Sukses

Beauty

Manfaat Masker Oatmeal Untuk Wajah, Memberikan Kelembapan dan Mencerahkan

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai jenis perawatan wajah yang biasa dilakukan. Mulai dari membersihkan wajah menggunakan sabun muka, menggunakan pelembab, hingga menggunakan masker.

Masker pun ada berbagai macam jenisnya. Beragam jenis masker ini disesuaikan dengan tujuannya. Ada masker yang bertujuan untuk membersihkan pori-pori wajah, ada pula masker yang ditujukan untuk melembapkan dan memberi nutrisi pada wajah. Masker juga terkadang dibedakan berdasarkan kandungan di dalamnya. Ada masker yang mengandung berbagai bahan alami, seperti buah-buahan.

Namun ada pula bahan alami yang bisa dijadikan masker. Salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal memang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk wajah namun juga untuk tubuh. Maka tidak heran jika oatmeal dijadikan sebagai masker.

Lalu apa saja manfaat masker oatmeal untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Masker Oatmeal Untuk Kesehatan Kulit

1. Melembapkan

Manfaat masker oatmeal yang pertama adalah dapat melembabkan kulit wajah yang baik untuk kulit kering. Adanya kandungan beta-glukan pada oatmeal mampu bentuk lapisan halus pada permukaan dan sel-sel kulit sehingga mampu memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit.

Selain itu, oatmeal juga memiliki pH yang ringan sehingga dapat membantu mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan kulit yang disebabkan oleh ruam atau infeksi.

2. Mencerahkan Wajah 

Selain alami, alasan lain masker oatmeal banyak digemari adalah kemampuannya yang dapat membuat kulit tampak cerah dan lembut. Manfaat masker oatmeal ini bisa kamu dapatkan bersama dengan penggunaan susu. 

Manfaat masker oatmeal dan susu ini didapat karena susu mengandung vitamin yang dapat menutrisi kulit sehingga kulit tampak lebih bercahaya dan jauh dari wajah kusam. Selain itu kombinasi dua bahan alami juga dapat membantu memerangi jerawat.

3. Meredakan Jerawat Meradang

Masker oatmeal memang banyak dikenal akan manfaatnya untuk kulit kering. Namun, tak banyak yang tahu bahwa masker oatmeal juga berguna untuk kulit berjerawat.

Manfaat ini muncul berkat adanya kandungan antioksidan yang memiliki sifat anti radang. Selain itu, kandungan mineral di dalam oatmeal juga membantu menyeimbangkan hormon penyebab jerawat. 

Kamu bisa kombinasikan masker oatmeal dengan madu yang tidak dipasteurisasi seperti madu manuka untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

4. Membersihkan Pori-pori 

Produksi minyak berlebih pada wajah yang disertai dengan menumpuknya kotoran bisa menyebabkan berbagai masalah kulit pada wajah, seperti pori-pori tersumbat hingga muncul jerawat.

Adanya kandungan saponin dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan minyak dan kotoran hingga ke dalam pori-pori. Dengan ini, pori-pori akan mengecil sehingga kulit menjadi tampak lebih halus.

5. Mencegah Penuaan Dini 

Oatmeal dikenal kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Sama halnya dengan masker oatmeal yang bermanfaat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, adanya kandungan asam amino dapat membantu meregenerasi lapisan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Kandungan tersebut juga mampu meningkatkan elastisitas kulit, meminimalisir garis-garis halus dan keriput akibat paparan sinar UV. 

Ternyata Masker Oatmeal Juga Bisa Membersihkan Komedo di Wajah

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat masker oatmeal selanjutnya yakni membantu mengangkat sel kulit mati. Kandungan saponin pada oatmeal diketahui memiliki sifat eksfoliasi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati pada kulit sehingga kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

Kamu bisa menggunakan masker oatmeal sebagai scrub dengan mengoleskannya pada wajah. Gunakan scrub ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Menghilangkan Bekas Jerawat

Perpaduan masker oatmeal dan madu sering menjadi pilihan untuk mendapatkan hasil perawatan wajah yang maksimal. Manfaat masker oatmeal dan madu adalah dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami. 

Tak hanya itu, kombinasi oatmeal dan madu ini juga bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka. Kemampuan oatmeal untuk mengeksfoliasi juga berpengaruh dalam mengatasi bekas jerawat.

8. Membersihkan Komedo 

Komedo hitam atau blackhead sering membuat penampilan menjadi kurang menarik. Penyebab timbulnya komedo karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit.

Dengan memanfaatkan masker oatmeal ini bisa membantu mengatasi masalah komedo hitam atau blackhead yang membandel. Kandungan saponin di dalamnya dapat berfungsi sebagai pembersih alami hingga ke dalam pori-pori sehingga kulit lebih halus dan bersih.

9. Mengencangkan Wajah 

Selain madu dan susu, kamu juga bisa mengkombinasikan masker oatmeal dengan air mawar atau rose water. Manfaat masker oatmeal dan air mawar ini akan membantu mengencangkan kulit dan meremajakan kulit sehingga membuat kamu lebih tampil awet muda. 

Didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa air mawar juga sangat ampuh untuk meredakan kemerahan pada kulit serta kaya akan antioksidan.

10. Meredakan Iritasi Kulit 

Rasa gatal pada kulit biasa terjadi karena adanya peradangan di bawah kulit atau saat tingkat pH kulit tinggi. Penggunaan masker oatmeal akan membantu mengembalikan pH alami kulit dan melembutkan kulit yang kering. 

Kandungan antioksidan dan zat anti radang di dalam oatmeal juga melindungi dari iritasi kulit dengan memberi kelembaban yang cukup pada kulit.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa oatmeal dapat memulihkan kondisi kulit yang kering, kasar, serta meredakan iritasi dan gatal pada kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading