Sukses

Beauty

7 Cara Tepat Memakai Kutek di Rumah, Dijamin Lebih Hemat dan Awet!

Fimela.com, Jakarta Memiliki kuku yang indah dengan berbagai desain menjadi keinginan setiap wanita saat ini. Tak jarang mereka menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan perawatan kuku cantik atau nail art di salon kecantikan. 

Bagi Sahabat Fimela yang ingin mempercantik kuku, namun malas untuk pergi ke salon dapat melakukan perawatan sendiri di rumah. Selain itu, dengan melakukan perawatan kuku di rumah dapat menghemat pengeluaran.

Dilansir dari glamour.com selain dapat menghemat pengeluaran, melakukan perawatan kuku di rumah juga dapat memberikan manfaat terapeutik. Adapun hal yang diperlukan dalam mempercantik kuku dirumah adalah alat manikur, latihan, dan kesabaran. 

Peralatan yang dibutuhkan

  • Lampu UV/LED

Lampu UV/LED merupakan salah satu alat terpenting untuk mendapatkan hasil kuku yang lebih cantik. Lampu ini sering kali digunakan untuk mengeringkan kuku dengan memanfaatkan reaksi kimia yang diaktifkan oleh sumber cahaya, sehingga kutek cepat mengering dan tidak terkelupas ataupun luntur.

Sahabat Fimela kini bisa mendapatkan lampu UV/LED di berbagai marketplace dengan harga yang beragam.

  • Minyak kutikula

Minyak kutikula merupakan salah satu minyak yang dapat menjaga kelembapan kulit terutama kulit sekitar kuku. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan minyak kutikula dalam melakukan perawatan kuku di rumah.

Peralatan yang dibutuhkan

  • Pendorong kutikula

Pendorong kutikula digunakan untuk membuat kuku terlihat semakin panjang dan indah. Pendorong kutikula juga berfungsi untuk mendorong kutikula yang berada di pinggir kuku agar terlihat lebih rapi.

  • Nail buff

Nail buff atau penyangga kuku yang berfungsi untuk mempersiapkan permukaan kuku halus dan rata sebelum mengaplikasikan gel polish.

  • Nail file

Nail file merupakan alat kikir kuku yang digunakan untuk membuat permukaan kuku menjadi lebih terbentuk dan licin.

  • Gunting kuku

Perawatan kuku identik dengan menggunting kuku, oleh sebab itu Sahabat Fimela wajib memiliki alat yang satu ini.

  • Rubbing alkohol

Alkohol seringkali digunakan untuk membersihkan kuku secara menyeluruh sebelum mengoleskan gel polish. Hal ini dilakukan karena alkohol dapat menghalangi kotoran yang menempel di kuku. 

  • Top coat

Top coat merupakan lapisan yang dapat menyegel kuku dan membuat kuku terlihat lebih berkilau.

  • Base coat

Base coat merupakan lapisan dasar yang dapat merekatkan kutek dengan kuku, sehingga kutek dapat menempel lebih lama.

  • Gel polish

Gel polish merupakan kutek yang terdiri dari banyak warna, sehingga Sahabat Fimela dapat memilih sesuka hati warna yang diinginkan.

Cara memakai kutek

Berikut cara memakai kutek yang benar dilansir dari slbeautyco.com, seperti:

  1. Potong dan kikir kuku menggunakan alat yang telah disiapkan, Sahabat Fimela dapat memotong dan merapikannya sesuai dengan yang diinginkan. Dorong dan oleskan minyak pada kutikula
  2. Setelah merapikan kuku, Sahabat Fimela dapat mendorong kutikula ke belakang untuk membuat kuku terlihat sedikit panjang serta menghilangkan kulit mati. Kemudian, oleskan minyak kutikula untuk menutrisi dan melembapkan bagian sekitar kuku.
  3. Buffing kuku atau menggosok kuku untuk memastikan permukaannya halus sebelum mengaplikasikan gel polish. Bersihkan kuku dengan akohol yang sebelumnya telah dituang ke kapas. Hal ini dapat menghilangkan sisa minyak kutikula atau debu yang menempel di kulit dan kuku.Gunakan base coat untuk membuat lapisan cat kuku pertama, hal ini dilakukan agar kutek dapat menempel dengan baik. x z
  4. Setelah mengoleskan base coat ke seluruh kuku, Sahabat Fimela dapat mengeringkan kuku di bawah lampu UV/LED. Adapun waktu untuk mengeringkannya cukup 30 detik.
  5. Pilih warna gel polish yang disuka setelah melapisi permukaan kuku menggunakan base coat. Sahabat Fimela dapat mengoleskan setiap lapisan sampai ke tepi kuku, namun harus berhati-hati agar kutek tidak terkena kulit.
  6. Jika Sahabat Fimela melakukan kesalahan dapat langsung menghapuskan menggunakan penghapus kutek sebelum dikeringkan. Setelah itu, barulah mengeringkan kuku menggunakan lampu UV/LED selama 30 detik.
  7. Tutup dengan top coat untuk memastikan warna terkunci dan memberikan kilauan pada kuku.

 

Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading