Sukses

Beauty

8 Tips Mengaplikasikan Makeup Lebih Tahan Lama di Hari Natal

Fimela.com, Jakarta Hari Natal menjadi momen berkumpul bersama orang tersayang. Di momen seperti ini tentu saja kamu harus mempersiapkan diri kamu sebaik mungkin. Setelah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kamu juga harus memikirkan agar makeup yang sudah kamu pakai bertahan lama. 

Dilansir dari tipsforwomens.org dan lookfantastic.com, berikan tips-tips yang bisa kamu aplikasikan saat memakai makeup tahan lama agar kamu bisa menikmati momen berkumpul bersama saat hari Natal dengan nyaman

Tips makeup tahan lama

1. Persiapkan kulitmu

Sebelum mulai makeup, penting untuk melembabkan dan mempersiapkan kulit sebaik mungkin. Perawatan kulit yang baik memastikan bahwa produk, terutama untuk foundation, lebih mudah menempel pada kulit. Salah satu penyebab utama makeup tidak tahan sepanjang hari adalah karena minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang semuanya menyebabkan makeup ‘longsor’ dari kulit wajah. 

Mulailah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu, serta eksfoliasi 1-2 kali seminggu tergantung sensitivitas kulit. Ini membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori untuk menjaga tekstur kulit tetap rata dan juga memberikan kilau alami dari bawah foundation.

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan menggunakan toner. Jika memiliki kulit berminyak, toner dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak sepanjang hari yang dapat mengganggu makeup kamu. Aplikasikan juga moisturizer untuk melembabkan dan menghidrasi wajah. Pastikan untuk memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit, dan pilih moisturizer bebas minyak untuk memastikan moisturizer terserap ke dalam kulit dan tidak akan menyatu dengan makeup.

2. Jangan terburu-buru

Cobalah untuk memberikan waktu sekitar satu menit di antara setiap langkah perawatan kulit agar dapat terserap sepenuhnya dan merasakan manfaat penuh dari setiap produk. Demikian pula, biarkan sekitar 10 menit setidaknya antara perawatan kulit dan makeup wajah. 

Hal ini memungkinkan perawatan kulit, khususnya pelembab, meresap sepenuhnya ke dalam kulit, mencegahnya bercampur dengan makeup. Sambil menunggu perawatan kulit terserap dengan baik, kamu bisa menyempurnakan gaya rambut untuk siap berpesta atau luangkan waktu untuk diri sendiri sebelum hari yang sibuk dimulai untuk mempersingkat waktu.

3. Aplikasikan primer

Primer yang baik mengandung silikon polimer yang berfungsi sebagai sealant untuk perawatan kulit, mengunci kelembaban dan membantu mencegah minyak terlepas ke kulit sepanjang hari. 

Dengan menciptakan lapisan lain antara kulit dan makeup kamu, primer juga dapat membantu meratakan warna dan tekstur kulit, menciptakan permukaan yang halus dan mengaburkan ketidaksempurnaan. 

Kamu juga harus mengaplikasikan primer di mata, jika kamu berencana memakai eyeshadows yang berkilau dan meriah. Pastikan untuk mengoleskan primer kelopak mata sebelum bedak atau krim apa pun untuk membantu penampilan bertahan lama.

4. Gunakan produk yang sudah kamu kenali

Pada acara-acara khusus akan lebih baik untuk tidak menguji produk baru yang belum pernah digunakan dan diuji, karena kita tidak tahu bagaimana reaksinya dengan kulit kita. Pilihlah face primer, eye primer, foundation, concealer, bedak dan maskara yang kamu kenal dengan baik. 

5. Pilih foundation yang long-lasting

Salah satu faktor terpenting dalam memilih foundation  adalah menemukan foundation yang cocok dengan jenis kulitmu, sehingga lebih mungkin bekerja dengan kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilih foundation bebas minyak yang akan membantu menjaga kilau, mencegah minyak menyebabkan makeup luntur.

Aplikasikan foundation secara tipis, akan membantu kamu mendapatkan makeup yang lebih tahan lama. Gunakan kuas atau spons saat mengaplikasikan foundation agar foundation lebih merata. Selain itu, untuk mencegah minyak alami dari jari berpindah ke kulit yang dapat merusak foundation lebih cepat.

6. Aplikasikan bedak

Setelah mengaplikasikan foundation , gunakan bedak padat untuk membantu mengatur dan membuat makeup tahan lama. Bedak tidak hanya membantu menciptakan foundation  yang tampak lebih rata, tetapi juga mengontrol kilap dengan menyerap minyak yang dihasilkan kulit sepanjang hari.

7. Gunakan produk makeup yang waterproof dan long-lasting

Selain menggunakan primer yang membuat warna lebih cerah dan membuat riasan bertahan lebih lama. Pilihlah produk yang waterproof eyeliner agar tahan lebih lama di siang hari. Sedangkan untuk maskara, perhatikan formulanya dan pilihlah yang dikenal dengan baik, agar tidak meleleh dan menodai bawah mata atau kelopak mata atas. Untuk umur yang lebih panjang, pilihlah produk yang tahan air.

8. Aplikasikan setting spray 

Penggunaan setting spray dapat mencegah makeup longsor. Setting spray digunakan untuk memastikan bahwa setiap lapisan riasan yang diaplikasikan menyatu dan membentuk semacam penghalang pelindung yang membuat riasan bertahan selama beberapa jam. Ini juga berguna untuk menghilangkan efek berdebu jika alas wajah terlalu kering atau untuk meredakan kulit kering yang membutuhkan lebih banyak hidrasi.

Selain itu, sebagian besar setting spray sekarang diformulasikan dengan bahan-bahan yang menghidrasi yang membantu menjaga warna kulit, mencegah kulit kering yang merusak penampilan makeup yang meriah.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading