Sukses

Beauty

Fimela Awards Local Beauty & Personal Care Products of The Year: Di Balik Popularitas Kualitas Wardah, Ada Definisi Meniti Sampai Sukses

Fimela.com, Jakarta Bicara soal merek kecantikan lokal, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Wardah. Merek kecantikan lokal yang mengusung konsep teknologi dan inovasi ini masih mampu mempertahankan eksistensi di tengah menjamurnya merek lokal,

Wardah ternyata lebih dari sekadar merek kecantikan, melainkan menjadi sebuah nama besar yang mendorong perempuan Indonesia untuk tampil percaya diri dengan inovasi dan teknologi yang dihadirkannya. Wardah dimulai dari sosok perempuan bernama Nurhayati Subakat yang memulai bisnis kecil-kecilan di rumahnya.

Memiliki latar belakang di bidang farmasi, Nurhayati sempat bekerja di sebuah perusahaan kosmetik terkenal di Jakarta. Karena alasan anak-anak yang sering ditinggalkannya bekerja, Nurhayati memutuskan untuk keluar dari perusahaannya dan memulai bisnisnya sendiri.

Dibantu dengan asisten rumah tangganya, Nurhayanti mencoba peruntungan dengan membuat merek kosmetik sendiri bernama Putri. Produknya dijual dengan harga dan kualitas yang kompetitif. Nurhayati tidak segan melakukan promosi produk dari pintu ke pintu dan menyasar salon pinggiran di wilayah Tangerang.

 

Tidak pantang menyerah

Merek Putri sukses mendapat respon positif dari pelanggannya hingga akhirnya dikenal oleh sejumlah salon ternama di Jakarta. Setelah lima tahun berjalan, Nurhayanti harus mengubur mimpinya untuk membesarkan Putri setelah kejadian pabrik yang terbakar. Meski terpuruk, Nurhayanti kembali mencoba peruntungan dengan menghadirkan merek baru.

Di 1995, Nurhayanti membuat produk makeup pertama kali yang menyasar muslimah. Ia melihat adanya kebutuhan makeup oleh para muslimah yang cemas akan kehalalan dari produk yang digunakan. Wardah menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut dan hadir dengan mengangkat makeup halal di Indonesia.

Tidak mudah bagi Wardah untuk bisa diterima di tengah masyarakat Indonesia. Isu menjual agama lewat makeup menjadi angin yang terus berhembus di awal kehadirannya. Namun Wardah terus berinovasi menggunakan teknologi yang juga terus berkembang hingga akhirnya dikenal seperti sekarang.

 

Kolaborasi

Semakin ke sini, Wardah tidak hanya fokus pada makeup semata. Wardah mulai melirik lini skincare halal yang juga menyasar para muslimah untuk bisa merawat kulit tanpa perlu merasa cemas. Kini, Wardah sudah banyak menghadirkan lini makeup dan skincare yang tidak hanya menyasar ke para muslimah, melainkan juga meluas ke berbagai kalangan perempuan di Indonesia.

Ini juga berkat banyak kolaborasi yang dihadirkan Wardah bersama sejumlah desainer, brand, dan kalangan artis. Wardah sendiri sadar bahwa makeup tidak pernah bisa lepas dari fashion. Hingga akhirnya, Wardah banyak mendukung merek fashion lokal untuk bisa menggelar pagelaran busana berskala nasional maupun internasional.

 

London Fashion Week

Prestasi Wardah tidak hanya berhenti di pasar lokal. Melainkan juga membuktikan eksistensinya di pagelaran fashion dunia, seperti Dubai Modest Fashion Week. Terbaru, Wardah menggandeng Klamby untuk tampil di panggung London Fashion Week.

Kisah inspirasi Wardah ini membuatnya terpilih sebagai nominasi Fimela Awards 2022 untuk kategori Local Beauty & Personal Care Products of The Year. Yuk dukung Wardah sebagai Local Beauty & Personal Care Products of The Year pilihan Sahabat Fimela. Klik di sini, untuk berikan suara dan dukunganmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading