Sukses

Beauty

Dapatkan Kulit Sehat dan Cerah dengan Memakai Masker Tomat

Fimela.com, Jakarta Banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, berkilau, dan cerah, tidak sedikit dari mereka merogoh uang yang tidak sedikit untuk perawatan wajah di klinik kencantikan. Nyatanya, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang mulus dan cerah hanya dengan menggunakan bahan alami yang bisa kamu temui di rumah, yaitu dengan buah tomat.

Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E serta zat besi dan potassium yang memberi banyak manfaat untuk menutrisi kulit. Kandungan antioksidan lycopene dan vitamin yang tinggi membuat tomat sangat baik untuk kulit. Manfaat tomat untuk kulit antara lain mencerahkan dan mengencangkan kulit, mengurangi jerawat dan komedo serta anti penuaan.

Bahkan saat ini sebagian besar merek dan produk perawatan kulit komersial menggunakan ekstrak tomat dalam produknya. Dilansir dari bebeautiful.in dan bespotted.org, yuk kita kenali manfaat dan cara mudah memakai masker tomat agar praktis dan dapat memberikan kulit perawatan ekstra dengan cara mudah dan murah. 

Manfaat Tomat pada Kulit Wajah

Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Produksi minyak yang berlebihan menjadi tantangan utama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini juga dapat menghambat penampilan serta mempersulit tampilan makeup untuk melekat maksimal. Jika kamu lelah dengan permasalahan minyak berlebih pada wajah, cobalah cara alami dengan memakai masker tomat.

Mengangkat Sisa Kulit Mati

Penumpukan kotoran, minyak, polusi, dan hal-hal berbahaya lainnya dari faktor luar dapat terjadi pada permukaan kulit. Hal ini membuat kulit tampak kusam dan tidak prima seiring waktu. Pembersihan rutin saja tidak cukup untuk menghilangkan kotoran ini karena masih ada saja sisa polutan yang terjebak ke dalam pori-pori kulit. Enzim dalam tomat secara ringan dapat mencerahkan kulit dengan mengangkat lapisan atas sel kulit mati.

Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat adalah masalah umum di kalangan remaja dan orang dewasa dengan gangguan hormon. Tomat mengandung bahan pembersih yang dalam dan seperti yang disebutkan di atas, tomat juga mengoreksi tingkat pH kulit, oleh karena itu dapat mencegah timbulnya jerawat dan meminimalkan peradangan pada jerawat dengan sangat baik.

Mencerahkan Kulit

Manfaat tomat dapat membantu memperbaiki masalah kulit kusam dan warna kulit yang tidak merata. Kaya akan vitamin C, E, dan beta karoten, khasiat tomat dapat meratakan warna kulit serta mencerahkan kulit secara alami.

Menunda Tanda-Tanda Penuaan

Tinggal di kota dengan tingkat polusi yang tinggi dapat mengganggu kesehatan kulit dalam berbagai cara. Selain membuat kulit terlihat kusam, hal ini juga dapat menyebabkan penuaan dini. Tetap terhidrasi dan makan sehat itu penting, menggunakan produk dan bahan yang melawan tanda tanda penuaan juga sama pentingnya. Tomat dikemas dengan vitamin B kompleks yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan dini.

Mengencangkan Pori-Pori

Pori-pori besar dan terbuka membuat terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Pori-pori terbuka menarik kotoran, debu, dan polusi yang kemudian bercampur dengan minyak kulit yang menyebabkan berjerawat. Tomat bekerja sebagai zat alami yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi munculnya jerawat.

Meredakan Iritasi Kulit

Bahan-bahan tertentu dalam produk riasan dan perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi kulit dan penggunaan produk anti-jerawat secara berlebihan juga dapat menyebabkan kulit berjerawat. Salah satu manfaat tomat adalah kaya akan senyawa anti-inflamasi yang mampu meredakan iritasi dan menenangkan kulit.

Cara Memakai Masker Tomat

Masker Tomat untuk Kulit Wajah Berminyak

Bahan:

  • 1 sendok makan bubur tomat
  • 1 sendok makan madu

Haluskan tomat dan ambil 1 sendok makan bubur untuk masker ini. Campur bubur tomat dengan madu untuk mendapatkan pasta yang halus, sisihkan. Kemudian, cuci muka dan oleskan masker ke kulit yang lembap. Biarkan selama sekitar 10 menit. Cuci masker dengan pembersih wajah yang lembut dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa, oleskan pelembap wajah yang ringan.

Masker Tomat untuk Kulit Wajah Kering

Bahan:

  • 1 sendok makan bubur tomat
  • 2 sendok teh santan (atau susu biasa)
  • 1 sendok makan minyak kelapa

Lelehkan minyak kelapa, kemudian tambahkan santan dan bubur tomat. Campur semuanya dengan baik hingga merata. Kemudian,  oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah yang bersih. Berikan sedikit pijatan dengan gerakan memutar ke arah atas, lalu biarkan selama 5–10 menit. Lalu, cuci masker dan keringkan permukaan kulit. Selanjutnya, segera oleskan krim pelembap.

Masker Tomat untuk Kulit Wajah Kusam dan Dehidrasi

Bahan:

  • 2 sendok teh bubur tomat
  • 1 sendok makan timun yang sudah diblender
  • 1 sendok teh almond oil

Haluskan tomat dan timun, lalu ambil satu sendok untuk digunakan sebagai masker. Campur bubur tomat, bubur mentimun, dan minyak almond manis menjadi satu. Cuci muka dan oleskan lapisan tipis masker dengan bola kapas. Jika masker mengering, cukup oleskan lapisan lain. Biarkan selama 10–15 menit. Kemudian cuci bersih dan gunakan pelembap wajah.

Masker Tomat untuk Kulit Wajah Berjerawat

Bahan:

  • 1 sendok makan bubur tomat
  • 1 sendok teh jus lemon segar
  • 2 – 3 sendok teh tepung oatmeal

Aduk rata bubur tomat dan jus lemon. Tambahkan tepung oatmeal secukupnya untuk mendapatkan konsistensi yang tepat, jangan terlalu encer dan tidak terlalu kental. Campur semuanya dengan baik. Cuci wajah dan eksfoliasi menggunakan scrub wajah yang lembut. Oleskan masker tomat dalam lapisan yang tebal dan rata. Biarkan selama 10–15 menit. Cuci masker dan oleskan pelembap wajah yang cocok untuk jenis kulit.

Masker Tomat untuk Mencerahkan Kulit

Bahan:

  • 1 sendok makan bubur tomat
  • 2 sendok teh yogurt kental

Masukkan bubur tomat ke dalam mangkuk kecil, tambahkan yogurt dan aduk rata. Saat masker sudah diaduk dengan rata dan halus, oleskan ke wajah yang bersih dan biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas bersih dengan air dingin dan oleskan pelembap wajah.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading