Sukses

Beauty

How to: Jangan Salah, Ini 4 Tips Memilih Warna Concealer untuk Pemula

Fimela.com, Jakarta Concealer adalah merupakan salah satu produk makeup yang berfungsi untuk menutupi bekas jerawat atau lingkaran mata yang hitam. Sama seperti bedak, memilih concealer pun harus hati-hati karena jika tidak sesuai dengan jenis dan warna kulit sahabat Fimela dapat membuat hasil makeup menjadi tidak sempurna.

Melansir dari byrdie.com mengungkapkan bahwa memilih variasi concealer yang sesuai dengan warna kulit lebih sulit, sehingga butuh sedikit pengetahuan untuk menemukan concealer yang sesuai warna kulit. Adapun formulasi concealer terdiri dari warna yang paling terang hingga paling gelap untuk menutupi dark spot di wajah.

Penata rias kenamaan New York, Katie Mellinger mengatakan banyak orang yang sering membuat kesalahan ketika menggunakan concealer yang sama dengan warna kulit mereka. Biasanya warna tersebut digunakan untuk menutupi jerawat dan lingkaran mata yang hitam, menurutnya itu tidak akan berhasil. Sebagai gantinya, ia menyarankan untuk menggunakan formula dengan warna peach atau oranye.

"Untuk di bawah mata, saya selalu merekomendasikan sesuatu dengan warna peach (untuk kulit yang lebih terang) atau warna oranye (untuk kulit yang lebih gelap). Oranye di dalam concealer akan menghilangkan warna biru di lingkaran hitam, membuat transisi yang lebih mulus ke warna kulit wajah secara umum." ungkap Mellinger.

Inilah 4 cara memilih warna concealer bagi pemula agar tidak salah yaitu;

1. Jenis concealer

Dilansir dari subtlbeauty.com concealer memiliki beberapa jenis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit sahabat Fimela, seperti:

  • Liquid concealer

Concealer berbentuk liquid ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, baik untuk kulit normal, berminyak, dan kering. Concealer bertekstur cair ini berada pada sisi yang lebih tipis sehingga dapat memberikan hasil makeup yang natural.

Concealer jenis ini sangat bagus untuk menutupi lingkaran hitam pada mata sahabat Fimela, serta noda-noda hitam, jerawat, dan bekasnya.

  • Stik concealer

Stik concealer merupakan salah satu concealer yang banyak digunakan oleh para wanita, bentuknya yang praktis sangat memudahkan pemakaiannya. Biasanya concealer yang berbentuk stik sangat cocok untuk untuk kulit kering karena dapat menghidrasi kulit.

Tak hanya itu, concealer jenis ini memiliki cakupan yang penuh, sehingga sangat ideal untuk menutupi lingkaran mata hitam atau perubahan warna yang kulit, dan noda berupa bekas jerawat atau warna kemerahan pada wajah.

  • Cream concealer

Cream concelaer pun menjadi salah satu produk yang banyak digunakan karena bentuknya yang compact dapat memberikan cakupan penuh ketika digunakan. Concealer ini mampun menyamarkan perubahan warna yang ada di wajah akrena memiliki konsistensi yang lebih tebal,sehingga concealer jenis ini mampu bekerja sama dengan bedak untuk menghilangkan perbedaan warna di wajah.

Concealer jenis ini sangat cocok digunakan jika sahabat Fimela ingin menyembunyikan bekas jerawat dan perubahan warna di kulit.

 

 

2.Ketahui jenis kulit

Sebelum memilih concealer pastikan sahabat Fimela mengetahui jenis kulit yang dimiliki, apakah itu kering atau berminyak.

  • Concealer kulit kering

Untuk sahabat Fimela yang memiliki jenis kulit kering, pastikan untuk tidak membeli concealer yang memiliki tekstur matte agar tidak membuat kulit wajah terasa kering dan crack.

Concealer yang sangat bagus untuk kulit kering adalah concealer yang dapat menghidrasi kulit seperti stik concealer yang dapat menyatu dengan bedak ketika digunakan. 

  • Concealer kulit berminyak

Sementara itu, bagi sahabat Fimela yang memiliki jenis kulit berminyak pastikan untuk memilih concealer dengan hasil akhir yang matte karena dapat mengontrol minyak berlebihan pada wajah, adapun jenis concealer-nya adalah concealer dengan tekstur cair.

3. Pilih sesuai undertone

Sebelum membeli concealer, sahabat Fimela harus memerhatikan undertone pada kulit agar tidak salah pilih. Concealer merupakan produk makeup yang berfungsi untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah sehingga pastikan sahabat Fimela mengetahui warna kulit sebelum membeli concealer.

Biasanya pada produk concealer yang dijual banyak terdapat kode seperti N, C, dan W yang menandakan warna kulit alami sahabat Fimela. Untuk mengetahui warna kulit sahabat Fimela dapat dilihat dari warna urat nadi, jika terdapat warna hijau dan biru berarti warna kulit neutral tone atau N. Sedangkan, warna hijau berarti warm tone atau W, dan warna biru berarti kulit sahabat Fimela masuk kategori cool tone atau C.

 

Pilihlah sesuai permasalahan kulit

Concealer diciptakan untuk menutupi kekurangan yang ada pada kulit wajah, seperti lingkaran mata yang hitam dan noda di wajah.

  • Lingkaran mata hitam

Jika sahabat Fimela ingin menggunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata atau sekadar mencerahkan area mata, pastikan untuk memilih concealer dengan warna satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit asli sahabat Fimela. Concealer dengan warna tersebut sangat bagus untuk menutupi lingkaran mata yang menghitam.

  • Noda di wajah

Noda pada wajah bisa berupa warna kemerahan, jerawat, dan bekas jerawat, permasalahan kulit ini seringkali dialami oleh para wanita. Untuk menyembunyikannya pastikan sahabat Fimela memilih warna concealer yang sedekat mungkin dengan warna kulit seperti warna concealer berbasis kuning.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

What's On Fimela
Loading