Sukses

Beauty

Mengenal Minyak Jarak, Cara Menggunakan dan Manfaatnya untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Minyak jarak ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dalam banyak kesempatan, minyak jarak disebut-sebut dapat mencegah peradangan folikel, meningkatkan kilau, dan pertumbuhan rambut, baik itu di kepala, bulu mata, dan alis.

Tapi, ternyata minyak jarak juga bermanfaat untuk kulit. Minyak jarak sering dikenal sebagai ricinus communis, minyak nabati yang berasal dari menekan biji tanaman jarak yang ditemukan di iklim tropis, seperti Afrika Timur, India, dan Cekungan Mediterania.

Warnanya kuning jernih atau pucat, minyak jarak jauh lebih kental daripada minyak lain yang biasa digunakan untuk keperluan kosmetik dan pengobatan, seperti minyak kelapa atau minyak argan. Ini juga jauh lebih kayak vitamin E dan asam lemak daripada minyak nabati lainnya.

Tidak seperti rosehip atau argan, minyak jarak cenderung menjadi pendukung dalam formula perawatan kulit, daripada bintangnya. Ini sangat baik untuk menutrisi kulit di bibir, jadi tidak heran jika minyak jarak ditemukan di produk lipstik dan pelembap bibir.

 

Manfaat minyak jarak dan cara menggunakannya di kulit

Minyak jarak pada dasarnya terdiri dari asam lemak, yang baik untuk menutrisi dan menghidrasi kulit kering yang menua. Minyak ini juga mengandung trigliserida, yang bisa membantu kulit menjaga kelembapan.

Minyak jarak juga bertindak sebagai humektan, yang berarti ia menarik air dari udara dan menjebaknya di kulit, sehingga mencegah uap air menguap. Sebuah studi mengungkap bahwa minyak jarak mengandung asam risinoleat yang juga merupakan anti-mikroba, sehingga efektif membantu melawan dan mencegah noda dan kotoran di kulit.

Studi lain menunjukkan bahwa minyak jarak memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mereka yang memiliki masalah kulit, seperti dermatitis, eksim, rosacea, psoriasis, dan keratosis pilaris juga bisa mendapatkan manfaat dari minyak jarak. Minyak ini juga bersifat diuretik, sehingga sangat membantu meredakan bengkak.

Selain itu, minyak ini juga mengandung antioksidan tinggi untuk membantu menangkal kerusakan akibat polusi dan sinar UV. Minyak jarak aman bagi siapa saja jika digunakan dalam dosis kecil, seperti berapa persen dari formulasi suatu produk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading