Sukses

Beauty

5 Resep Masker Alami Berbahan Dasar Madu

Fimela.com, Jakarta Merawat kulit wajah terkadang menjadi pekerjaan sulit dengan banyaknya produk yang dijual di toko disekitar kamu. Dengan begitu banyak bahan kimia yang berbeda, sulit untuk memahami apa yang aman untuk kulit wajah. Salah satu bentuk perawatan wajah yang bisa kamu lakukan di rumah adalah menggunakan masker.

Saat memikirkan rutinitas perawatan kulit wajah, masker madu mungkin bukan produk pertama yang terlintas di benak dan pikiran kamu. Padahal madu adalah bahan alami yang baik untuk kesehatan, termasuk kulit.

Penggunaan madu sering dimanfaatkan untuk merawat kulit, mulai dari kulit kering, kusam, hingga berjerawat. Selain itu, madu bisa bermanfaat sebagai pelembab alami yang menyerap kelembaban dari udara dan membuat kulit halus dan lembab.

Dilansir dari shoprootscience.com dan mindbodygreen.com, akan memberikan manfaat madu sebagai perawatan wajah hingga resep masker wajah dengan bahan dasar madu yang bisa kamu buat dan praktekkan di rumah agar kamu bisa mendapatkan kulit wajah glowing dan lembab dalam waktu singkat

Manfaat madu sebagai perawatan wajah

Madu mungkin tampak seperti bahan yang sederhana, tetapi jauh lebih kompleks dan serbaguna daripada pemanis biasa. Hal ini dikarenakan, madu mengandung banyak khasiat yang bermanfaat bagi kulit, diantaranya adalah:

1. Madu membersihkan kulit dengan lembut

Sifat madu yang lembut namun efektif membuatnya menjadi pembersih yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi membuat madu menjadi pembersih ampuh yang membantu membuka pori-pori yang tersumbat, secara efektif mengurangi munculnya noda.

2. Madu mengeksfoliasi kulit dengan lembut

Enzim dalam madu bekerja sebagai exfoliator yang lembut, membantu mengangkat sel kulit mati, yang membuat kulit terlihat bersih, halus, dan bercahaya. Ini juga dapat berfungsi sebagai agen klarifikasi untuk membersihkan pori-pori, mengurangi munculnya komedo.

3. Madu menenangkan kulit sensitif

Madu memiliki sifat menenangkan alami dan sangat menenangkan saat dioleskan. Studi bahkan menunjukkan bahwa madu dapat membantu memudarkan tampilan bekas jerawat yang mengganggu.

4. Madu untuk dapatkan cahaya alami

Penggunaan masker wajah madu secara konsisten membuat kulit bercahaya. Aktivitas antioksidan yang mengesankan dalam madu adalah sahabat pelindung kulit. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan berperan dalam mendukung penampilan kulit yang sehat. Dengan manfaat pelembab alami dan menenangkan kulit, masker wajah madu mentah dapat membantu melindungi dan memulihkan kulit.

5 Resep masker madu

1. Cerahkan wajah dengan masker kunyit, madu, dan lemon

Kunyit dan lemon luar biasa untuk mencerahkan kulit. Kunyit (dan bahan aktifnya, kurkumin) memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup dan sempurna untuk memudarkan bintik hitam.

Untuk membuat masker ini, campurkan 1 sdm. raw honey atau Manuka, 1 sdt. kunyit bubuk, dan ½ sdt. jus lemon. Oleskan dan biarkan selama 10 menit atau sampai masker mulai mengeras, lalu bersihkan dengan air hangat.

2. Lembabkan kulit wajah dengan masker madu dan minyak zaitun

Menambahkan minyak alami ke masker madu tidak hanya dapat membantu mengatasi lengket dan mengaplikasikan madu, tetapi minyak alami adalah emolien yang mengandung asam lemak tingkat tinggi, yang melembabkan dan menenangkan kulit.

Minyak zaitun sangat baik untuk kulit kering dan juga mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin E. Cukup campurkan keduanya hingga tercampur, lalu diamkan selama 20 menit.

3. Exfoliasi dengan masker yogurt dan madu

Yogurt penuh dengan asam laktat, exfoliator kimia yang disetujui untuk kulit sensitif yang dengan lembut mengelupas sel kulit mati dengan mudah. Saat kamu menambahkan madu ke dalam campuran masker, masker menjadi lebih lembut dan menghidrasi.

Cukup campurkan 1 sdm. oatmeal yang ditumbuk halus, 1 sdt. raw honey atau Manuka, dan 1 sdt. yogurt susu penuh lemak atau nondairy. Aduk sampai membentuk pasta, lalu oleskan dan biarkan selama 15 menit.

4. Masker madu dan alpukat untuk hidrasi kulit

Kulit wajah yang kering memang menjengkelkan. Selain itu, kulit wajah paling sering terpapar debu dan kotoran membuat kulit mudah kusam, kering, dan dehidrasi. Dapatkan kulit wajah dan lembab dengan perawatan wajah alami ini.

Campurkan 2 sdm. madu, 2 sdm. alpukat yang sudah dihaluskan, 2 sdt. minyak zaitun, dan 1 sdt. mangga yang sudah dihaluskan. Setelah mencampur semua bahan, oleskan pada kult wajah yang sudah bersih. Diamkan hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air.

5. Memutihkan kulit wajah dengan masker susu dan madu

Memiliki kulit wajah yang putih, bersih dan terawat tentu menjadi impian dari setiap wanita. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami susu dan madu yang bisa kamu temukan di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang kamu inginkan.

Cukup campurkan 2 sdm susu segar dan 1 sdm madu dan oleskan masker madu susu yang telah jadi secara merata ke kulit wajah. Pijat-pijat masker dengan jari tangan secara lembut. Diamkan kira-kira selama 10 menit. Bilas kulit wajah dengan air bersih.

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading