Sukses

Beauty

How to: 2 Metode Catok Rambut Curly Anti Gagal

Fimela.com, Jakarta Rambut diibaratkan sebagai mahkota wanita, sehingga tak heran jika kita melakukan berbagai cara agar rambut terlihat cantik dan menawan. Untuk menampilkan rambut yang cantik dibutuhkan sedikit effort, tidak hanya dari hair care yang digunakan melainkan cara sahabat Fimela stylist rambut.

Catokan merupakan alat tempur yang wajib digunakan untuk sekadar meluruskan atau membuat rambut tampil bergelombang. Dilansir dari ipsy.com untuk menggunakan catokan dibutuhkan beberapa keahlian namun sahabat Fimela dapat menguasai tekniknya dengan mudah agar tercipta gaya rambut yang diinginkan.

Pendiri Spoke & Weal, Christine Thomson mengatakan bahwa setiap catokan memiliki keistimewaannya masing-masing tergantung dengan diameter catokan tersebut. Ada beberapa jenis catokan seperti membentuk curly klasik hingga bergelombang.

Berikut beberapa alat dan produk yang diperlukan untuk mendapatkan hasil keriting yang sempurna, seperti:

  • Catokan keriting rambut: pilihlah alat catokan yang terbuat dari keramik agar tidak merusak rambut ketika digunakan.
  • Pelindung panas: gunakan produk dapat melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh panas catokan. Untuk itu, sahabat Fimela dapat menggunakan heat protection spray yang dapat membantu untuk menciptakan rambut yang sehat.
  • Sisi rambut: gunakan sisir rambut agar rambut mudah di atur.
  • Jepitan rambut: sebelum mencatok rambut sahabat Fimela dapat memisahkan rambut menggunakan jepitan, agar mudah untuk dicatok.
  • Hair spray: sesudah rambut dicatok pastikan untuk selalu menggunakan hair spray agar hasil catokan dapat tahan lama.

2 Metode yang bisa digunakan untuk curly rambut

Metode 1: curly rambut sehari-hari

Bagi sahabat Fimela yang ingin catok rambut untuk sehari-hari dapat menggunakan metode ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Keringkan rambut

Sebelum mulai mencatok, pastikan rambut benar-benar kering karena jika mencatok rambut saat keadaan basah dapat membuatnya menjadi rusak. Setelah dikeringkan, sisirlah rambut agar tidak kusut. 

2. Siapkan catokan dan produk yang digunakan

Langkah kedua adalah menyiapkan catokan dengan memanaskannya pada pengaturan yang lebih rendah agar rambut tidak terbakar dan mengalami kerusakan akibat panas yang berlebihan.

3. Gunakan hair protection

Sebelum mencatok pastikan sahabat Fimela menggunakan hair protection mulai dari bagian bawah rambut ke atas. Kemudian, gunakan jari untuk memisahkan bagian-bagian rambut serta mulaikan gunakan hair protection agar rambut terlindung dari panas catokan. 

4. Mulai curly rambut

Mulailah curly rambut dengan memegang catokan secara vertikal, kemudian mulai mencatok dari bagian atas ke bawah. Tahanlah beberapa detik, setelah itu lepaskan catokan dan biarkan dingin sebelum menyentuhnya. Ulangi proses ini sampai rambut sahabat Fimela telah dicatok semua. 

5. Sisir rambut

Setelah sahabat Fimela mencatok seluruh rambut, kemudian sisirlah untuk mendapatkan tampilan yang lebih alami, serta semprotkan hair spray agar hasil catokan dapat bertahan dengan lama. 

 

Metode 2: Gaya curly s-wave

Biasanya gaya curly s-wave seringkali dipilih sebagai gaya rambut yang mempercantik penampilan. Setelah melakukan proses catokan sahabat Fimela dapat langsung menyisir rambut untuk mendapatkan gaya curly ini. Bentuknya yang seperti gelombang pantai dapat membuat penampilan menjadi lebih menawan.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan gaya curly s-wave, seperti:

1.Sisir rambut

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan gaya rambut curly s-wave adalah dengan menyisir rambut untuk memastikannya tidak kusut. Setelah itu, gunakan hair protection agar rambut terlindung dari panas catokan. 

2. Pisahkan rambut

Setelah disisir sahabat Fimela dapat memisahkan rambut dengan menggunakan jepitan atau diikat kuncir kuda. Sahabat Fimela dapat memilih berbagai gaya untuk memisahkan rambut, kalau bisa pilihlah gaya pisahan rambut yang memudahkan sahabat Fimela untuk mulai proses catok.

3. Mulai curly rambut

Setelah rambut dipisahkan, ambil beberapa helai rambut, kemudian mulailah mencatok menggunakan catokan khusus curly agar hasilnya lebih terlihat. Pastikan sahabat Fimela tidak mengambil rambut secara banyak agar mudah untuk dicatok. Ketika dicatok diamkanlah selama 5-9 detik kemudian lepaskan untuk mendapatkan hasil catokan yang sempurna. 

4. Sesuaikan curly yang diinginkan

Setelah semua rambut telah di-curly s-wave cobalah menyisir rambut menggunakan tangan atau sisir bergigi yang lebih lebar agar hasil gelombang lebih terlihat bervolume.

5. Gunakan hair spray yang dapat melembapkan rambut

Setelah mendapatkan hasil curly yang diinginkan sahabat Fimela dapat menjaga hasil curly-nya dengan menggunakan hair spray yang dapat menghidrasi rambut. Selain memberi kelembapan pada rambut, hair spray dapat mengunci hasil curly agar lebih tahan lama. 

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading