Sukses

Beauty

5 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Alami

Fimela.com, Jakarta Ketiak adalah bagian yang tertutup oleh baju dan ditumbuhi oleh bulu halus. Ketiak memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif daripada area tubuh lainnya. Kulit ketiak juga memiliki banyak lipatan, yang membuat area tersebut mudah menggelap. Sehingga kulit ketiak harus dirawat dengan baik.

Ketiak gelap bisa disebabkan karena sering mencukur bulu ketiak, pernah mengalami infeksi kulit ketiak, hingga pola makan yang kurang sehat. Selain mudah menggelap, ketiak juga mudah bau, jika tidak pernah dirawat dengan benar. Untuk itu, rawatlah ketiak secara rutin.

Sahabat Fimela bisa menggunakan berbagai cara untuk mencegah kulit ketiak menjadi hitam. Mulailah dengan menjaga kebersihan area ketiak. Berikut cara mencerahkan ketiak yang perlu dilakukan:

Cara Mencerahkan Ketiak

1. Gunakan Deodoran yang Memiliki Kandungan Pencerah

Cara pertama mencerahkan ketiak adalah dengan memilih deodoran yang tepat. Pilih deodoran yang memiliki kandungan pencerah atau brightening agents, yang bisa membuat kulit ketiak terlihat lebih cerah dan tidak mengelap. Hindari deodoran yang mengandung alkohol.

2. Cukur Bulu Ketiak dengan Benar

Saat mencukur bulu ketiak, usahakan untuk mencukur bulu dengan arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu. Hal ini bisa menyebabkan ketiak lebih halus dan bersih. Mencukur bulu ketiak bisa dilakukan saat mandi. Nyalakan shower dan gunakan air yang dingin, maka mencukur bulu ketiak akan lebih mudah dan cepat bersih.

Cara Mencerahkan Ketiak

3. Gunakan Pelembap untuk Ketiak

Ketiak yang menggelap bisa disebabkan karena kulit mengering dan mengalami iritasi. Sehingga oleskan pelembap anti iritasi di area ketiak. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak argan. Sahabat Fimela juga bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan seperti glycerin, hyaluronic acid atau aloe vera, untuk menghindari kulit kering, dehidrasi dan mengunci kelembapan ketiak.

4. Gunakan Masker Lemon

Rawat area ketiak dengan menggunakan masker alami, yang terbuat dari campuran lemon, kunyit dan tea tree oil. Bahan alami tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa membunuh bakteri di ketiak dan mencerahkan ketiak. Campurkan air perasan lemon, bubuk kunyit dan tea tree oil hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan secara merata di area ketiak, diamkan hingga 30 menit dan bilas sampai bersih dengan air dingin. Usahakan untuk melakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Cara Mencerahkan Ketiak

5. Melakukan Detoks Ketiak

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 Sendok teh masker lumpur
  • 1 Sendok makan cuka apel
  • 1-2 sendok makan air

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan di mangkuk kecil.
  2. Gunakan wadah plastik dan sendok plastik untuk mencampur.

Cara menggunakan:

  1. Oleskan masker secara merata di area ketiak.
  2. Diamkan selama 5 sampai 20 menit. Lalu bilas hingga bersih menggunakan air mengalir.
  3. Keringkan menggunakan handuk atau tisu yang kering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading