Sukses

Parenting

Studi: Alergi Makanan pada Anak Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembangnya

Fimela.com, Jakarta Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu atau zat asing yang berlebihan. Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi umumnya, pemicu utama dari alergi adalah makanan. Alergi bisa dialami oleh anak-anak sejak ia dikenalkan dengan MPASI. Dan karena alergi ini, penelitian menemukan jika tumbuh kembang anak bisa terpengaruh. 

Mengutip dari laman liputan6.com, alergi pada anak bisa membuat tumbuh kembang anak tidak maksimal. Kenapa hal ini terjadi?

Alergi Mengganggu Tumbuh Kembang Anak

“Alergi bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan anak. Misalnya akibat reaksi alergi, anak mengalami gejala saluran cerna seperti muntah, diare, menolak minum menyusu, dermatitis atopik berat. Hal ini juga membuat penghindaran makanan," ungkap Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, dr. Endah Citraresmi.

Karena masalah alergi, anak bisa mengalami masalah kesehatan lain yang berperan besar dalam penyerapan nutrisi dan gizi di tubuh anak. Alergi yang menyebabkan gangguan cerna bahkan bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih berbahaya ke anak. Tak hanya itu saja, anak yang kekurangan nutrisi bisa mengalami masalah perkembangan. 

Agar anak dengan kondisi alergi bisa tetap mendapat nutrisi terbaik, penting bagi orangtua untuk lebih hati-hati dan jeli dalam memberikan aneka makanan ke anak. Orangtua bahkan dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan serat anak dengan lebih baik demi mencegah masalah pencernaan yang lebih serius pada anak.

Apa Saja Kebutuhan Nutrisi Anak?

Ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak selama tumbuh kembangnya apalagi untuk anak usia emas yakni di bawah lima tahun. Beberapa nutrisi penting yang harus terpenuhi dengan baik antara lain adalah lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, Vitamin D, Vitamin E dan vitamin lainnya. Anak juga mendapat asupan nutrisi yang mengandung antioksidan demi meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. 

Berikan anak buah, sayur, ikan, susu, daging, telur dan aneka makanan sehat lainnya dalam kesehariannya. Jangan lupa untuk memastikan anak memiliki asupan air putih dan istirahat cukup. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading