Sukses

Beauty

5 Waktu Terbaik untuk Menggunakan Body Lotion agar Kulit Lembap Maksimal

Fimela.com, Jakarta Saat tidak terhidrasi dengan baik kulit akan menjadi kering, kusam, dan rentan mengalami tanda-tanda penuaan dini. Penelitian mengatakan 64% kulit terbuat dari air yang berarti tidak akan bekerja pada kapasitas maksimumnya ketika kehilangan tingkat kelembapan normalnya. Oleh karena itu menggunakan body lotion atau jenis pelembap lainnya menjadi kunci penting untuk melembapkan dan menutrisi kulit agar lembut dan kenyal. Dermatologi mengatakan rutin menggunakan pelembap akan membuat kulit terhindar dari risiko peradangan dan berbagai penyakit kulit.

Ada banyak jenis body lotion yang memberi banyak manfaat selain melembapkan seperti menjaga dari sinar matahari, menutrisi, dan lainnya. Untuk mendapat hasil maksimal kamu harus tahu kapan waktu terbaik menggunakan body lotion. Melansir dari Glam, berikut penjelasannya.

 

1. Oleskan Sebelum Olahraga

Tidak banyak orang yang memikirkan kelembapan kulit saat akan berolahraga, namun keringat yang dikeluarkan saat olahraga akan membuat kulit dehidrasi. Untuk itu, penting untuk melapisi kulit dengan lotion sebelum mulai olahraga. Lotion akan bekerja menjadi penghalang kelembapan kulit dan membantu menahan air dengan melembabkan tubuh. Jangan lupa untuk mandi setelah olahraga untuk membersihkan keringat dan penumpukan produk pada kulit. Gunakan kembali lotion setelah mandi.

2. Gunakan Setelah Eksfoliasi

Menggunakan pelembap setelah proses eksfoliasi adalah suatu keharusan. Eksfoliasi yang bekerja mengelupas kulit mati bisa menghilangkan kelembapan kulit. Penggunaan lotion setelah eksfoliasi berguna untuk menenangkan lapisan kulit atas.

3. Aplikasikan Sebelum Penerbangan Panjang

Udara kabin pada saat perjalanan udara memberi tekanan yang membuat kulit menjadi kering dan berbahaya untuk penderita eczema. Tak hanya itu, bahkan berisiko membuat kulit berjerawat karena produksi minyak menurun. Untuk itu, menggunakan body lotion dengan SPF sebelum mulai penerbangan sangat penting untuk hidrasi kulit. Walaupun tidak terkena sinar matahari langsung, radiasi sinar UV saat berada dalam pesawat juga berbahaya.

4. Setelah Mandi Air Panas

Mandi air panas, berendam, atau sauna membuat kulit menjadi kering dan gatal pada beberapa orang. Untuk mengisi kembali kelembapan kulit, gunakan lotion setelah mandi air panas. Pori-pori kulit yang terbuka setelah mandi dengan air panas membuat penyerapan lotion tubuh lebih maksimal. Dermatologi menyarankan untuk mengoleskan lotion saat tubuh setengah kering.

5. Sebelum Tidur

Malam hari adalah waktu tubuh beristirahat sehingga kulit dapat menyerap produk perawatan dengan baik dan maksimal. Saat tidur kulit akan kehilangan sebagian besar kandungan air sehingga akan terbangun dalam keadaan kulit kering. Untuk itu oleskan lotion sebelum tidur agar bangun tidur kulit terasa lembap dan lembut.

Kelembapan kulit juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu maksimalkan perawatan kulitmu dan jaga gaya hidup sehat untuk tubuh dan kulit sehat.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading