Sukses

Beauty

Mengenal Green Science, Tren Produk Kecantikan Ramah Lingkungan yang Banyak Digemari Gen Z

Fimela.com, Jakarta Konsep gaya hidup berkelanjutan atau ramah lingkungan sudah semakin disadari telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kini semakin banyak generasi muda yang mengaplikasikan gaya hidup ramah lingkungan di setiap aspek kehidupan, termasuk pada produk kecantikan yang digunakan.

Beberapa tahun belakangan muncul tren yang disebut sebagai fenomena Conscius Beauty. Dalam tren ini, konsumen memiliki kesadaran yang semakin tinggi untuk memilih produk yang telah menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dengan proses produksi, distribusi, sampai dengan pengelolaan limbah yang tidak merusak alam.

Mendukung konsep produk kecantikan yang lebih ramah lingkungan, Garnier menggelar sebuah acara yang disebut Greener Never Stop. Dalam acara ini, Garnier juga memperkenalkan Green Science sebagai bagian dari inovasi produk kecantikan yang diproduksi.

Salah satu pengembangan kami adalah dengan mengedepankan Green Science dalam inovasi produk, melalui Green Science, Garnier ingin memberikan konsumen sebuah pilihan bijak dengan menjawab dua kebutuhan secara sekaligus, yaitu menghadirkan produk kecantikan yang ramah lingkungan dengan meminimalkan dampak bagi lingkungan tetapi juga memiliki bahan dan formula alami yang telah teruji secara klinis melalui penelitian sains dapat memberikan hasil yang maksimal ketika digunakan,” ucap Agung Panditanegara, Brand General Manager Garnier Indonesia.

 

Digemari Gen Z

Hal ini didukung hasil survey dari IDN Research Institute dalam Indonesia Gen Z report 2022 bahwa 66% dari Gen Z bersedia untuk mengeluarkan dana yang lebih besar untuk produk-produk yang lebih berkelanjutan, 70% diantara mereka juga merasa bertanggung jawab terhadap permasalahan krisis iklim.

Green Science merupakan rangkaian kegiatan ilmiah lanjutan (seperti bioteknologi) yang memungkinkan Garnier untuk mengembangkan dan menggunakan bahan dan formula yang bekerja maksimal namun juga ramah lingkungan. Green Science mencakup 3 bidang keahlian diantaranya budidaya, transformasi dan formulasi.

Ada 5 hal yang menjadi fokus utama Green Science dalam menciptakan produk dengan efikasi maksimal namun meminimalisir kerusakan lingkungan, yaitu:

1. Menggunakan formula yang memiliki bahan aktif alami yang sudah berdasarkan penelitian

Pada tahun 2021 jumlah formula Garnier yang mengandung bahan aktif seperti Vitamin Cg dan Hyaluronic Acid yang diperoleh melalui proses Green Science terus meningkat, sehingga akan bekerja maksimal mengatasi permasalahan kulit, seperti kulit kusam dan kering.

2. Menggunakan formula kecantikan yang bio-based formula atau berasal dari mineral yang melimpah

Sejak tahun 2016, Garnier terus berupaya menghadirkan produk yang menggunakan bio-based formula karena tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen atas produk dengan hasil yang maksimal, tetapi juga membantu menghemat penggunaan sumber daya alam yang berlebihan.

3. Menggunakan formula yang berbahan dasar Vegan dan telah tersertifikasi

Cruelty Free Dengan penggunaan bahan dasar Vegan, Garnier menghadirkan formula yang aman untuk digunakan dan ikut membantu kelestarian lingkungan juga menghindari eksploitasi terhadap hewan. Seluruh produk Garnier telah mendapat persetujuan resmi oleh Cruelty Free International melalui program Leaping Bunny

4. Mengurangi penggunaan air

Sejak tahun 2019 sampai 2021, Garnier berhasil mengurangi 13% penggunaan air untuk membantu menyelesaikan permasalahan krisis air di dunia.

5. Meminimalisir kerusakan lingkungan dalam proses produksi

Garnier terus berupaya untuk meminimalisir kerusakan lingkungan melalui proses produksi yang lebih berkelanjutan salah satunya melalui upaya pengontrolan laboratorium sehingga tidak menghasilkan limbah yang mencemari lautan.

 

Produknya di Indonesia

Garnier telah menghadirkan 3 (tiga) produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia dan diformulasikan dengan Green Science, diantaranya Garnier Bright Complete Anti-Acne Booster Serum dengan formula 91% Biodegradable and 66% Bio-based ingredient. Produk ini dapat mengurangi 90% tanda jerawat dan cepat bersihkan noda bekas jerawat dengan pemakaian rutin setiap pagi dan malam.

Ada juga Garnier Bright Complete Booster Serum yang mengandung Vitamin Cg dari hasil teknologi biotransformasi untuk mencerahkan kulit. Serta Garnier Sakura Glow dengan formula Hyaluronic Acid yang diciptakan melalui proses bioteknologi untuk melembabkan kulit sampai dengan 133%.

Selain itu, Garnier juga berupaya untuk menjawab kebutuhan konsumen dalam hal transparansi produk melalui Product Impact Labelling sehingga konsumen dapat mengetahui formula produk, bahan dasar kemasan, hingga dampak produk tersebut untuk lingkungan.

Sebagai upaya Garnier dalam mengatasi permasalahan plastik, Garnier juga bekerja sama dengan eRecycle untuk bertransformasi bersama konsumen guna memulai gaya hidup baru dengan mendaur ulang sampah plastik. Pada tahun 2022, Garnier bersama konsumen telah berhasil mendaur ulang lebih dari 240 ton sampah anorganik dan tidak berakhir TPA.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading