Sukses

Beauty

5 Cara Ini untuk Mencegah Timbulnya Komedo yang Terus Datang

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah hal normal yang terjadi di kulit manusia sebab kulit akan terus menghasilkan sebum dan ada kalanya pada kondisi tertentu produksinya berlebih dan menjadi penyebab utama komedo dan jerawat. Meskipun begitu bagi pemilik wajah dengan banyak komedo, kemunculannya sangat mengganggu penampilan.

Kamu bisa mengatasi komedo dengan berbagai masker yang menawarkan fungsi mengangkat komedo hingga ke akar dengan bahan tertentu. Bentuk dari masker komedo sendiri juga beragam. Mulai dari clay mask dan juga masker tempel. Ada lagi cara alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkannya.

Namun sebagaimana kamu rajin menghilangkannya, jika kamu tidak mengatasi masalah komedo dari akar masalah maka usaha kamu akan tampak sia-sia karena komedo akan terus muncul. Berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya komedo.

Menjaga Kelembapan Wajah

Penting untuk kamu ketahui bahwa kulit memerlukan kelembapan yang cukup agar tidak kering. Sebaliknya, kulit juga tidak bisa mendapatkan minyak atau sebum berlebih yang malah membuat wajah berminyak. Cara untuk menjaga minyak wajah terkontrol adalah dengan cuci muka dengan rajin sesuai dengan tipe kulit. 

Menggunakan Skincare dan Makeup Non Comedogenic

Tidak bisa asal memilih produk skincare dan makeup, kamu perlu memperhatikan bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Pastikan tidak ada bahan yang membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan komedo. Paling aman kamu dapat memilih produk dengan label non comedogenic. Satu lagi, selalu bersihkan makeup saat kamu akan tidur.

Rajin Membersihkan Sarung Bantal dan Kasur

Sarung bantal dan sprei kasur juga ternyata memegang peran penting dalam timbulkan komedo di wajahmu, loh. Kamu menghabiskan sebagian besar waktu di atas kasur dan tidur dengan bantal yang sama. Jadi tidak menutup kemungkinan jika mereka tidak dibersihkan banyak kotoran yang nanti akan masuk ke pori-pori kulit dan menyumbatnya. Oleh karena itu rajin mengganti sarung bantal dan sprei kasur sangat disarankan.

Olahraga yang Rajin

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga. Mulai dari tubuh bugar, fisik lebih kuat, suasana hati yang baik, dan lainnya. Salah satu kebaikan dari rutin berolahraga adalah meningkatnya aliran darah dalam tubuh. Saat itu juga tubuh mengeluarkan keringat yang mana akan membawa kotoran serta racun keluar dari tubuh.

Pola Makan yang Sehat

Meski tidak semua makanan yang diyakini selama ini bisa menyebabkan munculnya komedo, namun jika kamu konsumsi terus menerus tidak menutup kemungkinan juga mengambil peran dalam munculnya komedo. Makanan cepat saji, berlemak, dan banyak gula lama kelamaan akan mempengaruhi kulit. Jadi pilih makanan dengan gizi seimbang atau setidaknya rajinlah mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu rajin minum air putih akan bermanfaat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Sahabat Fimela bisa coba 5 cara di atas untuk mencegah timbulnya komedo di wajah yang menyebalkan. Intinya adalah pola hidup yang sehat dan bersih agar kamu mendapat manfaat yang banyak.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading