Sukses

Beauty

Tips Memilih Sunscreen untuk Anak dan Usia yang Tepat Mulai Menggunakannya

Fimela.com, Jakarta Di tengah masa tumbuh kembang anak, bermain dan mengeksplorasi dunia luar jelas jadi hal yang menyenangkan. Segala hal yang ditemui di lingkungan sekitar selalu jadi hal baru yang membuat mereka semakin excited. Hal ini juga dapat mendukung proses tumbuh kembangnya.

Namun, bermain di luar rumah tentu membuat si kecil jadi rentan terpapar radiasi sinar ultraviolet. Sama seperti orang dewasa, perlindungan kulit dari sinar UV juga diperlukan oleh anak-anak ketika beraktivitas di luar rumah. Sunscreen menjadi produk yang nggak boleh dilewatkan. Tapi, bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk anak dan mulai usia berapa mereka bisa menggunakannya ya? Cari tahu lebih lanjut!

Sunscreen Bisa Digunakan Anak Sejak Usia 6 Bulan

Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit anak dari radiasi sinar UV yang bisa membuat kulit terbakar, kemerahan, hingga iritasi. Apalagi anak-anak cenderung memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif.

Dilansir dari situs Alodokter, sunscreen sudah mulai bisa digunakan anak sejak usia 6 bulan. Bagi anak yang usianya masih belum di atas 6 bulan, sebaiknya lindungi anak dengan pakaian panjang saat keluar rumah. Selain itu, jika ingin mengajak si kecil berjemur, sebaiknya pilih di waktu pagi hari saat sinar matahari masih minim radiasi, yaitu sekitar jam 8 pagi.

Jenis Sunscreen yang Tepat untuk Anak

Pada dasarnya, jenis sunscreen yang bisa digunakan anak sama seperti yang digunakan orang dewasa, yaitu mineral atau physical sunscreen. Untuk jenis physical sunscreen, dapat melindungi kulit dari matahari tanda ada produk yang terserap oleh kulit.

Bisa juga dengan memilih sunscreen khusus untuk anak-anak. Produk ini biasanya memiliki formula yang dirancang khusus untuk kulit anak yang lembut dan sensitif sehingga meminimalisir iritasi. Demi memberikan perlindungan yang maksimal, gunakan sunscreen 15-30 kenit sebelum si kecil melakukan kegiatan di luar ruangan. Aplikasikan juga produk tersebut di beberapa area seperti telinga, tangan, kaki, pundak, belakang leher dan kulit kepala.

Berapa Kandungan SPF yang Sebaiknya Dipilih

Secara umum, sunscreen memiliki kadar SPF yang beragam. Mulai dari SPF 15 hingga SPF 150. Khusus untuk melindungi kulit si kecil, sebaiknya pilih yang memiliki SPF 30, tapi jangan sampai lebih dari 50.

Selain itu, jangan lupa cek juga label broad spectrum di dalamnya. Label ini merupakan tanda bahwa produk tersebut dapat melindungi kulit anak dari UVA dan UVB secara maksimal. Temukan juga formula sunscreen yang ringan dan tahan air biar nggak mudah luntur.

Pilih Bentuk Sunscreen

Ada banyak pilihan bentuk sunscreen yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Misalnya yang memiliki tekstur seperti lotion, gel, powder, hingga yang dikemas dalam spray. Khusus sunscreen anak, pilih yang teksturnya ringan dan nggak lengket di kulit anak.

Sunscreen pun perlu diaplikasikan berulang setiap 2-3 jam sekali untuk memaksimalkan perlindungan saat anak beraktivitas di luar. Untuk memberikan kemudahan, sunscreen dalam bentuk spray bisa jadi pilihan karena mengaplikasikannya cukup praktis.

Itu tadi beberapa tips dalam memilih sunscreen yang tepat untuk anak, demi memberikan perlindungan yang maksimal ketika beraktivitas di luar rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading