Sukses

Beauty

6 Tips Memakai Lipstik Matte agar Tidak Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Saat ini lipstik matte banyak digemari perempuan. Warnanya yang intens membuat warna asli bibir tertutupi dengan sempurna. Selain itu lipstick matte yang bebas kilap membuat lipstick ini cenderung tahan lebih lama.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki lipstik matte bukan berarti lipstik ini tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan lipstick matte yang sering dielukan banyak perempuan adalah lipstick jenis ini cenderung membuat bibir mereka kering dan pecah-pecah. Hal inilah yang nanti akan menyebabkan tampilan lipstikmu terlihat menggumpal dan garis-garis di bibir terlihat semakin jelas.

Untuk mencegah agar tampilan lipstik mattemu tidak menggumpal sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Lakukan Eksfoliasi pada Bibir

Pernahkah kamu saat menggunakan lipstick matte namun hasilnya terlihat patchy? Jika ya mungkin kamu lupa untuk mengeksfoliasi bibir. Selain wajah bibir juga perlu dieksfoliasi. Eksfoliasi bibir berfungsi untuk mengangkat kulit mati pada bibir sehingga bibir jadi tidak pecah-pecah dan lembap. Jika tekstur bibirmu halus dan lembap, maka pengaplikasian lipstick matte jadi lebih mudah. Lipstik matte akan menempel sempurna pada bibirmu dan hasilnya juga tidak akan menggumpal.

Saat mengeksfoliasi pastikan kamu melakukannya dengan lembut dan perlahan. Selain menggunakan produk lip scrub, kamu juga bisa membuat scrub bibir sendiri dirumah. Kamu bisa menggunakan campuran gula dan madu lalu kamu gosokkan perlahan pada bibirmu. Butiran gula akan bantu mengangkat kulit mati pada bibirmu sedangkan madu membuat bibirmu lebih lembap.

2. Pakailah Lip Balm Sebelum Menggunakan Lipstik Matte

Hal yang sangat penting sebelum kamu mengaplikasikan lipstick matte adalah menggunakan lip balm. Bibir yang kering dan pecah-pecah akan membuat lipstick mattemu menggumpal. Oleh karena itu kamu membutuhkan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir agar bibirmu tidak kering. Selain melembapkan, lip balm juga bisa buat bibirmu lebih halus sehingga lipstick mattemu lebih mudah menempel serta tampilannya jadi lebih halus.

3. Gunakan Lip Primer Jika Perlu

Selain menggunakan lip balm, sebelum menggunakan lipstick matte kamu bisa menggunakan lip primer. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan lip balm, menggunakan lip primer akan membuat bibirmu jadi lembap maksimal. Selain melembapkan, lip primer juga bantu membuat warna lipstick menjadi lebih menyala pada bibirmu sehingga tampilan lipstik matte jadi lebih on point. Lip primer juga sangat direkomendasikan untuk kamu pemilik bibir gelap. Hal ini dikarenakan lip primer dapat bantu menyamarkan garis halus pada bibir dan membuat tampilan lipstikmu terlihat lebih merata.

4. Pilih Lipstik Matte yang Tepat

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus memilih lipstik matte dengan formula yang tepat. Walaupun lipstick matte cenderung mengeringkan bibir tapi tidak semua lipstick matte memiliki formula yang sama. Ada beberapa lipstick matte yang menambahkan bahan pelembab di dalamnya agar bibirmu tidak cepat kering. Untuk itu sebaiknya kamu pilih lipstick matte yang mengandung pelembab seperti jojoba oil atau vitamin E untuk menjaga bibirmu agar tetap lembap.

5. Jangan Menggunakan Lipstik Matte Terlalu Banyak

Agar lipstikmu tidak menggumpal, aplikasikanlah lipstick matte secukupnya. Jangan menggunakan lipstick matte terlalu tebal karena hanya akan membuat lipstick matte jadi menggumpal dan membuat garis bibir terlihat lebih jelas.

6. Tepuk-tepuk Menggunakan Tissue

Setelah selesai memulaskan lipstick matte secara merata pada bibirmu langkah akhir yang kamu lakukan adalah tap tap bibirmu menggunakan tissue. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek lipstick yang terlalu tebal sehingga tidak mudah crack. Selain itu, cara ini juga dilakukan agar tampilan lipstikmu terlihat lebih natural.

Itulah beberapa tips memakai lipstick matte agar tidak mudah menggumpal. Semoaga penjelasan diatas dapat bermanfaat untukmu ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading