Sukses

Beauty

Kamu Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Masker Madu untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai jenis perawatan wajah yang biasa dilakukan. Mulai dari membersihkan wajah menggunakan sabun muka, menggunakan pelembab, hingga menggunakan masker.

Masker pun ada berbagai macam jenisnya. Beragam jenis masker ini disesuaikan dengan tujuannya. Ada masker yang bertujuan untuk membersihkan pori-pori wajah, ada pula masker yang ditujukan untuk melembapkan dan memberi nutrisi pada wajah. Masker juga terkadang dibedakan berdasarkan kandungan di dalamnya. Ada masker yang mengandung berbagai bahan alami, seperti buah-buahan.

Namun ada pula bahan alami yang bisa dijadikan masker. Salah satunya adalah madu. Madu memang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk wajah namun juga untuk tubuh. Maka tidak heran jika madu dijadikan sebagai masker.

Lalu apa saja manfaat masker madu untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

1. Memberikan Kelembapan pada Wajah

Manfaat masker madu yang pertama adalah dapat membuat kulit jadi lebih lembab. Terdapat kandungan humektan pada madu, dapat merawat kulit kering hingga mengelupas. Selain itu, zat pemanis pada madu pun juga dapat menjaga kelembaban kulit wajahmu dan membuat kulit tetap elastis dengan tektur yang kenyal dan sehat.

2. Mencerahkan Wajah

Bagi kamu pemilik wajah kusam, kamu dianjurkan untuk menggunakan madu sebagai masker wajah. Adanya antibakteri pada madu dapat menenangkan peradangan kulit wajah dan mengangkat bakteri dan kuman dari kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, masker madu juga dapat membantu untuk meratakan warna kulit yang tidak merata.

3. Mengangkat Komedo

Selain mencerahkan kulit, kandungan pada madu dapat bermanfaat untuk membuka pori-pori di wajah dan mengangkat komedo. Masker madu memang bermanfaat sebagai pembersih wajah yang andal. Dikarenakan dapat membuka pori-pori yang tersumbat yang mengakibatkan adanya komedo.

4. Membuat Awet Muda

Siapa yang tak mau untuk selalu terlihat awet muda? Nah, dengan menggunakan masker madu secara rutin kamu bisa menangkal berbagai tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Seperti keriput dan garis halus. Terdapat kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan tak heran membuat madu cocok jadi perawatan wajah anti-aging!

5. Sebagai Penyembuh Luka

Gula pada madu memiliki kandungan osmolalitas tinggi, yaitu kandungan yang dapat membuat bakteri, virus, jamur, dan ragi tak berkembang pada kulit. Dengan adanya kandungan tersebut membuat madu bermanfaat bagi penyembuhan luka. Tak sekedar luka bekas jerawat, melainkan juga luka bakar, sinar UV, dan lain sebagainya.

Manfaat Masker Madu Lainnya

6. Mengatasi Jerawat

Dikenal sebagai zat antiinflamasi dan antibakteri, membuatnya efisien dalam mengatasi wajah berjerawat. Kandungan tersebut secara optimal dapat membantu untuk menengangkan kulit wajah dari peradangan dan pembengkakan. Kamu bisa campurkan madu dengan bubuk kunyit untuk diaplikasikan ke wajah di malam hari sebelum tidur. Saat pagi harinya kamu akan merasakan hasilnya di kulit wajah!

7. Menghilangkan Bekas Jerawat

Terdapat kandungan antiseptik dan antioksidan yang tidak hanya berguna untuk menyembuhkan jerawat. Melainkan secara efektif juga dapat menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan penggunaan secara rutin. Dengan menggunakan masker madu di wajah, akan sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

8. Eksfoliasi

Bingung mencoba skincare yang dapat meng-eksfoliasi wajah secara maksimal, kamu bisa gunakan bahan alami seperti madu. Kandungannya secara efektif dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah yang buat wajah jadi lebih sehat dan cerah. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan madu sebagai scrub wajah. Untuk kulit kering, kamu bisa campurkan madu dengan oat untuk membuatnya menjadi scrub wajah. Sedangkan untuk kulit berminyak, kamu bisa campurkan madu dengan tepung.

9. Melindungi Kerusakan Kulit

Selain berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit, madu juga bisa digunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari. Antioksidan pada madu bisa membantu untuk lindungi kulit dari stress oksidatif, yaitu kerusakan organ internal kulit. Selain itu, madu juga bisa digunakan sebagai pelindung kulit dari kerusakan sinar matahari.

10. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Kamu pemilik bibir kering dan pecah-pecah? Kamu bisa gunakan masker madu pada bibir. Kerusakan kulit pada bibir bisa disebabkan oleh sinar UV dan penggunaan lipstik secara terus menerus. Untuk itu, kamu bisa oleskan madu pada bibir untuk melelembabkan sekaligus menghaluskan tekstur bibir. Dengan penggunaan secara rutin, madu juga bisa membuat rona pada bibir jadi terlihat lebih alami.

Ternyata masker madu punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Kalau kamu ingin merasakan manfaat dari masker madu ini, kamu boleh saja mencobanya namun cukup oleskan tipis-tipis ya. Mengoleskan terlalu tebal hanya akan membuatnya sulit untuk dibilas dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

 

What's On Fimela
Loading