cara Menghilangkan Komedo Putih di Hidung

1. Air Putih Hangat

Cara menghilangkan komedo putih di hidung yang pertama, yaitu mengompres area hidung dengan air putih hangat. Karena air putih hangat bisa membantu membuka pori-pori, dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan keluar dengan sendirinya.

2. Gula dan Kopi

Perpaduan gula dan kopi bisa membantu menghilangkan komedo putih di hidung. Kedua bahan alami ini merupakan eksfoliator yang aman digunakan untuk kulit. Caranya dengan mencampurkan kopi dan gula dengan sedikit air, sehingga berbentuk pasta dan oleskan ke area hidung. Gosok pelan-pelan agar komedo di pori-pori hilang. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

3. Lemon

Komedo putih di hidung juga bisa dihilangkan dengan air perasaan jeruk lemon. Caranya sangat mudah, yaitu mengoleskan perasan jeruk lemon ke area hidung, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan ini setiap seminggu sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading