Sukses

Beauty

Perbedaan Antara Skintone dan Undertone Kulit serta Cara Mengetahuinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu menggunakan warna baju tertentu tapi terlihat kurang cocok untukmu? Pernahkah kamu menggunakan lipstick namun warnanya terlihat kurang cocok untukmu? Atau Pernahakah kamu salah memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulitmu? Mungkin penyebabnya adalah warna-warna tersebut kurang cocok dengan skintone dan undertone kulit yang kamu miliki.

Kamu pasti sudah pernah mendengar istilah skintone atau undertone kan? Mengetahui skintone dan undertone kulitmu penting untuk memudahkanmu memilih warna pakaian yang cocok untukmu serta menentukan shade foundation atau warna lipstick yang cocok untukmu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai skintone dan undertone kulit kamu bisa membaca penjelasaan di bawah ini.

Perbedaan antara Skintone dan Undertone

Skintone

Skintone adalah warna permukaan kulitmu yang dapat kamu lihat secara langsung. Ada beberapa jenis skintone yang biasanya dimiliki oleh orang Asia seperti putih porcelain, putih gading , kuning langsat, dan sawo matang.

Orang dengan kulit putih porcelain memiliki warna kulit yang cerah dengan semburat warna pink pada kulit mereka. Warna pink ini akan semakin jelas terlihat saat kepanasan atau sedang malu-malu. Warna kulit putih porcelain ini biasanya dimiliki oleh mayoritas orang-orang Asia Timur seperti Jepang dan Korea.

Orang dengan kulit putih gading (ivory) memiliki warna kulit yang cerah dengan semburat warna kuning pada kulitnya.

Kuning langsat merupakan warna kulit yang dimiliki oleh banyak orang Indonesia. Orang yang memiliki warna kulit kuning langsat cenderung memiliki warna kulit yang cerah dengan warna kekuningan yang hangat. Pemilik warna kulit ini cenderung tidak terlihat terlalu pucat jika dibandingkan dengan pemilik kulit putih porcelain ataupun putih gading.

Orang dengan kulit sawo matang memiliki warna kulit yang cenderung lebih gelap dari pada pemilik warna kulit kuning langsat. Pemilik skintone sawo matang yang memiliki warna kulit yang cenderung mengarah ke kecokelatan atau gelap. Warna kulit sawo matang disebut-sebut sebagai warna kulit yang eksotis.

Skintone dapat berubah karena beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, penggunaan produk skincare, dan kebiasaan sehari-hari. Mengetahui skintonemu bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa bercermin untuk menentukan skintonemu.

Undertone

Undertone merupakan warna dasar kulitmu yang biasanya ditentukan oleh gen atau keturunan. Berbeda dengan skintone, undertone kulitmu tidak dapat berubah. Kamu akan memiliki undertone kulit yang tetap sama meski warna kulitmu berubah menjadi lebih gelap atau lebih cerah. Orang yang memiliki skintone atau warna permukaan kulit yang hampir sama belum tentu memilki undertone yang sama.

Undertone kulit terbagi menjadi tiga jenis yaitu cool, warm, dan neutral. Orang dengan undertone cool biasanya memiliki rona warna kebiruan, merah muda, atau kemerahan pada kulitnya. Orang dengan undertone warm biasanya memiliki warna-warna hangat seperti persik, kuning, dan emas di bawah permukaan kulitnya. Sesangkan orang yang memiliki undertone neutral tidak memiliki warna merah muda dan kebiruan yang cenderung dingin atau warna kuning yang cenderung hangat pada permukaan kulit yang jelas.

Cara Mengetahui Undertone Kulit

1. Melihat Warna Pembuluh Darah

Cara paling mudah untuk menentukan undertone kulitmu adalah dengan melihat warna pembuluh darahmu. Lihatlah warna pembuluh darah yang ada di pergelangan tanganmu di bawah sinar matahari agar warnanya terlihat lebih jelas. Jika warna pembuluh darahmu cenderung berwarna biru maka undertone kulitmu adalah cool. Namun jika warna pembuluh darahmu cenderung kehijauan maka undertone kulitmu adalah warm. Sedangkan kalau tidak keduanya atau warna pembuluh darahmu cenderung keunguan, berarti undertone Anda natural.

2. Menggunakan Perhiasaan Silver dan Emas

Cara lain untuk menentukan undertone kulitmu dengan menggunakan perhiasaan silver dan emas. Jika kamu lebih cocok menggunakan perhiasaan silver maka kemungkinan besar undertone kulitmu adalah cool. Jika kamu lebih cocok menggunakan perhiasaan emas maka kemungkinan besar undertone kulitmu adalah warm. Sedangkan jika kamu merasa cocok memakai keduanya kemungkinan besar undertone kulitmu adalah neutral.

3. Dengan Menggunakan Kutek Warna Biru dan Hijau

Menggunakan kutek warna biru dan hijau merupakan salah satu cara menentukan undertone kulitmu. Gunakanlah kutek warna biru dan hijau di kedua kuku tanganmu. Lalu perhatikan mana warna yang lebih cocok dengan kulitmu. Jika warna biru lebih cocok pada kulitmu maka undertone kulitmu cenderung cool. Jika warna hijau lebih cocok untuk kulitmu maka undertone kulitmu cenderung warm. Namun jika kedua warna kutek tersebut cocok untuk kulitmu maka kulitmu cenderung memiliki undertone neutral.

Itulah perbedaan antara skintone dan undertone serta cara mengetahuinya. Setelah mengetahui skintone dan undertonemu jangan sampai salah pilih makeup atau pakaian yang sesuai untuk kulitmu lagi ya!

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading