Sukses

Beauty

6 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Fimela.com, Jakarta Menjaga rambut tetap sehat berarti menjaga kulit kepala. Menurut American Academy of Dermatology, merawat kulit kepala dengan baik dapat mencegah beberapa jenis kerontokan rambut dan membuat helai rambut dalam kondisi yang baik.

Dilansir dari bestlife.com, berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan kulit kepala. Penasaran?

1. Jangan terlalu sering keramas

Keramas terlalu sering daripada yang dibutuhkan rambut bisa mengeringkan kulit kepala dan rambut. Rambut sebenarnya bisa mengatur dirinya sendiri setelah beberapa saat dan tidak akan terlihat berminyak seperti yang kamu kira.

Untuk rambut normal-kering, keramas dua hingga tiga kali seminggu. Pada hari-hari tidak keramas, pastikan menyisir secara teratur untuk mendistribusikan minyak secara merata ke seluruh rambut, menbantu menjaga ujung rambut tidak kering.

Untuk rambut yang sangat kering atau rusak, keramas tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu. Karena pH air bisa mengeringkan jenis rambut ini, jadi membatasi paparan air akan membantu.

2. Gunakan produk sampo dan kondisioner yang tepat

Sangat penting menggunakan produk yang tepat untuk jenis rambut, karena secara langsung akan memengaruhi kulit kepala. Untuk rambut halus, lemas, atau berminyak, gunakan sampo non-sulfat untuk mencegah rambut kehilangan minyak alami.

Untuk kondisionernya, gunakan produk berbasis protein atau keratin untuk membantu membangun dan memperkuat rambut. Untuk rambut normal atau sedikit kering, sampo yang kaya kelembapan dan kondisioner yang menghidrasi adalah yang terbaik untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat. Sedangkan untuk rambut rusak atau sangat kering, gunakan sampo co-wash dan perawatan yang lebih berat.

 

 

3. Melembapkan kulit kepala

Melembapkan rambut tidak selalu cukup. Gunakan kondisioner yang melembapkan dan pijat ke kulit kepala, biarkan meresap selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Untuk menghindari kerontokan rambut, nutrisi kulit kepala dengan minyak alami tiga kali seminggu, seperti dengan peppermint, rosemary, dan lavender. Minyak alami ini mendorong lebih banyak folikel rambut untuk menghasilkan rambut dan menahan rambut lebih lama.

4. Hindari bahan kimia yang keras

Banyak pewarna rambut mengandung PPD tingkat tinggi, yang dikenal sebagai iritan kulit kepala. Kurangi atau jangan menggunakan produk yang mengandung silikon atau paraben, karena bisa mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan kerusakan atau kerontokan rambut. Sebaliknya, carilah produk bebas sulfat.

5. Sikat dan pijat untuk merangsang folikel

Memijat kulit kepala secara teratur membantu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kulit kepala. Memijat juga membantu melonggarkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala, mengurangi stres, dan ketegangan.

Menggunakan scrub pengelupasan kulit kepala setidaknya sebulan sekali bisa membuka pori-pori dan membersihkan secara mendalam untuk kulit kepala yang sehat. Menyikat kulit kepala juga bisa meningkatkan aliran darah ke folikel yang memelihara rambut dan kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Menjaga diet sehat dengan nutrisi yang tepat

Diet kaya protein itu penting. Pastikan untuk makan banyak bayam, telur, alpukat, dan daging merah.

Diet sehat yang mencakup banyak vitamin E dan B, nutrisi penting untuk kesehatan kulit kepala dan folikel rambut. Selain itu, biotin yang ditemukan dalam makanan seperti telur, susu, dan pisang juga bisa membantu mengatasi rambut rontok dan kuku rapuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading