Sukses

Beauty

9 Cara Mengangkat Komedo dengan Mudah dan Tidak Membuat Iritasi

Fimela.com, Jakarta Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sering kali dialami. Komedo adalah jenis jerawat non-inflamasi, yang disebabkan karena pori-pori tersumbat sel kulit mati dan kotoran.

Komedo di wajah terdiri dari komedo putih atau whitehead dan komedo hitam atau blackhead. Komedo ini sering muncul di area hidung, dahi dan dagu yang sangat mengganggu penampilan. Jika tidak segera diangkat, maka komedo akan terinfeksi bakteri dan menyebabkan peradangan jerawat di wajah.

Cara mengangkat komedo bisa dilakukan dengan melakukan perawatan wajah secara rutin, menggunakan bahan alami atau produk skincare yang tepat. Berikut cara mengangkat komedo dengan mudah, yang dilansir dari berbagai sumber:

 

Cara Mengangkat Komedo dengan Mudah

1. Rutin Mencuci Wajah

Cara mengangkat komedo yang pertama, yaitu dengan rutin mencuci wajah di pagi hari dan menggunakan teknik double cleansing di malam hari. Kamu bisa menggunakan mencuci dan membersihkan wajah dengan kandungan salicylic acid untuk mengangkat komedo dan mengontrol produksi minyak. Sesekali gunakan facial wash yang memiliki tekstur scrub, untuk mengangkat komedo.

2. Rutin Eksfoliasi Wajah

Komedo di wajah bisa diangkat dengan melakukan eksfoliasi wajah. Saat mengeksfoliasi wajah, gunakan toner yang mengandung AHA dan BHA. Kandungan tersebut bisa membantu mengangkat komedo, membersihkan pori-pori dan mempercepat regenerasi kulit.

3. Gunakan Skincare Retinol

Untuk mengangkat komedo, kamu juga bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol, yang merupakan turunan dari vitamin A. Kandungan retinol biasanya terdapat dalam produk serum, pelembap dan toner. Selain mengangkat komedo, kandungan retinol juga bisa mengontrol produksi minyak dan menghilangkan jerawat.

Cara Mengangkat Komedo yang Selanjutnya

4. Lakukan Chemical Peeling

Cara mengangkat komedo yang selanjutnya, yaitu dengan melakukan perawatan kulit wajah dengan teknik chemical peeling. Teknik cheemical peeling ini harus dilakukan di klinik kecantikan dan ditangani oleh dokter kulit, agar wajah tidak iritasi dan tidak memicu masalah kulit lainnya.

5. Gunakan Produk Non-Comedogenic

Kalau kamu sering menggunakan makeup, usahakan untuk menggunakan produk makeup yang memiliki klaim noncomedogenic. Produk dengan klaim noncomedogenic ini tidak akan menyumbat pori-pori wajah, tidak menyebabkan jerawat dan aman digunakan untuk kulit yang berminyak.

6. Gunakan Masker Wajah

Komedo juga bisa diangkat dengan produk masker, seperti clay mask atau peel off mask. Masker wajah memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga pori-pori wajah akan lebih bersih dan bebas dari komedo.

Cara Mengangkat Komedo dengan Bahan Alami

7. Oatmeal

Bahan alami yang bisa membantu mengangkat komedo adalah oatmealOatmeal bisa membantu pengelupasan sel kulit mati, tanpa mengiritasi kulit wajah. Caranya dengan mencampur 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan minyak zaitun. Lalu aplikasikan ke kulit wajah dan diamkan selama 15 menit. Gosok wajah perlahan dan bilas hingga bersih.

8. Putih Telur

Cara mengangkat komedo yang selanjutnya adalah menggunakan putih telur. Campurkan putih telur dengan air perasan jeruk lemon. Kemudian aplikasikan ke area wajah yang berkomedo, lalu biarkan sampai mengering, angkat komedo dan bilas hingga bersih.

9. Gula

Bahan alami yang terakhir adalah gula. Gula memiliki butiran kecil yang lembut, yang bisa membantu mengangkat komedo tanpa mengiritasi kulit. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan gula dengan minyak zaitun, oleskan ke wajah yang berkomedo, diamkan selama 15 menit, gosok secara perlahan dan bilas sampai bersih.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Insomnia pada Remaja yang Perlu Diwaspadai Beserta Pencegahannya
Artikel Selanjutnya
6 Cara untuk Memulai Diet bagi Pemula