Sukses

Beauty

Cara Merawat Kulit Kering Agar Tidak Mudah Keriput

Fimela.com, Jakarta Keriput adalah salah satu tanda penuaan yang paling terlihat di wajah. Keriput bisa terjadi karena beberapa hal. Umumnya keriput terjadi karena usia. Seiring usia seseorang bertambah, elastisitas kulitnya akan makin berkurang. Produksi lemak dan kolagen yang menurun akan menjadikan kulit kering dan keriput.

Keriput juga bisa muncul karena terpapar sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar ultraviolet (UV) dalam jangka panjang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini karena sinar UV merusak elastin dan kolagen di lapisan dalam kulit (dermis). Kerusakan pada kedua jaringan ikat tersebut akan menyebabkan kulit kendur sehingga keriput muncul lebih cepat.

Memiliki kulit wajah yang kering juga bisa mempercepat datangnya kerutan. Lalu bagaimana caranya merawat kulit kering agar keriput tidak cepat-cepat datang? Yuk simak artikel berikut ini.

Cara Mencegah Kerutan Pada Kulit Kering

1. Lindungi diri dari sinar UV dan polusi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sinar ultraviolet (UV) dapat memicu pembentukan radikal bebas pada kulit. Zat berbahaya ini lantas merusak serat elastin sehingga kulit jadi keriput. Maka itu, pakailah topi dan pakaian yang menutupi kulit saat berkegiatan pada hari yang terik.

Paparan polusi dan asap kendaraan juga bisa menimbulkan dampak yang sama. Jadi, sebisa mungkin hindarilah paparan polusi ketika beraktivitas di luar rumah. Begitu pulang ke rumah, segera cuci muka dan lakukan eksfoliasi pada wajah.

2. Gunakan tabir surya atau sunscreen

Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV, tapi juga mencegah penuaan dini yang ditandai dengan keriput. Sejumlah peneliti di Australia membuktikannya dengan meneliti efek pemakaian sunscreen terhadap kondisi kulit 903 pesertanya.

Mereka menemukan peserta pengguna sunscreen tidak menunjukkan tanda penuaan kulit yang terlihat secara jelas. Bahkan, ciri penuaan kulit berupa kulit kasar dan keriput tampak 24% lebih sedikit dibandingkan peserta yang tidak memakai sunscreen.

3. Tidur telentang

Posisi tidur telentang ternyata dapat mencegah keriput. Pasalnya, tidur tengkurap dan menyamping membuat kulit bergesekan dengan sarung bantal atau kasur. Tekanan antara kulit wajah dan bantal juga akan menimbulkan lipatan dan garis tidur.

Hal ini bahkan bisa menjadi penyebab keriput pada kemudian hari. Maka itu, ada baiknya tidur dalam posisi telentang dengan wajah menghadap ke atas. Posisi ini membuat kulit lebih rileks karena tidak mendapatkan tekanan dalam waktu lama.

Cara Merawat Kulit Kering Agar Tidak Mudah Berkerut

4. Jangan terlalu sering cuci muka

Kebanyakan orang berpikir bahwa sering cuci muka akan membuat wajah menjadi lebih bersih. Padahal, terlalu sering mencuci muka justru dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Dampaknya, kulit pecah-pecah dan keriput semakin mudah terlihat.

Sebenarnya kamu hanya perlu membersihkan muka pada pagi dan malam hari. Kalau kamu beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak banyak berkeringat seharian, cukup bersihkan muka dengan air yang bersih sebelum tidur.

5. Menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C

Penggunaan rutin produk skincare mengandung vitamin C dapat membantu mencegah keriput. Sebagai antioksidan, vitamin ini melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang menjadi penyebab utama kerusakan kulit dan timbulnya kerutan.

Vitamin ini juga mendorong produksi kolagen, protein penting yang membentuk struktur kulit Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah produk mengandung vitamin C untuk kulit dalam bentuk L-ascorbic acid atau ascorbyl palmitate.

6. Hindari merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang merusak kulit. Nikotin pada rokok bisa mempersempit pembuluh darah sehingga kulit kekurangan oksigen dan zat gizi. Selain itu, panas dan asap dari rokok juga dapat membuat kulit menjadi kering dan rusak.

Banyak ahli pun meyakini bahwa semakin sering seseorang merokok, semakin parah kerusakan yang terjadi pada kulitnya. Jadi, jika Anda ingin mencegah timbulnya keriput dan penuaan dini, hindarilah kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

7. Jalani pola hidup yang sehat

Makan makanan yang bergizi, minum cukup air putih, dan tidur rutin setiap harinya merupakan perawatan dasar untuk mencegah kulit keriput muncul lebih cepat. Penuhi juga kebutuhan buah dan sayur sebanyak 8 – 10 sajian dalam sehari.

Jangan lupa berolahraga ringan selama 30 menit, setidaknya 5 hari dalam seminggu. Olahraga akan melancarkan aliran darah yang membawa zat gizi dan oksigen menuju kulit. Dengan begitu, kulit akan tampak sehat, kenyal, dan awet muda.

Sebenarnya cara untuk merawat kulit kering agar tidak mudah berkeriput itu tidak sulit kan? Kamu hanya perlu konsisten melakukannya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading