Sukses

Beauty

6 Cara Alami untuk Atasi Permasalahan Komedo yang Membandel di Area Hidung

Fimela.com, Jakarta Kemunculan komedo di hidung merupakan hal yang pastinya mengjengkelkan tetapi selalu terjadi dalam kehidupan setiap orang. Biasanya, komedo juga paling sering muncul di area hidung, dengan berupa bintik-bintik kecil berwarna hitam atau putih yang sulit dihilangkan. 

Perlu diketahui, komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang muncul ketika pori-pori atau folikel rambut di kulit kita terisi sebum atau minyak alami, kotoran, sel kulit mati, dan juga bakteri. Hal ini dikutip dari Insider pada Kamis (9/9). 

Komedo sangat rentan muncul di area hidung karena bagian wajah ini memiliki kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Namun, permasalahan komedo ini tak mudah diatasi karena komedo terletak di dalam pori-pori dan teksturnya cukup keras, sehingga tak bisa dihilangkan dengan hanya digosok saja.

Maka dari itu, Fimela.com telah merangkum dari berbagai sumber bahwa terdapat  6 bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan komedo. Berikut ulasan selengkapnya. 

Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di wajah. 

Kandungan-kandungan yang terdapat pada teh hijau ini juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan, karena kaya akan vitamin E dan dapat mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah. Maka dari itu, teh hijau ini dinilai dapat membersihkan komedo secara optimal. 

Kamu bisa melakukan 2 metode dalam menggunakan teh hijau sebagai penghilang komedo, antara lain: 

  1. Tempelkan ampas teh hijau yang sudah diseduh pada wajah selama 15-30 menit hingga ampas mengering. 
  2. Seduh teh hijau, dan diamkan hingga dingin, lalu letakkan air teh hijau tersebut dalam botol sehingga kamu bisa menyemprotkannya ke wajah atau mengoleskannya dengan kapas secara perlahan

 

Kulit jeruk

Selain bisa menggunakan jeruk, kulit jeruk juga berguna untuk menghilangkan komedo karena bagian kulit jeruk ini mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan daging buahnya. 

Selain itu, kulit jeruk juga memiliki zat antioksidan yang tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas, sekaligus juga dapat membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit. 

Cara penggunaannya: 

  1. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering
  2. Tumbuh kulit jeruk hingga halus
  3. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta
  4. Oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan dengan air
  5. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

 

Oatmeal

Oatmeal memiliki tekstur seperti scrub sehingga bisa dijadikan alternatif untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo membandel yang ada pada kulit wajahmu. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan oatmeal dengan yoghurt. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih. 

 

Lemon dan madu

Lemon mengandung banyak vitamin C dan mengandung asam alpha hidroksi (AHA) yang mampu menangkal radikal bebas yang terdapat dalam kulit. Selain itu, madu juga dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan dan juga dapat mengangkat sel kulit mati. 

Cara penggunaannya: 

Campurkan perasan lemon dengan 1 sdm madu dan 1 sdt gula.Oleskan ramuan tersebut secara merata di tempat-tempat yang terdapat komedoPijat dengan gerakan memutar, dan lakukan pemijatan tersebut selama satu hingga dua menit. Lakukan cara ini selama sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Es batu jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan zat antioksidan. Zat inilah yang akan menjadikan kulit tidak berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, serta berfungsi mencerahkan wajah sekaligus. 

Cara penggunaannya, kamu bisa memeras jeruk nipis dan campurkan dengan air. Lalu rebus campuran jeruk nipis tersebut hingga mendidih. Setelah itu, tunggu hingga mendingin, dan taruh pada cetakan es batu sehingga bisa dibekukan di dalam freezer. 

Setelah menjadi es batu, tekan-tekan daerah yang berkomedo dengan es batu jeruk nipis ini.

Scrub kopi

Cara menghilangkan komedo yang terakhir adalah dengan menggunakan scrub kopi dan gula. Gabungan dari kedua bahan alami ini bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati pada wajah, sehingga wajah menjadi halus, mulus, bersih, dan bebas dari komedo.

Kamu hanya perlu membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi dengan cara melarutkannya menggunakan air. Lalu, tambahkan 1 sdm gula pasir dalam campuran pasta tersebut. 

Gosokkan scrub secara merata pada area yang berkomedo, lalu lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

Penulis: Chrisstella Efivania

What's On Fimela
Loading