Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Masker Wajah dari Buah yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Fimela.com, Jakarta Nutrisi yang terdapat di dalam buah-buahan sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsi langsung atau dari berbagai produk yang menggunakan ekstrak buah seperti suplemen, obat, atau produk perawatan kecantikan. 

Salah satu cara untuk mendapatkan khasiat dari buah dalam bidang kecantikan adalah dengan membuatnya menjadi masker wajah. Tentu hal ini akan berefek pada wajah kita yang membuatnya lebih sehat dan terawat. Apalagi jika kamu sering berkegiatan di luar ruang, maka merilekskan wajah dengan masker buah sangatlah bagus. 

Dilansir dari situ Healthfix, ini dia 5 rekomendasi masker buah beserta manfaatnya masing-masing.

Masker Pepaya

Di dalam pepaya terdapat vitamin A dan C yang melimpah. Dua antioksidan tersebut merawat wajah dengan bertindak sebagai anti-penuaan dan juga memberi nutrisi pada kulit. Selain itu, enzim papain dan asam alfa hidroksi dalam pepaya dapat mempercepat pergantian sel kulit baru sehingga efektif untuk mencerahkan. Kalau kamu ingin mengatasi kulit kering, cobalah masker wajah dari kombinasi pepaya dan madu. Aplikasikan selama 20 menit sebelum dibilas bersih. Untuk merawat kulit berminyak, kamu bisa mencampurkan pepaya dan jeruk. Dalam hal ini nutrisi pada jeruk akan bertindak sebagai pengontrol minyak di kulit. Oleskan masker buah ini selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Masker Pisang

Pisang termasuk ke dalam superfood yang mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit. Kandungan di dalamnya membantu mengurangi bintik-bintik hitam di wajah dan meratakan warna kulit. Selain itu masker wajah dari pisang yang simpel ini juga efektif untuk membuat kulit kamu tampak sehat dan bercahaya. Kamu bisa mencampurkan satu buah pisang dengan satu sendok makan madu untuk masker wajah dan gunakan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih dan rasakan sendiri manfaatnya untuk wajah.

Masker Apel

Kandungan antioksidan dalam apel dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan. Apel juga kaya akan jumlah elastin dan kolagen yang membantu menjaga kulit tetap muda dan bercahaya. Aplikasikan masker apel di wajah selama 20 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin. Kamu juga bisa mencampurkan apel dan pisang untuk membuat wajah lebih lembap terhidrasi, lalu apel dan madu untuk mengatasi kulit wajah berminyak.  

Masker Alpukat

Masker wajah dari alpukat akan bertindak sebagai pelembap dan penghidrasi alami untuk kulit wajah sehingga sangat cocok untuk pemilik kulit kering. Selain itu manfaat yang bisa didapatkan antara lain mencerahkan kulit, mengurangi jerawat dan merawat bekas, serta sebagai agen anti penuaan. Kamu bisa mengkombinasikan daging buah alpukat dengan beberapa bahan tambahan seperti pisang, yogurt, atau madu. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Campuran alpukat dengan yoghurt bermanfaat untuk kulit kering, kemudian alpukat dan madu untuk kulit berjerawat dan kering, dan alpukat dan pisang yang cocok untuk semua jenis kulit. Gunakan masker alpukat selama 20 dingin, kemudian bilas dengan air dingin untuk mendapatkan kesegaran ekstra.

Masker Semangka

Kandungan vitamin A dalam semangka dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan mengecilkan pori-pori kulit wajah. Selain itu kandungan lain seperti vitamin C sebagai antioksidan dipercaya mampu membantu merawat dan mencegah tanda-tanda anti penuaan. Untuk mengatasi kulit kering, kamu dapat mengkombinasikan semangka dengan madu. Biarkan menjadi masker di wajah selama 30 lalu bilas dengan air hangat. Agar mendapat kulit yang sehat dan bercahaya, kamu bisa mencampurkan semangka dan yoghurt menjadi masker dan gunakan selama 30 menit juga sebelum dibilas dengan air hangat.

Banyak sekali manfaat penting yang ditawarkan dari masker buah di atas. Kamu bisa mulai membuatnya dengan menggunakan buah yang ada di dapur. Kelima buah di atas juga bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading