Sukses

Beauty

5 Manfaat Minyak Almond untuk Kulit dan Rambut agar Sehat

Fimela.com, Jakarta Minyak almond adalah minyak alami yang terbuat dari ekstrak kacang almond. Seperti yang kita tahu, jenis kacang-kacangan yang satu ini kaya akan nutrisi dan manfaat untuk tubuh, begitupun dengan minyaknya. Tak ayal kita sering mendapati minyak almond pada daftar komposisi produk kecantikan maupun obat-obatan. 

Lebih dikerucutkan lagi, kali ini kita akan mengintip manfaat dari minyak almond untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan antioksidan di dalamnya yang berlimpah sudah tidak diragukan lagi pasti memberi kebaikan untuk kulit. Cocok sekali buat Sahabat Fimela yang sering beraktifitas di luar ruangan sehingga banyak terpapar radikal bebas. 

Dilansir dari situs verywellhealth, ini dia manfaat dari minyak almond yang bisa kamu peroleh untuk mendapatkan kulit dan rambut yang cantik dan ternutrisi.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Minyak almond dipercaya dapat menghidrasi kulit, melembapkan, sekaligus menghaluskan kulit. Penelitian juga menunjukkan bahwa krim yang mengandung minyak almond dapat membantu menghilangkan dermatitis ringan. Selain itu minyak almond juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit terbakar, perih, kemerahan, dan kulit gatal. Beruntungnya dibandingkan dengan bahan alami lain minyak almond terbilang cocok dengan semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Namun begitu untuk berjaga-jaga bagi kamu pemilik kulit sensitif bisa terlebih dahulu mengaplikasikan minyak almond ke bagian kecil tangan untuk mengetes reaksinya. 

Mengurangi Bekas Luka pada Kulit

Kamu tidak perlu khawatir lagi jika sedang dalam penyembuhan luka pada kulit, sebab menggunakan minyak almond dapat membantu menyamarkan bekasnya. Bekas luka dari jerawat juga bisa dipudarkan dengan minyak almond sekaligus menenangkan kulit. Hal tersebut terjadi sebab dalam minyak almond terdapat sifat anti inflamasi yang dapat membantu mencegah timbulnya bekas pasca luka. 

Mengurangi dan Mencegah Stretch Mark

Biasanya stretch mark muncul setelah melahirkan akibat kulit yang mengalami perubahan secara signifikan dalam waktu yang cepat yakni peregangan kulit perut saat hamil. Tidak jarang pula menyebabkan para Ibu tidak percaya diri lagi dengan penampilan tubuhnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak almond dapat mengurangi tampilan stretch mark sekaligus mengencangkannya. Selain itu dengan mengoleskan minyak almond saat hamil dapat mencegah timbulnya strecth mark di kemudian hari.

Mengatasi Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar UV

Seperti kita ketahui bahwa paparan UV dari matahari dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Salah satu yang paling ketara adalah timbulnya tanda-tanda penduaan. Namun Sahabat Fimela tenang saja, kandungan vitamin E pada minyak almond dapat mengurangi kerusakan sel dan mencegah penuaan dini yang disebabkan paparan sinar UV. 

Menyehatkan Rambut

Minyak almond selain bermanfaat untuk kulit juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tanpa melihat jenis rambutmu, dengan menambahkan minyak almond ke dalam daftar bahan perawatan rambut bisa membuat rambutmu tampak lebih berkilau dan sehat. Kandungan asam lemak baiknya yang kaya membuat minyak almond dapat melembapkan rambut. Beberapa masalah rambut lain seperti rambut rontok dan ketombe bisa diatasi juga dengan minyak almond. Aplikasikan minyak almond ke kulit kepala yang bersih dan pijat perlahan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih, atau kamu juga bisa mencampurkannya dengan sampomu. 

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Sahabat Fimela sudah tidak perlu meragukan lagi manfaat dari minyak almond. Jika mempunyainya di rumah, bisa segera mengaplikasikannya ke kulit atau rambut untuk rasakan manfaatnya. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading