Sukses

Beauty

Diary Fimela: Berawal dari Keluhan Alergi, Welly Ng Sukses Raih Penghargaan Berkat Produk Natural dan Organik

Fimela.com, Jakarta Penggunaan produk lokal kini semakin diminati oleh masyarakat. Tidak sedikit pula kalangan yang lebih memilih brand lokal ketimbang produk mancanegara lantaran kualitasnya yang tak kalah apik.

Dari banyaknya brand yang muncul dari berbagai sektor, Indonesia memiliki pelopor dalam sektor produk kesehatan dan perawatan kulit khusus anak dengan keluhan alergi, yaitu Beauty Barn Organics.

Beauty Barn Organics memproduksi perawatan kulit preventif, perawatan kesehatan dan perawatan di rumah seperti cream, lotion, essential oil, hingga body oil dari 100% bahan alami. Seluruh produk Beauty Barn Organics terbukti aman, efektif dan terjangkau untuk alergi bayi, balita, anak-anak, remaja, ibu hingga bayi. dan ibu menyusui. 

Sebagai pelopor, maka tak heran pada 13 Oktober 2022 lalu, Founder Beauty Barn Organics, Welly Ng, meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Brand Founders Awards 2022 yang diusung oleh Hypefast dan Forbes Indonesia.

Bukan tanpa sebab, terpilihnya Welly Ng adalah karena kualitas dan pelayanan yang diberikan Beauty Barn Organics membuat konsumen dengan sukarela menominasikan Welly hingga menjadi pemenang.

Di balik itu, rupanya ada perjalanan panjang dan jatuh bangun Welly Ng sebelum akhirnya sukses mengembangkan mereknya dari tahun 2012 hingga eksis sampai sekarang. Bagaimana kisah Welly dan Beauty Barn Organics? Simak selengkapnya berikut ini.

 

Berawal dari Anak dengan Keluhan Alergi

Welly memulai perjalanannya ketika anak sulungnya yang kala itu berusia 6 bulan memiliki masalah alergi sehingga memerlukan pengobatan terus-menerus yang disarankan oleh dokter anak. 

Khawatir akan efek jangka panjang dari obat-obatan tersebut, Welly mencari alternatif untuk mengatasi anaknya yang terkena alergi. Berbekal pengetahuan dari internet, Welly yang hobi melakukan aktivitas DIY (Do it Yourself) pun mulai mempelajari tentang fitoterapi dan mencoba meramu produk menggunakan semua tanaman dan ekstrak alami dari dapur pribadinya.

“Setelah saya cari tahu ternyata alergi itu bukan penyakit tetapi sebuah reaksi sistem kekebalan tubuh yang abnormal. Apalagi kalau bayi 6 bulan biasanya tubuhnya masih melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar setelah dia lahir. Nah kalau bukan penyakit seharusnya tidak perlu obat, tetapi perlu ditenangin agar bisa mengatasi sendiri dari imun tubuh anak,” cerita Welly kepada Fimela.

Butuh satu tahun lebih hingga akhirnya Welly berhasil memformulasikan produk yang tidak hanya efektif untuk mencegah kekambuhan alergi pada anaknya, tetapi juga cocok untuk iklim Indonesia. Karena 'obat buatan sendiri' terbukti efektif untuk bayinya, dia dengan senang hati berbagi dengan keluarga dan teman-temannya. 

“Karena ibu-ibu lain ini juga merasakan manfaat pengobatan alami ini pada bayi dan anak kecil merek banyak yang menyarankan aku untuk memasarkan produknya. Awalnya saya nggak mau, namun membayangkan banyak orang yang akan terbantu dengan produk saya akhirnya saya berubah pikiran, akhirnya saya mulai pasarkan Beauty Barn Organics pada September 2012 lalu di bazaar gereja saya kecil-kecilan,” papar Welly.

Sempat Diremehkan karena Produk Lokal

Kesuksesan yang dirasakan Welly tentu tidak terjadi semalam. Ada banyak tantangan  hingga kini produknya diakui dan diterima masyarakat Indonesia.

“Waktu saya pameran di Plaza Indonesia, ada orang yang sudah meletakan produk saya di kasir. Tetapi begitu dia tahu produknya buatan Indonesia, dia kembalikan lagi,” cerita Welly.

Namun, hal ini tentu tidak membuat Welly berkecil hati. Ia justru semakin tertantang untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa produk lokal tidak kalah bersaing dengan produk mancanegara.

“Sulit banget, tapi karena mereka coba dan hasilnya ada, hingga mereka rekomendasikan ke teman-temannya, itu yang membuat Beauty Barn berkembang. Jadi kami slow grow banget,” sambungnya.

Dari satu sampai tiga produk yang dihasilkan melalui dapur rumahnya, kini Welly berhasil memiliki lebih dari 40 produk kesehatan dan perawatan kulit untuk bayi yang diproduksi di pabriknya di Legok. 

Semua produk menggunakan bahan nabati berkualitas tinggi yang berasal dari sumber terpercaya dan tersertifikasi oleh BPOM. Sehingga orang tua dapat dengan percaya diri menggunakan produk untuk menjaga kesehatan anak-anak mereka. 

Selain menyediakan produk berkualitas, Beauty Barn Organics juga mengedepankan pelayanan dengan memberikan konsultasi secara gratis sebelum memutuskan untuk membeli produk mereka. 

Berdayakan Perempuan Indonesia

Beauty Barn Indonesia menjadi wahana Welly untuk dapat berkontribusi bagi masa depan Indonesia. Dengan memberikan produk kepada masyarakat, Beauty Barn tidak hanya dapat membantu anak-anak Indonesia tetapi juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, terutama untuk perempuan.

Dia percaya semua orang bisa tumbuh selama mereka diberi kesempatan untuk belajar. Melalui Beauty Barn Indonesia, Welly mampu terus menginspirasi dan menantang timnya untuk bermimpi lebih jauh, bertujuan lebih tinggi, dan mencapai yang lebih besar untuk masa depan mereka yang lebih baik.

“Mungkin karena saya female boss jadi attract-nya banyak karyawan perempuan. Karena ketidaksengajaan itu akhirnya saya buat policy yang mom friendly. Saya berusaha memberi ekstra quality time untuk pekerja perempuan dan anak. Kita memberi 2 work from home for every moms, di tempat kerja juga boleh anak, bahkan ada playground juga di kantor,” kata Welly. 

Kunci Tetap Eksis hingga Sekarang

Dari tahun 2012 hingga sekarang, Beauty Barn Organics masih eksis dan memiliki tempat sendiri di hati konsumen. Bagi Welly, salah satu kunci yang harus dimiliki pebisnis adalah ketulusan.

“Buat saya pebisnis harus tulus, konsisten, selalu hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Itu yang membuat saya bisa mempertahankan bisnis ini 10 tahun dan kedepannya,” tutur Welly. 

Dalam waktu dekat, Beauty Barn Organic akan hadir di Mother and Baby Expo dan merilis healthy kit dengan ukuran yang diperbarui agar bisa menjangkau masyarakat Indonesia lebih banyak.

“Karena dengan isu sekarang ini, saya rasa ini waktu terbaik untuk mengedukasi para orangtua bahwa sebenarnya anak nggak perlu dikit-dikit minum obat. Hopefully dengan kesempatan ini suara saya bisa didengar lagi agar anak-anak lebih sehat,” kata Welly.

Welly melanjutkan, anak-anak adalah masa depan bangsa. Sehingga menjaga kesehatannya adalah harus menjadi prioritas utama agar mereka bisa membangun bangsa ini.

“Harapan saya Beauty Barn Organics bisa berkontribusi membantu menjaga kesehatan anak-anak tanpa harus minum obat dan melihat mereka tumbuh bahagia,” tutup Welly.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading