Sukses

Beauty

3 Tips Agar Wajah Terlihat Bersih dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat tentunya menjadi impian bagi semua perempuan. Namun, dikarenakan banyaknya aktivitas dan kesibukan terkadang membuat kulit wajah menjadi kusam bahkan memiliki masalah kulit lainnya. Masalah kulit wajah tersebut dapat berupa kulit kering, jerawat, komedo, hingga noda hitam yang biasanya muncul sebagai tanda dari penuaan dini.

Tesktur kulit wajah dipengaruhi oleh elemen-elemen dari luar tubuh seperti kotoran, polusi, dan produkĀ skincareĀ yang rutin dipakai setiap harinya. Lingkungan sekitar yang banyak dipenuhi oleh polusi seperti debu dan asap dapat menimbulkan masalah-masalah baru bagi kulit wajah, seperti warna kulit yang tidak merata, munculnya tanda-tanda penuaan dini (noda hitam dan kerutan), bahkan menimbulkan resiko kanker kulit.

Selain dari luar, tekstur kulit wajah juga ternyata dapat dipengaruhi dari elemen-elemen dalam tubuh loh. Elemen-elemen tersebut dapat berupa kesehatan dan juga diet yang dilakukan. Oleh karena itu, merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan agar kulit wajah terlihat bersih dan sehat.

1. Rajin Mencuci Muka

Melansir dari manipalhospitals.com, mencuciĀ muka tidak hanya dapat membuat wajah terlihatĀ glowing, tetapi juga dapat membantu menghilangkan semua polusi, zat kimia, dan elemen lainnya yang menempel di kulit wajah selama beraktivitas sepanjang hari. Oleh karena itu, mencuciĀ muka dapat membuat kulit terlihat lebih bersih dan sehat. Berikut langkah-langkah mencuci muka yang benar agar kulit terlihat lebih bersih dan sehat:

1. HapusĀ makeupĀ menggunakan produkĀ makeup removerĀ sebelum mencuci muka.

2. Basuh wajah dengan air hangat sebelum mengaplikasikan sabun cuci muka.

3. Mulai cuci muka dengan memijat lembut seluruh bagian wajah.

4. Bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

5. Keringkan wajah dengan menepuk pelan menggunakan handuk bersih.

2. Konsumsi Banyak Air Putih dan Makanan Sehat

Minum air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kulit wajah. Mengutip dari healthline.com, terdapat studi yang membuktikan bahwa meminum banyak air putih dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda kulit kering, sehingga menghasilkan kulit wajah yang halus dan sehat. Rutinitas meminum air putih dapat dimulai dengan meminum segelas air putih saat bangun tidur.

Dehidrasi dapat menimbulkan kerutan di kulit wajah, membuat mata terlihat lebih cekung, dan menghilangkan kecerahan dari kulit wajah. Oleh karena itu, menjaga hidrasi tubuh dengan minum banyak air putih sangat diperlukan untuk membuat wajah menjadi lebih sehat dan bersih. Terdapat alternatif bagi yang tidak suka minum air putih, yaitu dengan mencoba meminumĀ sparkling water ataupun menambahkan perasa alami pada air putih.Ā 

Selain minum banyak air putih, menjaga diet dengan makanan sehat juga perlu dilakukan agar mendapatkan wajah yang bersih dan sehat. Caranya yaitu dengan banyak mengonsumsiĀ buah yang disinyalir dapat membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih baik. Mengonsumsi Omega 3 juga dipercaya dapat mencegah masalah kulit yang ditimbulkan dari pancaran sinar UV. Omega 3 dapat dikonsumsi melalui suplemen yang dapat dibeli di apotek atau toko obat terdekat.

Ā 

3. Olahraga dan Tidur yang Cukup

Mengutip dariĀ healthline.com,Ā peneltian hewan dan manusia telah membuktikan bahwa olahraga aerobik secara teratur dapat meningkatkan komposisi kulit, membuat lapisan terluar kulit menjadi lebih tipis dan menebalkan lapisan dalam kulit. Hal tersebut merupakan kebalikan dari proses penuaan, sehingga membuat kulit wajah terlhiat menjadi lebih sehat, lembut, dan lebih muda.

Selain itu, menjaga jadwal tidur yang teratur juga merupakan salah satu cara agar wajah terlihat lebih sehat dan bersih. Melansir dariĀ taylorviewdental.com, tidur selama 7-9 jam setiap hari dapat membuat wajah terlihat lebih segar dan sehat serta dapat mencegah penuaan dini. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit juga memperbaiki dirinya di malam hari ketika seseorang tertidur dengan meningkatkan peredaran darah dan produksi kolagen, sehingga dapat mengurangi noda dan kerutan pada wajah.

Ā 

4. Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Pancaran sinar UV dapat merusak DNA pada sel kulit wajah yang dapat mengakibatkan penuaan dini dan resiko tinggi kanker kulit. MenggunakanĀ sunscreenĀ setiap hari dapat mencegah hal tersebut. Batasi juga waktu beraktivitas di bawah paparan sinar matahari dan pakailah pakaian yang dapat melindungi wajah dari bahaya paparan sinar ultraviolet.Ā 

Ā 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading