Sukses

Beauty

Perawatan Rambut yang Perlu Dilakukan Setelah Keramas, biar Nggak Mudah Rontok dan Patah

Fimela.com, Jakarta Rambut yang indah dan sehat jelas nggak bisa diperoleh secara instan. Mengingat rambut dianggap sebagai ‘mahkota’, berbagai langkah perawatan pun harus dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan bebas masalah yang bisa mengganggu penampilan. Tapi, sudah tahukah kamu kalau perawatan rambut yang tepat sebenarnya dimulai setelah keramas?

Yup, rambut sebenarnya berada dalam kondisi paling rentan ketika dalam keadaan basah. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan yang tepat untuk mencegah rambut patah maupun rontok yang dimulai setelah keramas. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Hati-hati dalam Menyisir Rambut Basah

Saat baru keramas, rambut biasanya akan jadi kusut dan nggak beraturan yang bikin gemas untuk merapikannya. Namun, perhatikan tata cara menyisir rambut yang tepat jika tidak ingin mengalami kerontokan.

Yup, menyisir rambut yang kusut saat basah jadi salah satu faktor pemicu kerontokan. Rambut yang lebih berat karena menyerap air kemudian tertarik oleh sisir menjadi salah satu hal yang menyakiti rambut, lho. Jika memang ingin merapikan rambut yang kusut, sebaiknya gunakan sisir dengan gigi jarang dan lakukan secara perlahan untuk mencegah rambut tertarik dan rontok.

Hindari Menggosok Rambut Terlalu Kasar dengan Handuk

Ternyata cara mengeringkan rambut dengan handuk juga perlu diperhatikan, lho. Sebagian dari kamu mungkin ingin rambut segera kering setelah keramas yang membuatmu jadi menggosok rambut dengan kasar menggunakan handuk. Eits, ternyata ini jadi salah satu faktor penyebab rambut mudah patah dan rontok.

Gesekan yang terjadi saat menggosokkan rambut terlalu kasar bisa menyebabkan batang rambut jadi rapuh hingga patah. Jadi, penting untuk mengeringkan rambut secara perlahan dan gunakan handuk lembut untuk menjaganya tetap sehat.

Gunakan Serum atau Minyak Alami untuk Melembapkan Rambut

Lakukan perawatan rambut setelah keramas dengan rutin menggunakan serum atau minyak alami seperti almond oil. Kedua jenis produk ini dapat membantu menutrisi dan menjaga kelembapan rambut dengan maksimal. Selain itu, manfaat produk ini juga dapat melindungi rambut dari kerusakan sehingga terlihat lebih sehat.

Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Melakukan hair styling dengan hair dryer atau catokan memang bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik secara instan. Namun, hal ini dapat menyebabkan rambut jadi frizz, patah, hingga mudah rontok.

Jika memang harus melakukan styling rambut, biarkan rambut kering secara alami hingga 80%. Selanjutnya kamu dapat menggunakan hair dryer atau alat styling lainnya dengan terlebih dulu memberikan serum yang dapat melindungi rambut dari kerusakan.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan rambut setelah keramas dan menjaganya tetap sehat. Yuk, mulai lakukan sendiri di rumah!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading